Dikira Anak Harimau, Seekor Kucing Emas Terperangkap di Rumah Warga

101dunia - Warga Gampong Masjid, Aceh Barat dikejutkan dengan kabar terperangkapnya seekor kucing emas yang bernama latin Pardofelis temminckii dewasa di garasi mobil sebuah rumah warga.

Kucing emas
Kucing emas
Pemilik rumah, Syarifuddin, mengatakan bahwa menantunya menemukan hewan tersebut saat hendak mengambil barang di garasi mobil rumahnya. Saat pertama kali melihatnya, menantu Syarifuddin menyangka hewan tersebut adalah kucing, tetapi ketika diperhatikan lagi ternyata tubuhnya lebih besar dibandingkan kucing pada umumnya, dan dengusannya pun lebih keras.

Pada awalnya masyarakat sekitar merasa takut jika hewan tersebut benar anak harimau. Mereka khawatir induk harimau akan mendatangi kampung tersebut jika anaknya dibiarkan terperangkap di garasi mobil.

Saat ditemukan, kucing emas tersebut dalam kondisi terperangkap didalam kayu-kayu dan kawat berduri. Walaupun merasa agak takut, tapi saat melihat kucing emas tersebut jinak akhirnya penghuni rumah mau memberi makan.  

Diamankan Pihak Berwenang

Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Barat serta unsur Muspika Kawai XVI datang ke lokasi dan meninjau langsung dengan membawa serta salah seorang anggota Balai Konservasi Sumber Daya Alam Aceh (BKSDA).

Kucing emas tersebut akhirnya dievakuasi oleh pihak BKSDA dengan jasa seorang pawang harimau. Selanjutnya hewan tersebut akan dipulihkan dengan perawatan dan karantina untuk kemudian dilepaskan ke alam liar di kawasan hutan konservasi. 

Pernah Terjadi Peristiwa Serupa Pada Tahun 2016 

Peristiwa hampir serupa pernah terjadi pada 12 Nopember 2016, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sumatera Barat mengevakuasi seekor kucing emas yang masuk ke rumah warga bernama Rice Krisnawati di Kampung Baru, Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang.

Hewan yang merupakan salah satu dari satwa yang dikampanyekan untuk dicegah kepunahannya tersebut ditemukan saat anak Rice hendak berangkat sekolah. Pintu rumah segera dikunci untuk mencegah hal-hal buruk terjadi.

Selanjutnya pihak BKSDA membius hewan tersebut dengan memberikan daging segar. Kucing emas itu pun dibawa ke kantor BKSDA Sumbar untuk ditangani lebih lanjut.

Kucing Emas Jinak Tapi Bisa Menerkam

Kucing emas yang juga biasa disebut Golden Cat atau Fire Cat satu dari tujuh jenis kucing yang hidup di kawasan  Taman Nasional Kerinci Seblat. Sesuai namanya, hampir seluruh tubuh kucing ini berwarna cokelat keemasan.

Walaupun terlihat jinak dan tidak begitu berbahaya, satwa tersebut harus diperlakukan dengan hati-hati. Jika merasa terganggu, ia sanggup menerkam manusia.

0 comments:

Post a Comment