Cara Mengobati Gusi Bengkak Yang Sakit Dengan Mudah

101dunia - Gusi bengkak adalah salah satu gangguan kesehatan yang paling banyak dikeluhkan. Walaupun bukan penyakit berat, tapi sakit yang ditimbulkan gusi bengkak cukup mengganggu. Inilah tips cara mengobati gusi bengkak dengan mudah.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Yang Sakit Dengan Mudah
Gusi Bengkak


Penyebab Gusi Bengkak

Sebelum mencoba solusi untuk mengatasi gusi bengkak, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu hal yang menyebabkan terjadinya pembengkakan gusi. Dengan demikian selain mengobati, kita juga dapat melakukan pencegahan sakit gusi tersebut terulang kembali.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan gusi bengkak:

  • Cara menyikat gigi yang salah, seringkali seseorang menyepelekan cara menyikat gigi. Padahal cara menyikat gigi turut menentukan kesehatan gigi, mulut dan gusi seseorang. Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan menggerakkan kepala sikat berputar menyapu permukaan gigi. Jika dilakukan dengan benar, menyikat gigi dapat menghilangkan plak dan karang gigi yang merupakan salah satu penyebab radang pada gusi. Tapi jika menyikat gigi dilakukan terlalu kuat atau bahkan menggunakan sikat yang tidak lembut, maka justru akan menyebabkan pembengkakan gusi.
  • Periodontitis dan Gingvitis, merupakan dua permasalahan kesehatan mulut yang dapat menyebabkan gusi bengkak. Periodintis adalah infeksi pada struktur pendukung gigi yang dapat menyebabkan gigi koyak dan lepas dari gusi. Sedangkan Gingvitis merupakan peradangan gusi akibat infeksi. Pembengkakan gusi yang terjadi karena dua gangguan kesehatan tersebut terkadang juga diiringi dengan munculnya nanah serta kenaikan suhu tubuh.
  • Merokok, selain dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung, kanker, dan paru-paru merokok juga diketahui dapat menjadi penyebab permasalahan gusi seperti periodontitis. Tembakau yang terkandung di dalam rokok akan menghambat aliran darah ke gusi sehingga gusi menjadi kekurangan nutrisi dan oksigen. Akibatnya gusi akan menjadi mudah terserang infeksi.
  • Hormon, sering menjadi faktor penyebab gangguan kesehatan gusi. Wanita pada masa pubertas, menjelang datang bulan, atau sedang hamil sering mengalami gusi bengkak. Hal itu diakibatkan perubahan hormon yang mendorong peningkatan aliran darah ke gusi sehingga mudah terjadi iritasi. Selain itu perubahan hormon juga dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan kuman dan bakteri penyebab gangguan gusi.
  • Sariawan, tidak hanya menyerang bibir tapi juga dapat menyerang langit-langit mulut serta gusi seseorang. Ulkus dan borok yang ditimbulkan sariawan akan membuat gusi bengkak.
Cara Mudah Mengobati Gusi Bengkak 

Pengobatan gusi bengkak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dari mulai cara termudah hingga cara tersulit. Berikut adalah cara-caranya:

1. Berkumur dengan air garam

Salah satu cara mudah untuk mengobati gusi bengkak adalah dengan berkumur air garam. Cara ini sudah dikenal masyarakat sejak jaman dulu, jadi bukan cara baru. Tetapi walaupun begitu, cara ini masih ampuh untuk dicoba.

Garam yang dilarutkan kedalam air memiliki sifat sebagai anti-bakteri dan dapat mengatasi peradangan. Larutan ini bisa Anda buat sendiri di rumah, caranya dengan menambahkan 1 sendok teh garam dapur kedalam secangkir air hangat kemudian aduk hingga rata. Berkumurlah dengan air garam ini selama 60 detik, 2 hingga 3 kali sehari.

2. Kompres dengan air dingin

Cara mudah lainnya adalah dengan mengkompress pipi di bagian gusi yang sakit menggunakan air dingin. Haluskan es batu kemudian bungkus dengan kantong plastik. Pastikan kantong tersebut tidak bocor, kemudian bungkus dengan kain dan tempelkan di bagian pipi tepat di posisi gusi yang membengkak.

3. Menggunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh dikenal memiliki berbagai khasiat, salah satunya adalah untuk mengobati gusi bengkak secara alami. Bahan alami ini dikenal efektif dalam mengatasi peradangan dan mengurangi rasa sakit akibat gusi bengkak.

Anda bisa mendapatkan minyak cengkeh di toko-toko makanan kesehatan dan herbal. Cara pemakaiannya cukup dengan mengoleskan sedikit minyak cengkeh langsung ke bagian gusi yang bengkak sebanyak tiga kali dalam sehari.

4. Menggunakan pasta jahe

Pasta jahe dikenal mampu meredakan radang atau inflamasi pada gusi. Pasta jahe dapat dibeli di pasar swalayan terdekat, atau bisa dipesan di toko-toko online. Namun jika ingin membuat sendiri pun caranya cukup mudah, tinggal haluskan jahe yang dicampur dengan sedikit garam. Tambahkan air jika dirasa terlalu kental.

Setelah pasta siap dipakai, oleskan ke bagian gusi yang bengkak dan lakukan tiga kali sehari. Berdasarkan penelitian, jahe dikenal memiliki khasiat anti-radang karena kandungan senyawa shogaol dan gingerol di dalamnya.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Medis

Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan jika Anda lebih memilih cara medis untuk mengatasi gusi bengkak:

1. Minum Obat Pereda Nyeri

Untuk meredakan rasa nyeri pada gusi bengkak yang mulai mengganggu aktivitas Anda, minumlah obat anti nyeri seperti paracetamol. Obat ini dijual bebas dan dapat diperoleh di apotek-apotek tanpa perlu resep dokter.

Alternatif obat lainnya adalah asam mefenamat atau ibuprofen yang dapat diresepkan oleh dokter.

2.  Berobat ke dokter gigi

Salah satu penyebab gusi bengkak adalah permasalahan pada gigi seperti gigi berlubang. Oleh karena itu, cobalah berkonsultasi ke dokter gigi terdekat. Jika diperlukan, dokter akan melakukan penanganan mulai dari pembersihan karang gigi hingga merawat gigi berlubang.

3. Minum Anti-biotik

Salah satu keunggulan berobat ke dokter gigi adalah Anda akan mendapatkan obat antibiotik yang tidak dapat dibeli dengan bebas. Jika gusi telah membengkak hingga mengeluarkan nanah maka tubuh Anda perlu asupan antibiotik.

Antibiotik bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri sehingga abses pada gusi akan mengecil. Dokter juga akan menambahkan beberapa jenis obat lainnya jika sakit gusi bengkak Anda diiringi dengan demam dan menggigil.

Mencegah Gusi Bengkak

Saat gusi bengkak berhasil diobati dan sudah tidak terasa sakit, selanjutnya tentu Anda tidak mau sakit tersebut terulang kembali bukan? Maka lakukanlah perawatan gigi dan gusi sebaik mungkin dengan cara menyikat gigi dengan benar dan gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang tidak terjangkau sikat gigi.

Perbaiki pola makan, perbanyak asupan buah-buahan dan sayur untuk mendapatkan vitamin dan kalsium. Jangan terburu-buru saat mengunyah makanan, dan hindari makanan yang terlalu panas atau dingin. Pastikan Anda tidak lupa meminum air putih minimal 8 gelas sehari.

Pikiran Anda juga turut berkontribusi terhadap kesehatan tubuh, termasuk kesehatan gigi dan gusi. Pikiran yang mengalami tekanan atau stres akan mempengaruhi hormon tubuh, karena itu hindarilah stres. Jika tugas dan kewajiban dirasa semakin berat dan menumpuk, ambil cuti dan bepergianlah bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Baca juga: Cara Cepat Dan Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Gusi bengkak adalah gangguan kesehatan yang tidak boleh disepelekan, sakitnya dapat mengganggu kinerja dan aktivitas seseorang mulai dari kemampuan berpikir, proses saat makan, bahkan proses bicara.

Jika dibiarkan, gusi bengkak akibat gigi berlubang juga berhubungan dengan timbulnya penyakit kronis yang dapat mengakibatkan kematian seperti penyakit jantung dan stroke. Karena itu rawatlah gigi dan gusi Anda sebaik mungkin. Jangan lupa untuk melakukan perawatan ke dokter gigi 6 bulan sekali.

0 comments:

Post a Comment