Misteri Kisah Kota Saranjana Yang Membuat Takjub Sekaligus Merinding

101dunia - Mungkin Anda pernah mendengar tentang sebuah kota yang disebut Kota Saranjana. Ya, kota ini banyak dikisahkan di forum-forum yang membahas tentang dunia mistis yang penuh dengan misteri.

Gua pintu masuk ke kota Saranjana
Gua pintu masuk ke kota Saranjana. sumber
Kota Saranjana adalah sebuah kota yang konon terletak di daerah Kotabaru, Kalimatan tepatnya di Desa Oka-Oka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan.

Walaupun cerita tentang kota ini disampaikan secara turun-temurun dari para orangtua para penduduk asli, namun tidak ada yang berhasil membuktikan keberadaannya.

Masyarakat setempat meyakini bahwa kota Saranjana adalah sebuah kota berperadaban maju yang ditempati makhluk gaib.

Dan berdasarkan kabar dari orang-orang yang mengaku pernah memasuki kota tersebut, tata kotanya sangat maju dan memiliki jalan raya yang lebar, gedung perumahan megah dengan pagar-pagar yang menjulang.

Rumor yang beredar, di kota tersebut banyak terdapat gedung-gedung pencakar langit, mobil, serta warung-warung. 

Ada juga cerita tentang suatu kejadian mistis ketika sebuah kapal ferry mengangkut banyak penumpang dari Tanjung Serdang Kotabaru, namun ketika merapat ke Pelabuhan Batulicin tiba-tiba para penumpang tersebut menghilang.

Belakangan santer terdengar bahwa para penumpang tersebut adalah penduduk kota Saranjana.

Selain itu masih terdapat berbagai rumor lain yang berkembang di masyarakat setempat, berikut ini:

1. Pembelian alat berat

Pada tahun 1980-an, penduduk Kotabaru dikagetkan dengan kedatangan sejumlah alat berat yang berasal dari Jakarta. 

Alat-alat berat tersebut dikirimkan ke Kotabaru ke alamat tujuan Kota Saranjana dengan keterangan sudah dibayar lunas oleh  masyarakat kota tersebut.
Tentu saja hal itu membingungkan perusahaan pengiriman, karena ternyata alamat Kota Saranjana tidak pernah ditemukan.

Jika kejadian tersebut adalah hasil perbuatan iseng seseorang, tentu hal itu adalah perbuatan iseng yang paling memakan banyak biaya. 

2. Tercantum di dalam peta tahun 1845

Kita tidak akan pernah menemukan kota Saranjana di peta manapun saat ini, namun ternyata pada tahun 1845 Salomon Muller membuat sebuah peta yang disebut sebagai Saranjana.

Naturalis berkebangsaan Jerman ini membuat sebuah peta berjudul "Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banjermasing behoorende tot de Reize in het zuidelijke gedelte van Borneo" 

Pada peta dengan judul yang artinya "peta wilayah pesisir dan pedalaman Borneo" tersebut tergambar sebuah wilayah yang ditulis sebagai "Tandjong (hoek) Serandjana."

Wilayah ini terletak di sebelah selatan Pulau Laut, berbatasan dengan Poeloe Kroempoetan dan Poeloe Kidjang.

Peta Kota Saranjana
Teluk Serandjana by Salomon Muller 1845. sumber
Terkait kapasitasnya dalam pembuatan peta, Muller adalah anggota des Genootschaps en Natuurkundige Komissie in Nederlands Indie yang telah mengikuti pelatihan dari Museum Leiden.

Pada saat itu ia tengah melakukan penelitian mengenai dunia flora dan fauna di kepulauan Indonesia.  

3. Konser Ada Band Ditonton Penduduk Kota Saranjana

Dikutip dari sebuah media online, Group Band terkenal Ada Band dikatakan pernah mengalami kejadian mistis terkait kota Saranjana. 
Pada tahun 2005 Ada Band mengadakan konser di daerah tersebut dengan penjualan tiket sebanyak 7.000 sampai 8.000 lembar. 

Namun anehnya pada saat konser berlangsung, jumlah penonton mencapai hingga dua kali lipat.

Gerak-gerik penonton pun sangat tidak lazim. Bukannya bergerak dan berteriak antusias atau ikut menyanyi, mereka hanya memperhatikan dan diam tidak bergerak.

Kemudian hal aneh lainnya, pada saat konser berlangsung panitia meminta penonton yang berdiri di tengah untuk bergeser ke samping. 

Padahal anggota band melihat di bagian samping sudah terisi penonton-penonton lainnya.

Dan pada saat acara berakhir, penonton berjumlah belasan ribu orang tersebut bergerak meninggalkan acara dengan sangat cepat padahal akses keluar hanya satu.

4. Penduduknya Berpenampilan Rupawan

Dikatakan bahwa penduduk gaib kota Saranjana berpenampilan layaknya manusia, tetapi mereka memiliki fisik yang rupawan.
Para wanitanya berparas cantik dan para pria nampak gagah. Selain itu mereka semua ramah-ramah dan berbicara dalam bahasa Banjar.

5. Suara-suara aneh di malam hari

Terkadang terdengar suara-suara yang tidak lazim dari kota Saranjana berupa alunan musik atau bunyi kendaraan yang lalu lalang.
Kisah-kisah tersebut tidak pernah dapat dipastikan kebenarannya, namun memang kisah misteri dan mistis selalu membuat penasaran untuk mengungkapnya.

0 comments:

Post a Comment