Musibah Longsor Melanda 4 Titik Di Daerah Puncak

101dunia - Pada hari Senin (5/2/2018) telah terjadi bencana longsor di 4 titik kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat. Akibat kejadian tersebut, pihak kepolisian terpaksa memberlakukan pengalihan arus kendaraan.

Musibah Longsor Melanda 4 Titik Di Daerah Puncak
Musibah Longsor Melanda 4 Titik Di Daerah Puncak
Arus kendaraan dari Jakarta menuju arah Puncak dialihkan melalui Sukabumi, sedangkan arus dari Cianjur diarahkan lewat Jonggol.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Hasby Ristama mengatakan, terdapat empat titik longsor yaitu daerah Panimbangan Kecil di Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua, Kawasan Masjid Atta'awun, Villa Pengayoman Kampung Cibeureum Kecamatan Cisarua, dan titik keempat berada di Kampung Babakan Desa Cibeureum.

Di titik yang disebutkan terakhir, material tanah menutupi sebagian jalan desa sehingga akses penduduk desa menjadi terhambat.

Bencana longsor ini terjadi karena hujan terus mengguyur kawasan Puncak sejak hari Minggu (4/2/2018) malam. Dan menjelang Senin Subuh (5/2/2018) intensitas hujan malah semakin meningkat. 

Hujan yang deras juga menyebabkan ketinggian air di Bendungan Katulampa ikut mengalami peningkatan mencapai 220 cm atau berstatus siaga satu.

Status Siaga dapat berubah menjadi Waspada jika ketinggian air mencapai 250 cm.

Diperkirakan bahwa air akan mencapai pintu air manggarai dalam waktu 9 jam kedepan. Dengan demikian status Siaga 1 tersebut berarti wilayah Jakarta waspada banjir.

Warga yang berada di sempadan sungai Ciliwung dihimbau untuk waspada terhadap luapan air sungai karena diprediksi debit air akan terus meningkat. 

Jalan Tertutup Material Longsor, Akses Ditutup

Polisi memindahkan material longsor yang menutup jalan raya di Puncak menggunakan dua unit alat berat. Akses jalan pun ditutup total. 
Belum jelas kapan jalur tersebut bisa kembali diakses, namun yang jelas hari Senin (5/2/2018) ini belum dapat dibuka.

0 comments:

Post a Comment