Cara Mudah Dan Unik Mengatasi Insomnia Atau Sulit Tidur

101dunia -  Tidur adalah salah satu kebutuhan paling penting tubuh kita. Jika tidur kita kurang atau pun tidak berkualitas, hal itu akan menyebabkan kesehatan kita terganggu. 

Cara Mudah Dan Unik Mengatasi Insomnia Atau Sulit Tidur
Cara Mudah Dan Unik Mengatasi Insomnia Atau Sulit Tidur
Dan tidak semua orang memiliki pola tidur yang sehat. Ada sebagian orang yang mengalami kesulitan saat ingin memulai tidur mereka. Karena itulah akhirnya siklus tidur mereka tidak beraturan. Sulit untuk tidur inilah yang disebut sebagai insomnia.

Walaupun sering dianggap sepele, ternyata insomnia atau sulit tidur dapat sangat mengganggu seseorang. Bukan hanya kegiatan orang tersebut yang akan terganggu tetapi juga kesehatannya.

Insomnia yang berkepanjangan akan meningkatkan resiko seseorang untuk terkena serangan jantung yang tentu saja merupakan penyakit mematikan nomor 1 di dunia.

Gejala insomnia

Lalu bagaimana Anda dapat mengetahui dengan pasti apakah Anda sedang mengalami insomnia? Kenali gejala-gejalanya sbb:
  1. Sulit tidur walaupun tubuh lelah
  2. Sering terbangun tengah malam
  3. Merasa sulit untuk tertidur kembali
  4. Merasa lelah dan mengantuk sepanjang hari
  5. Hilang fokus dalam beraktivitas
Penyebab Insomnia

Insomnia sendiri adalah suatu gejala abnormal dalam pola hidup yaitu sulit untuk tidur. Penyebab insomnia bisa dari penyakit tertentu atau bisa juga dari permasalahan psikologis. 

Beberapa kondisi medis tertentu seperti kanker, asma, kardiovaskular, diabetes, gagal ginjal, penyakit jantung, sleep apnea, tiroid dan gangguan lainnya dapat menyebabkan sulit tidur.

Permasalahan psikologis yang dapat menyebabkan insomnia diantaranya adalah stres, depresi, cemas, trauma dan rasa khawatir berlebihan. Terkadang untuk mengatasi hal ini Anda perlu berkonsultasi pada psikiater.

Permasalahan insomnia dapat menyebabkan aktivitas seseorang menjadi tidak optimal. Ia akan terus menerus merasakan kantuk di siang hari sehingga kehilangan fokus dalam beraktivitas.

Jika insomnia berlangsung secara berkepanjangan, tentu hidup seseorang akan menjadi tidak produktif. Karena itulah penyakit sulit tidur harus segera diatasi.

Kemudian bagaimana cara mengatasi gangguan sulit tidur? Berikut adalah tips cara mudah untuk menghilangkan insomnia tersebut:

1. Mematikan gadget

Jangan dibiasakan menggunakan gadget dan alat elektronik visual lainnya saat menjelang tidur. Upayakan semua alat elektronik dimatikan satu jam sebelum waktu tidur Anda

Cahaya yang timbul dari alat elektronik akan masuk ke retina, dan hal ini akan membuat otak menjadi bingung dalam membedakan siang atau malam hari.

2. Mandi air hangat

Mandi air hangat sebelum tidur akan membantu mengatasi gangguan sulit tidur Anda. Berendamlah dalam air hangat kurang lebih 20 menit, sehingga tubuh Anda akan menjadi rileks dan terasa nyaman.

3. Jangan meminum kopi

Kopi mengandung kafein yang akan membuat Anda semakin sulit tidur. Hindari meminum kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya, ganti dengan minuman hangat lain seperti susu atau air putih hangat.

4. Hindari makan malam berkarbohidrat

Makan malam berat seperti nasi, mie instan, roti, dan lain-lain dapat mempengaruhi pola tidur Anda. Hindari asupan makanan berkarbohidrat tinggi di malam hari. Jika lapar menjelang tidur, ganti dengan makanan berserat tinggi.

5. Lakukan teknik pernapasan

Untuk membantu agar dapat tidur lebih cepat, Anda bisa mencoba salah satu metode berikut ini: ambil nafas dalam melalui hidung selama 4 detik, selanjutnya tahan napas selama 7 detik, dan tiup udara keluar dari mulut selama 8 detik. Ulangi terus sampai Anda tertidur.

6. Minum teh chamomile hangat

Teh Chamomile memiliki banyak khasiat untuk tubuh, salah satunya adalah sebagai obat penenang ringan. Selain itu teh ini juga dapat melemaskan syaraf yang tegang. Minum secangkir sebelum tidur untuk mengatasi gangguan sulit tidur.

7. Pindahkan jam dinding 

Sebagian orang yang mengalami gangguan sulit tidur mengeluhkan bunyi yang ditimbulkan dari detak jam dinding di kamar mereka, apalagi jika jam tersebut memiliki ukuran besar. Pindahkan jam dinding tersebut dan ganti dengan yang tidak menimbulkan bunyi.

8.  Minum obat tidur

Cara yang paling mudah tentu dengan mengkonsumsi obat tidur. Jangan sembarangan memilih obat tidur, pastikan terdaftar di BPOM atau atas rekomendasi dokter Anda.

9. Matikan lampu kamar

Tidur dalam kondisi kamar yang gelap akan membuat kualitas tidur Anda lebih baik. Cahaya ruangan dapat menjadi patokan untuk jam biologis tubuh, karena walaupun kelopak mata tertutup tapi masih ada cahaya yang diterima oleh retina. Cahaya yang diterima oleh mata akan membantu tubuh  mengenali waktu-waktu tertentu.

Tapi jika Anda kesulitan untuk tidur dalam gelap, setidaknya Anda bisa mematikan lampu utama dan menyalakan lampu tidur yang lebih redup dan halus.

10. Bernafas lewat lubang hidung kiri

Ini adalah salah satu teknik Yoga yang dapat menurunkan tekanan darah dan membuat tubuh kita lebih tenang. 

Caranya, tidurlah menghadap ke kiri dan letakkan jari di lubang hidung kanan kemudian tekan agar tertutup. Selanjutnya mulailah bernafas dengan hidung kiri secara perlahan-lahan.

11. Memutar bola mata

Sammy Margo dalam bukunya yang berjudul The Good Sleep Guide menulis bahwa menutup mata dan memutar bola mata tiga kali akan merangsang hormon tidur, melatonin sehingga membuat Anda mengantuk.  

12.  Menekuk jari kaki

Terapi menekuk jari kaki akan membantu membuat Anda merasa tenang dan santai. Berbaringlah dengan posisi terlentang kemudian tekuk jari kaki selama beberapa detik dan lepaskan kembali. Lakukan berulang kali sampai Anda merasa tenang dan santai.

13. Menghitung mundur

Jika menghitung domba dirasa sudah tidak begitu bermanfaat lagi, cobalah menghitung mundur dimulai dari angka 100.

14. Bermain tebak kata

Tujuan permainan ini adalah untuk membuat otak Anda merasa lelah dan pada akhirnya akan mengantuk. Cobalah bermain tebak kata di dalam hati, misalnya dengan menyebutkan nama kota-kota di Indonesia yang berawalan huruf A hingga huruf L.

15. Konsumsi makanan dengan kandungan tryptophan

Tryptophan adalah suatu senyawa yang dapat merangsang otak agar dapat tidur lebih cepat. Senyawa ini hanya didapat dari makanan tertentu, diantaranya adalah daging ayam, keju cair, ayam kalkun, tuna, dan kacang kedelai. Mengkonsumsi susu kedelai hangat menjelang waktu tidur juga sangat dianjurkan. 

16. Minum suplemen

Konsumsi suplemen yang mengandung melatonin, yaitu suatu hormon yang membantu mengendalikan pola tidur dan bangun seseorang. Untuk mendapatkan dosis yang tepat, upayakan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu.

17. Konsumsi makan mengandung magnesium

Magnesium adalah mineral yang berguna untuk merelaksasi tubuh. Salah satu penyebab terjadinya insomnia adalah kekurangan asupan magnesium dalam tubuh. Magnesium juga berguna untuk menghasilkan energi, menenangkan otot, dan menstabilkan membran. 

Berikut ini adalah contoh makanan yang mengandung magnesium: kacang mete, kacang almond, kacang kenari, sayuran hijau, alpukat, dan udang.

Jika Anda ingin memperoleh asupan magnesium dengan cara yang lebih praktis, minum suplemen magnesium untuk memenuhi kebutuhan magnesium sebanyak 300 mg per hari.

Demikian 17 cara mudah mengatasi sulit tidur atau insomnia, semoga bermanfaat untuk mengatasi gangguan tidur Anda.

0 comments:

Post a Comment