Waspada, Cara Mandi Yang Salah Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak


101dunia - Seringkali kita mendengar berita tentang seseorang yang tiba-tiba meninggal akibat terjatuh di kamar mandi. Setelah diteliti, ternyata penyebabnya adalah penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah, yaitu serangan jantung atau serangan stroke. Lalu kenapa dua penyakit mematikan tersebut menyerang di kamar mandi?


Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh menyempitnya pembuluh darah akibat sumbatan yang menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar. Kondisi itu memaksa jantung untuk bekerja lebih keras lagi. Desakan denyut jantung yang semakin kuat dapat membuat pembuluh halus pecah, hal itulah yang menyebabkan terjadinya serangan jantung atau stroke.

Lalu kenapa serangan jantung dan stroke bisa menyerang di kamar mandi? Ternyata ada penjelasan ilmiahnya. Suhu tubuh manusia cenderung panas, sedangkan air cenderung dingin. Ketika kita mandi dengan langsung menyiram kepala, maka uap yang seharusnya keluar menjadi terperangkap. 

Selain itu ketika seseorang mandi dengan langsung membilas kepala menggunakan air yang dingin, maka darah akan mengalir lebih deras untuk memanaskan kepala.

Pada saat itu, jika saluran darah seseorang tersebut telah mengalami penyempitan (yang disebabkan penyumbatan) maka pembuluh darah bisa pecah sehingga serangan jantung atau serangan stroke pun terjadi.

Hal tersebut bagaikan sebuah gelas yang berisi air panas, dikosongkan kemudian diisi dengan air dingin. Apa yang akan terjadi? Biasanya gelas dapat retak atau pecah. Jika hal ini terjadi pada tubuh kita, apa yang mungkin terjadi? 

Oleh karena itulah kita sering mendengar ada orang yang terjatuh di kamar mandi hingga koma, atau bahkan meninggal. Cara mandi yang salah dapat menyebabkan berbagai penyakit lain, mulai dari sering masuk angin hingga migrain.

Untuk mencegah hal tersebut, berikut ini adalah cara mandi yang benar agar mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

1. Siramkan air di telapak kaki
2. Selanjutnya siramkan segayung di betis
3. Segayung di paha
4. Segayung di perut
5. Segayung di bahu
6. Diamkan selama 5 hingga 10 detik
7. Saat itu kita biasanya akan merasakan seolah-olah ada uap yang keluar dari ubun-ubun
8. Lanjutkan mandi seperti biasa.

Cara mandi ini sangat baik dipakai oleh semua kalangan, terutama mereka yang mengidap penyakit diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, dan migrain.

0 comments:

Post a Comment