Pria Selfie Di Candi Borobudur Dikecam Netizen. Kenapa?


101dunia - Media sosial ramai membicarakan foto seorang pria yang sedang asik melakukan selfie di Candi Borobudur. Netizen ramai mengecam aksi pria tersebut, yang dengan berani melakukan swa-foto di bangunan yang menjadi salah satu dari daftar situs keajaiban dunia tersebut. 

Pria Selfie Di Candi Borobudur Menuai Kecaman
Pria Selfie Di Candi Borobudur Menuai Kecaman
Group Facebook bernama Info Cegatan Jogja lah yang pertama kali mengunggah foto pria tersebut. Total ada tiga foto yang menampilkan pria tersebut sedang berselfie. Ia sibuk bergaya sambil memegang tongsis dan kakinya menginjak salah satu bangunan.

Ternyata hal yang menyebabkan kecaman mengalir kepadanya adalah aksinya yang nekat memanjat stupa demi melakukan selfie. Padahal sudah jelas ada larangan memanjat stupa di Candi bersejarah tersebut. 

Postingan tersebut mengundang 2.300 reaksi dan 700-an komentar dari netizen yang sebagian besar mengecam pria tersebut.

Pihak pengelola sendiri sebenarnya sudah memberi tahu aturan-aturan yang harus dipatuhi wisatawan saat berfoto di candi Borobudur.  Aturan tersebut diantaranya adalah tidak boleh duduk atau memanjat di atas stupa. Sedangkan jika duduk di pinggir stupa masih diperbolehkan.

Perilaku tidak terpuji pria tersebut memang tidak patut dicontoh. Perbuatannya menggambarkan sifat yang tidak mau menaati peraturan. Selain itu nampaknya pria tersebut tidak menghargai Candi Borobudur yang merupakan warisan kebudayaan pemeluk agama Budha di masa lalu. Dan yang terakhir, nampaknya pria tersebut juga tidak memperdulikan keselamatan dia sendiri.

0 comments:

Post a Comment