Rumah DP 1% Untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Cikarang Telah Diresmikan


Pemerintah telah meresmikan pembangunan rumah murah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) pada hari Kamis (04/05/2017). Peresmian tersebut dilakukan di Villa Kencana, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Rumah MBR Cikarang - Viva Bisnis
 Rencananya akan dibangun 8.749 unit rumah tapak yang dibangun diatas lahan seluas 105 ha di Jalan Raya Pulo Sirih No. 84, Sukajadi, Sukakarya, Bekasi. Hingga saat ini rumah yang telah selesai dibangun sebanyak 4.105 unit.

Setiap unit rumah memiliki tipe yang sama yaitu luas tanah 60 m2 dan luas bangunan 25 m2. 1 unit rumah terdiri dari dua kamar tidur, ruang keluarga, dan satu kamar mandi. Walaupun dapur belum tersedia, namun nantinya pemilik rumah dapat membangun dapur di ruang belakang.

Rumah yang dibangun untuk masyarakat golongan kurang mampu ini dijual dengan harga antara Rp112 juta hingga Rp141 juta per unit.

Perbedaan harga unit rumah ditentukan oleh waktu pembelian dan lokasi. Semakin cepat seorang konsumen melakukan pelunasan setelah pemesanan maka akan semakin murah harga yang ditetapkan. Lokasi yang lebih dekat ke gerbang perumahan dikenakan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan unit rumah yang terletak jauh di dalam.

Fasilitas umum yang telah dibangun oleh developer adalah mesjid yang terlihat cukup besar, serta sebuah lapangan untuk berolahraga.

Untuk pembelian dengan metode cicilan, masyarakat dapat mengeluarkan DP senilai 1% atau sebesar Rp1,12 juta dengan bunga cicilan 5% fixed hingga 20 tahun.

Direktur utama Bank BTN Maryono mengatakan bahwa angsuran rumah tersebut antara Rp750 ribu sampai dengan Rp900 ribu per bulan selama 20 tahun.

Untuk dapat membeli rumah tersebut, masyarakat harus memenuhi beberapa persyaratan di antaranya berpenghasilan tidak lebih dari Rp4 juta per bulan. Persyaratan lainnya adalah belum punya rumah, WNI, dan BI Checking lancar.

Bank BTN telah menyalurkan kredit kurang lebih sebesar Rp500 Milyar untuk proyek tersebut. Penyaluran kredit itu diantaranya untuk KPR bersubsidi dan kredit konstruksi bagi developer yaitu PT. Arrayan Bekasi Development.

Akses angkutan umum ke perumahan memang cukup sulit. Hanya ada satu angkutan umum dari terminal Cikarang menuju Jalan Raya Pulo Sirih. Dari Jalan Raya Pulo Sirih ke gerbang perumahan, warga harus menempuh jarak kurang lebih 500 meter.

0 comments:

Post a Comment