Jangan Sembarangan Memilih, Hindari Makanan Ini Ketika Berbuka Puasa


Berpuasa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun jika tidak hati-hati dalam memilih hidangan berbuka, akibatnya bisa menjadi buruk untuk kesehatan. 

Makanan Berbahaya Untuk Berbuka Puasa
Makanan Berbahaya Untuk Berbuka Puasa
Saat berpuasa, lambung akan kosong selama belasan jam lamanya. Karena itu saat sahur ataupun berbuka, kita harus betul-betul memperhatikan asupan makanan yang kita cerna. 

Jika memiliki masalah asam lambung, memang dibutuhkan waktu untuk beradaptasi selama beberapa hari sampai rasa perih menghilang. Karena itu sebaiknya sebisa mungkin hindari makanan-makanan yang dapat memicu rasa nyeri dan kembung.

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

1. Minuman dingin

Ketika kita berpuasa, memang rasanya akan sangat menyegarkan ketika kita meminum es sirup atau minuman dingin lainnya. Namun tahukah kamu, bahwa berbuka puasa dengan meminum minuman dingin sangat tidak disarankan.

Saat perut dalam keadaan kosong, tubuh akan menghangat termasuk sistem pencernaan. Jika langsung meminum minuman dingin atau es maka lambung akan kaget. Minuman yang terlalu dingin juga akan membuat kinerja lambung menjadi lambat karena harus menyesuaikan dengan suhu tubuh. 

Meminum minuman yang terlalu dingin saat berbuka puasa akan menyebabkan perut terasa kembung dan penuh. Oleh karena itu ketika berbuka puasa sebaiknya minum air putih hangat terlebih dulu. Setelah itu baru bisa diteruskan dengan makanan manis seperti kurma atau buah-buahan.

2. Gorengan

Gorengan memang salah satu makanan lezat yang menggoda untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun kandungan lemak di dalam gorengan dapat membuat sistem pencernaan bekerja ekstra keras. 

Ketika berpuasa, kita kehilangan karbohidrat, protein, dan cairan tubuh, namun tidak dengan lemak. Belum lagi jika gorengan tersebut diproses dengan minyak goreng yang digunakan berulangkali, sangat tidak sehat.

3. Makanan Asam

Makanan atau minuman yang asam dapat menyebabkan gangguan lambung, terutama ketika dikonsumsi saat berbuka puasa. Perut yang kosong selama berjam-jam lamanya dapat memicu kenaikan asam lambung. Keadaannya akan lebih parah jika kita mengkonsumsi makanan asam saat berbuka, karena dapat menyebabkan iritasi lambung.

Makanan asam yang tidak boleh dikonsumsi antara lain termasuk buah kedondong, buah mangga, jeruk masam, dan lain sebagainya.

4. Makanan Pedas

Bagi pencinta makanan pedas, makan tanpa tambahan cabai atau sambal tentu akan terasa kurang nikmat. Namun bagimana jika dikonsumsi saat berbuka puasa?

Cabai sebenarnya mengandung banyak nutrisi vitamin dan mineral. Selain itu cabai juga mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Namun mengkonsumsi cabai secara berlebihan ketika berbuka puasa dapat memicu penyakit maag dan bahkan diare.

5. Makanan Bersantan Kental

Makanan bersantan termasuk kolak pisang tentu akan sangat lezat jika disantap saat berbuka puasa. Namun jika mengandung kadar santan berlebihan maka dapat memicu maag dan menyebabkan iritasi lambung.

Makanan dengan santan berlebih juga berpotensi meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah jika dikonsumsi saat berbuka puasa. 

6. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung gas yang dapat menyebabkan produksi asam lambung berlebihan. Gas yang terkandung dalam minuman bersoda juga akan membuat perut terasa penuh dan kembung. Selain membuat kita merasa haus, meminum air soda juga dapat menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam darah.

7. Kopi

Bagi pencinta kopi, satu hari saja terlewatkan tanpa meminum kopi tentu akan terasa ada sesuatu yang kurang. Hal ini juga biasanya berlaku ketika bulan puasa. 

Namun demi kesehatan, sebaiknya hindari meminum kopi saat berbuka puasa. Kafein yang terkandung dalam minuman kopi sangat tidak baik bagi kesehatan sistem pencernaan karena dapat merangsang produksi asam lambung.

Perut yang kosong selama berjam-jam akan memproduksi asam lambung. Jika meminum kopi saat berbuka puasa, tentu akan menambah produksi asam lambung sehingga akibatnya dapat memicu rasa perih dan kembung.

Makanan Yang Baik Disantap Ketika Berbuka Puasa

Daripada makanan-makanan diatas, akan jauh lebih baik jika menyantap makanan yang memang baik untuk kesehatan dan direkomendasikan oleh berbagai ahli. Sesuai dengan sunnah nabi SAW, buah kurma sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka. Selain daging buahnya lembut dan mudah dicerna, gula yang terkandung dalam kurma juga akan merefresh tenaga kamu agar memiliki energi cukup untuk sholat tarawih dan berpuasa keesokan hari.

Buah-buahan seperti semangka, melon, dan anggur juga sangat baik untuk untuk berbuka puasa karena mengandung nutrisi vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa seharian. Selain itu buah-buahan tersebut juga mengandung banyak air sehingga bermanfaat untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Saat berpuasa seringkali kita mengalami gangguan pencernaan diantaranya sulit buang air besar (BAB). Karena itu pada malam hari kita harus banyak menyantap makanan yang banyak mengandung serat seperti oatmeal dan serat fiber.

Jagalah kesehatan Anda selama berpuasa, agar badan dan pikiran tetap fit untuk menyambut hari kemenangan nanti.

0 comments:

Post a Comment