Fahri Hamzah Ditolak Di Manado, Akhirnya Bertolak Ke Jakarta


Masyarakat Manado dari berbagai Ormas menolak kedatangan Fahri Hamzah di Bandar Sam Ratulangi, Manado. Massa merangsek masuk ke areal pintu terminal kedatangan bandara dengan membawa berbagai senjata tajam.

Massa menggeruduk Bandara Sam Ratulangi
 Fahri Hamzah tiba di Bandara sekitar pukul 11.00 WITA kemudian melakukan kunjungan ke kantor Gubernur lewat jalur alternatif untuk menghindari massa.

Anggota DPR RI tersebut berkunjung berkunjung ke Manado dengan agenda untuk menghadiri acara diskusi kepemimpinan dan anti korupsi. Akibat penolakan tersebut, acara yang semula rencananya digelar di sebuah kafe akhirnya terpaksa dipindah ke kantor Gubernur.

"Itu tidak kita monitor, tidak ada minta pengamanan ke polisi. Personel hari ini dikerahkan karena tadi malam kita monitor ada pergerakan masyarakat." Kata Kabid Humas Polda Sulut Kombes Ibrahim Tompo sebagaimana dilansir Detikcom, Sabtu (13/05/2017).

Masyarakat melakukan penolakan dengan alasan bahwa Fahri intoleran. Massa membawa spanduk yang berisi tuntutan mereka.

"Intinya dia itu dibilang tidak toleran, begitulah, ini pasti pengaruh dari Jakarta, disini kan masyarakatnya religius, baru menyalakan sejuta lilin. Dia selama ini dibilang orang sini agak intoleran." Kata Kapolda Sulut Irjen Bambang Waskito pada Sabtu (13/05/2017).

Akibat penggerudukan tersebut tiga anggota kepolisian terluka dilempar batu. Namun Bambang mengatakan saat ini kondisi di kantor Gubernur dan Bandara Sam Ratulangi sudah kembali kondusif. Pihak pengelola bandara Sam Ratulangi pun mengalami kerugian berupa kerusakan kaca dan pintu.

Sementara itu saat dihubungi secara terpisah, Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi mengatakan, "Massa berkumpul di bandara, ada kumpulan massa yang tujuannya menghalangi anggota FPI dan kebetulan berbarengan dengan kedatangan Fahri Hamzah."

Namun keterangan pihak FPI sendiri bertolak belakang dengan pernyataan tersebut, mereka mengaku bahwa seluruh jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) tidak memiliki agenda ke Manado pada hari Sabtu (13/05/2017) tersebut.

"Kayaknya DPP ngga ada agenda ke Manado deh hari ini, ngga ada." ujar juru bicara DPP FPI Slamet Ma'arif saat dimintai konfirmasi seperti dilansir Detikcom, Sabtu (13/05/2017).

Fahri Hamzah kemudian bertolak kembali ke Jakarta pada pukul 17.00 WITA setelah agendanya selesai.


0 comments:

Post a Comment