Ciri-ciri Dan Tanda Malam Lailatul Qadar


Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat dinanti oleh golongan orang beriman. Lailatul Qadar sangat istimewa dimana beribadah di malam ini pahalanya setara dengan beribadah selama lebih dari 1000 bulan. Malam Lailatul Qadar menjadi rahasia Allah SWT, tidak ada satupun manusia yang mengetahui kapan malam itu tiba. Dan dengan mengetahui ciri-ciri dan tanda malam Lailatul Qadar semoga kita bisa memaksimalkan ibadah kita.

Ciri-ciri dan tanda Lailatul Qadar
Ciri-ciri dan tanda Lailatul Qadar
Secara harfiah, Lailatul Qadar berarti "malam ketetapan", karena pada malam tersebut seluruh ketetapan takdir tahunan umat manusia ditetapkan. Dan pada malam itulah Al Quran diturunkan untuk menjadi pedoman bagi umat manusia. Orang beriman yang beribadah dan berdoa pada malam tersebut akan dijabah dan diampuni dosa-dosanya.

Pada malam itu para malaikat turun ke bumi, termasuk malaikat Jibril. Mereka turun untuk membawa rahmat bagi orang-orang yang sedang beribadah, berdoa, maupun berdzikir pada malam tersebut. Karena itu kita sangat dianjurkan untuk beri'tikaf pada malam ini.

Para ulama memiliki berbagai pendapat tentang waktu kedatangan Lailatul Qadar, tetapi pendapat yang paling kuat mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar jatuh pada suatu malam diantara 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Pendapat ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW:

"Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu lainnya." (HR Muslim)

Tanda dan Ciri Malam Lailatul Qadar

Rasulullah pernah bersabda tentang ciri-ciri malam Lailatul Qadar. Jika kita merasakan atau melihat beberapa hal yang disebutkan di bawah ini, maka insya Allah kita telah menjumpai Lailatul Qadar.

  1. Pada pagi hari sebelum Lailatul Qadar, matahari terbit tidak seperti biasanya. Saat itu ia bersinar dengan jernih dan teduh.
  2. Satu hari setelah malam Lailatul Qadar, matahari bersinar cerah namun terasa teduh
  3. Pada malam Lailatul Qadar langit cerah tidak berawan. Udara terasa sejuk namun tidak dingin dan angin bertiup tenang.
  4. Turunnya para malaikat turut membawa keberkahan bagi orang beriman yang sedang beribadah. Pada malam itu beribadah akan terasa lebih nikmat dibanding malam-malam lainnya.
Demikian ciri-ciri dan tanda datangnya malam Lailatul Qadar, semoga kita adalah termasuk orang beruntung yang berjumpa dengannya.

baca juga:
Inilah Keutamaan Bulan Ramadhan Dan Amalan Ibadah Sunnah Di Bulan Ramadhan
Hindari hal-hal ini, Karena Dapat Membatalkan Pahala dan Puasa Kamu 
Jangan Sembarangan Memilih, Hindari Makanan Ini Ketika Berbuka Puasa

0 comments:

Post a Comment