Cara Agar History Chat dan Kontak Whatsapp Tidak Hilang Saat Ganti Smartphone


Apakah Anda sering melakukan pembicaraan penting melalui aplikasi WhatsApp? Jika begitu, tentunya ada banyak sekali data-data, gambar, atau video penting yang ingin Anda simpan di dalam aplikasi Whatsapp. Untuk itu, berikut adalah tips tentang cara menjaga history chat dan kontak Whatsapp agar tidak hilang saat ganti smartphone.

Cara mencadangkan data whatsapp
Whatsapp
Namun apakah dengan banyaknya data percakapan penting tersebut membuat Anda tidak bisa berganti perangkat telepon genggam? Padahal Anda ingin menggantinya dengan perangkat baru yang lebih canggih. Jangan khawatir, ada cara untuk mencadangkan semua data yang ada dalam aplikasi WhatsApp Anda dan memulihkannya di perangkat telepon genggam yang baru.

Ada dua cara untuk mencadangkan data WhatsApp Anda yaitu melalui Google Drive atau cadangan lokal di Micro SD. Atau Anda dapat mencadangkan di keduanya apabila diperlukan. Pencadangan lokal akan berjalan secara otomatis setiap hari pada pukul 2.00 dini hari. Data akan tersimpan pada sebuah file dalam micro SD di perangkat Android Anda.

Google Drive

Cara pertama yang akan kita bahas adalah mencadangkan riwayat percakapan dan data lainnya ke Google Drive, jadi ketika Anda mengganti perangkat telepon Android maka data-data tersebut akan dapat dipulihkan.

Sebelum melakukan hal ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Anda telah masuk ke akun Google Drive.
2. Aplikasi Google Play telah dipasang pada perangkat Android Anda.
3. Tersedia ruang kosong yang cukup untuk memuat semua data WhatsApp di akun Google Drive Anda.
4. Smartphone Android Anda memiliki ruang kosong yang cukup untuk data WhatsApp.

Cara melakukan pencadangan ke Google Drive:
  1. Buka WhatsApp
  2. Tekan tombol Menu > Setelan > Chatting > Cadangan Chat
  3.  Masuk ke "Cadangkan Ke Google Drive" kemudian pilih frekuensi pencadangan yang Anda inginkan. Atau jika Anda ingin  langsung melakukan pencadangan maka pilih "Cadangkan"
  4.  Kemudian Anda akan diminta untuk menentukan akun Google Drive yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat percakapan Anda. Jika Anda belum memiliki akun Google, maka pilih "Tambahkan akun" ketika diminta
  5. Tekan "Cadangkan lewat" untuk memilih jaringan yang ingin Anda gunakan untuk melakukan pencadangan.
  6. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah proses pencadangan ini mungkin akan menyebabkan biaya data tambahan, maka pastikan bahwa kuota internet Anda mencukupi.
Catatan:
  • Proses pencadangan pertama Anda mungkin akan memakan waktu yang lama, tergantung banyaknya data yang ada. Oleh karena itu pastikan bahwa daya perangkat selular Anda mencukupi, atau hubungkan smartphone Anda ke sumber daya.
  • Frekuensi pencadangan riwayat chat Anda dapat diubah sesuai dengan keinginan. Caranya dengan masuk ke Tombol Menu > Setelan > Chatting > Cadangan Chat.
  • Setiap kali Anda melakukan back up WhatsApp di Google Drive maka data terbaru akan menghapus data sebelumnya.
Memulihkan (Restore) atau Mentransfer data Back Up

Ketika Anda mengganti perangkat telepon atau menginstall ulang aplikasi WhatsApp maka Anda akan ditawarkan untuk riwayat percakapan dan media dari cadangan. Penawaran itu terjadi jika Anda memasukkan nomor telepon yang sama. Cukup pilih "pulihkan" ketika diminta.

Jika WhatsApp tidak berhasil mendeteksi adanya cadangan, maka hal tersebut mungkin karena:
1. Akun Google berbeda.
2. Nomor telepon berbeda
3. Kartu memori atau riwayat chat yang dicadangkan lokal telah rusak (corrupted).
4. Tidak ada file cadangan di akun Google Drive atau cadangan lokal pada telepon Anda.

Cara yang paling mudah untuk mentransfer data ke perangkat telepon genggam baru adalah dengan menggunakan Google Drive. Karena jika Anda menggunakan pencadangan lokal maka Anda harus mentransfer semua file ke telepon yang baru dengan menggunakan sebuah komputer, file explorer, atau kartu SD. Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment