Tertarik Mencari Harta Karun? Inilah Legenda 5 Harta Karun Dunia Yang Belum Terungkap

Perubahan nasib dapat terjadi pada siapa saja, bahkan dengan jalan yang tidak disangka-sangka. Salah satu jalan yang telah merubah nasib beberapa orang beruntung adalah penemuan harta karun secara tidak sengaja. 

Harta karun adalah harta atau kekayaan dalam jumlah besar yang tersembunyi ataupun ditemukan tetapi tidak diketahui dengan jelas asal-usulnya. Untuk mengetahui asal-usul harta karun yang ditemukan harus melalui berbagai penelitian.

Istilah harta karun berasal dari kata Qarun atau Karun, yang merupakan nama seorang tokoh yang hidup di jaman Nabi Musa A.S dan disebutkan dalam Al Quran. Alkisah, Qarun hidup dengan harta kekayaan yang berlimpah. Namun karena takabur akhirnya ia terkubur bersama harta bendanya.

Di dunia ini banyak orang mendedikasikan hidupnya untuk memburu harta karun dengan motivasi untuk mengubah nasib secara instan. Beberapa di antara mereka ada yang berhasil, namun banyak juga yang selalu mengalami kegagalan.

Tertarik untuk menjadi seorang pencari harta karun? Kamu harus tahu terlebih dulu legenda-legenda harta karun tersembunyi di dunia berikut ini:

1. Misteri Harta Karun Adolf Hitler

Adolf Hitler bukan hanya terkenal dengan Nazi dan pembantaian genosidanya, tetapi juga karena harta karun peninggalannya yang hingga saat ini belum terungkap. Selama kepemimpinan rezim Nazi di Jerman, Adolf Hitler mengumpulkan emas, perhiasan dan berbagai bentuk harta benda hasil rampasan perang.

Harta karun Adolf Hitler - Amber Room
Harta karun Adolf Hitler - Amber Room
Selain dari penaklukan negara-negara lain, ia memperoleh berbagai harta jarahan tersebut dari para tahanan Kamp Konsentrasi Nazi. Di kamp tahanan tersebut emas perhiasan para tahanan dilebur menjadi emas batangan.

Menjelang kekalahan Nazi pada perang dunia kedua, sejumlah tentara Nazi yang tersisa berusaha mempertahankan harta kekayaan tersebut agar tidak jatuh ke tangan musuh. Harta tersebut diyakini disembunyikan di berbagai tempat seperti bunker, gua-gua, dan dialihkan menjadi bentuk uang di berbagai bank Eropa.

Legenda yang sangat terkenal dari harta karun Adolf Hitler adalah sebuah kereta emas yang penuh harta berupa emas batangan di setiap gerbongnya. Para pemburu harta karun meyakini bahwa kereta emas tersebut hingga kini masih berada di kawasan Walbrzych, Polandia.

Legenda yang kedua adalah peti harta karun Adolf Hitler. Nazi pernah mengklaim keberhasilan pasukannya dalam menaklukkan salah satu wilayah di Rusia dan berhasil menjarah Amber Room, yang merupakan sebuah ruangan terbuat dari emas murni. Amber Room sendiri adalah sebuah hadiah dari Raja Prusia untuk Tsar Rusia Peter Agung pada tahun 1716.

Pasukan Nazi kemudian membawa Amber Room ke Kota Konigsberg dengan cara membaginya menjadi 18 peti. Peti-peti tersebut dipercaya berisi emas perhiasan, batu mulia, serta ribuan emas batangan. Namun hingga sekarang tidak ada yang pernah berhasil menemukannya.

2. Harta Karun Forrest Fenn di Rocky Mountains

Seorang kolektor benda seni yang berasal dari Santa Fe, New Mexico bernama Forrest Fenn, dikabarkan telah menyembunyikan sebuah kotak berisi harta benda berharga miliknya. Ia mendapat ide untuk menyembunyikan harta tersebut setelah divonis kanker ginjal pada tahun 1988.

Forrest Fenn
Selain sebagai kolektor benda seni yang sukses, Forrest Fenn juga merupakan seorang penulis dan milyuner. Pada tahun 2010 setelah ia sembuh dari penyakit kanker ginjal, Fenn memutuskan untuk memasukkan harta benda berharga miliknya kedalam sebuah kotak yang terbuat dari perunggu dan menyembunyikannya di sebuah lokasi yang berada di Pegunungan Rocky.

Berdasarkan kabar yang disampaikan salah seorang teman yang membantunya mengumpulkan harta kekayaan tersebut, kota harta karun itu berisi emas dalam berbagai bentuk seperti koin emas, bongkahan emas murni sebesar telur ayam, perhiasan kalung emas, dan berbagai benda berkilauan berharga lainnya.

Sebagai petunjuk lokasi persembunyian kotak harta karunnya, Fenn menulis dua buah buku. Namun hingga kini belum ada yang berhasil menemukannya.

3. Harta Karun Lima - Peru

Pada abad ke-16 bangsa Spanyol berhasil menaklukan kerajaan Inca dan menjarah kekayaannya. Harta hasil jarahan tersebut sebagian besar disimpan di kota Lima, Peru. Namun pada tahun 1820 terjadi pemberontakan yang memaksa Spanyol untuk mengamankan harta itu.

Seorang kapten asal Inggris bernama William Thompson diberi kepercayaan oleh pemerintah Spanyol untuk mengambil harta dari Lima dan berlayar tidak jauh dari kota tersebut hingga pemberontakan berakhir. Namun karena faktor keserakahan, Thompson dan kru kapalnya malah membunuh pengawal dan menyembunyikan harta tersebut.

Beberapa lama kemudian kapal milik Thompson ditangkap dan seluruh awak kapal dibunuh kecuali Thompson dan satu anak buah kepercayaannya. Mereka berdua setuju untuk menunjukkan tempat mereka menyembunyikan harta Spanyol. Thompson memandu mereka ke Pulau Cocos, tetapi begitu tiba di pulau tersebut ia dan anak buahnya melarikan diri dari pasukan Spanyol.

Berdasarkan kabar yang beredar, harta kekayaan tersebut terdiri dari 113 patung keagamaan yang terbuat dari emas, 273 pedang dengan gagang berbalut permata, seribu berlian, ratusan piala, ratusan emas batangan, dan mahkota yang terbuat dari emas. Nilai seluruh harta itu saat ini diperkirakan mencapai USD 2 juta atau sekitar Rp2,5 triliun.

4. Burung Hantu Emas

Tahun 1933, bangsa Prancis digemparkan oleh seseorang dengan nama samaran Max Valentin yang mengaku menyembunyikan burung hantu emas di suatu pedesaan Prancis dan menjanjikan imbalan sejumlah 1 juta Franc kepada siapapun yang berhasil menemukannya.

Burung hantu emas
Burung Hantu Emas
Untuk membantu menemukannya, Valentin membuat 11 petunjuk. Namun hingga saat ini belum juga ada yang berhasil menemukan harta karun tersebut.

Hingga Valentin meninggal pada tahun 2009, belum ada kejelasan apakah burung emas tersebut masih disembunyikan atau tidak. Tapi dalam sebuah wawancara pada tahun 1997 Valentin menyatakan bahwa ia secara berkala selalu memeriksa tempat penyimpanan burung hantu tersebut untuk memastikan keberadaannya.

5. Harta Karun Kruger

Stephanus Johannes Paulus Kruger adalah presiden Afrika Selatan yang ketiga. Ia memerintah selama 17 tahun dari tahun 1883 hingga 1900. Sebelum masa pemerintahannya resmi berakhir, Perang Boer II terjadi di Afrika Selatan yang memaksanya melarikan diri ke luar negeri.

Harta karun Paul Kruger
Harta karun Paul Kruger. image source
Dalam pelariannya, Kruger turut membawa sejumlah harta dalam jumlah besar. Ia pergi ke Eropa beserta seluruh hartanya. Penyelidikan di Afrika Selatan beberapa waktu kemudian mengungkapkan bahwa disana telah terjadi pencurian harta pemerintah sejumlah 1,5 juta Poundsterling yang dilakukan sedikit demi sedikit selama beberapa bulan.

5 tahun setelah pelarian Kruger, seseorang bernama John Holtzhausen mengungkapkan bahwa ia telah dibayar untuk mengubur sejumlah emas di daerah utara Leydsdorp. Holtzhausen juga mengatakan bahwa ia adalah anggota tim terakhir yang selamat.

Kemudian pada tahun 2001, sebuah keluarga dari suku Zulu di Ermelo, Afrika Selatan mengaku telah menemukan beberapa keping emas yang hilang. Dan tidak lama sebelum ini, seorang pria di Afrika Selatan mengaku menemukan harta di dasar Emmarentia Dam.

Berdasarkan cerita tersebut dewan kota Ermelo berkesimpulan bahwa harta curian tersebut disembunyikan di tiga tempat berbeda. Namun hingga kini belum ada bukti kuat yang mendukung cerita tersebut.

0 comments:

Post a Comment