Hari Buruh 1 Mei 2017 Diwarnai Aksi Bakar Karangan Bunga Ahok Djarot


Peringatan hari buruh tahun 2017 ini diwarnai dengan aksi pembakaran karangan bunga Ahok-Djarot. Sejumlah karangan bunga dibakar pada pukul 12.30 WIB hari Senin (1/05/2017), sebagaimana dilansir Detik.

Karangan bunga Ahok Djarot Dibakar - Poskota
Karangan bunga Ahok Djarot yang berjejer di sepanjang jalan Medan Merdeka Selatan dibakar tepat di depan balai kota. Api terlihat membumbung tinggi dari tumpukan karangan bunga yang dibakar tersebut dan menyebabkan asap hitam.

Sekjen FSP LEM PDI DKI, Idrus, berorasi dari atas mobil komando. Ia menyampaikan bahwa aksi pembakaran tersebut untuk membersihkan Balai Kota dari karangan bunga dan bersedia bertanggung jawab atas aksi tersebut.

"Kita lihatkan sama Ahok bahwa kita membersihkan Jakarta. Siapa yang mau tangkap, tangkap saya sekarang. Saya yang bertanggung jawab. Biar tau bahwa DKI ini harus dibersihkan." Kata Idrus di atas mobil komando.

Polisi dan petugas Satpol PP tidak bisa berbuat banyak, mereka hanya menyaksikan pembakaran tersebut. Beberapa saat setelah kejadian, petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api. Petugas Satpol PP dan pasukan orange membersihkan sisa karangan bunga yang terbakar.

Hampir terjadi keributan saat petugas berusaha memadamkan api. Hal itu karena asap saat pemadaman mengepul ke arah buruh. Merasa petugas sengaja melakukan hal itu, buruh merasa marah. Namun kemarahan itu dapat diredam oleh sejumlah petugas Satpol PP dan beberapa orang buruh.

Mereka memberikan tenggat waktu tiga hari kepada petugas Balai Kota untuk membersihkan semua karangan bunga baik yang terdapat di halaman maupun di luar area Balai Kota. Jika dalam waktu tersebut belum juga dibersihkan, mereka mengancam akan melakukan hal yang sama. 

Seorang buruh bernama Ikhsan menyatakan bahwa aksi pembakaran tersebut merupakan aksi spontan yang tidak direncanakan sebelumnya. "Ini aksi spontan saja, ngga tau siapa yang memulai." tuturnya.

Balai kota hari ini ditutup terkait dengan adanya aksi buruh dalam peringatan hari buruh internasional ini. "Ditutup karena ada aksi unjuk rasa, buat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan." Ungkap anggota Satpol PP, Tahjuddin, di lokasi.

Di pintu gerabang Balai Kota dipasang papan pengumuman bertuliskan 'Mohon maaf untuk sementara Balai Kota ditutup untuk umum."

Hari buruh sedunia diperingati setiap tanggal 1 Mei dan dikenal sebagai May Day. Di beberapa negara termasuk Indonesia, hari ini dijadikan hari libur nasional. Peringatan ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

Indonesia mulai memperingati hari buruh sejak tahun 1920. Namun pada masa pemerintahan orde baru, peringatan hari buruh ditiadakan dengan alasan bahwa gerakan buruh terkait dengan paham komunis.

Setelah orde baru berakhir peringatan hari buruh mulai kembali dirayakan oleh para buruh se-indonesia yang turun ke jalan. Sejak tahun 2014 hari buruh ditetapkan sebagai hari nasional.

0 comments:

Post a Comment