5 Prototype Teknologi Masa Depan Yang Sudah Tersedia Saat Ini


Teknologi diciptakan untuk menjadikan kehidupan manusia terasa lebih mudah dan nyaman. Perkembangan teknologi dari hari ke hari terjadi secepat kilat, penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk memenuhi keinginan umat manusia.

Dunia telah mengalami perubahan, jika jaman dahulu para pemilik lahan yang berkuasa maka berbeda halnya dengan sekarang. Di jaman modern ini mereka yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi lah yang dapat berkuasa.

Anda para penggemar film science fiction tentunya seringkali melihat berbagai teknologi menakjubkan. Di film-film itu diceritakan bahwa di masa depan Anda akan dimanjakan oleh berbagai teknologi di berbagai bidang.

Namun tahukah Anda bahwa sebagian dari berbagai teknologi yang diceritakan dalam film-film tersebut sebenarnya sudah ada di jaman sekarang? Berikut ini adalah 5 teknologi masa depan yang dapat ditemukan saat ini.

1. Jubah Menghilang, Meta Material

Meta Mateial, Jubah Tembus Pandang
Hanya beberapa tahun lalu para ilmuwan tidak percaya dan bahkan menyangkal keberadaan suatu material yang dapat membuat tubuh manusia menghilang tak terlihat. Mereka beranggapan bahwa hal tersebut mustahil karena berarti melanggar semua hukum alam yang diketahui manusia.

Tetapi ternyata mereka salah. tiba-tiba saja banyak yang menbicarakan tentang Meta Material. Bahan itu dapat membuat suatu benda menjadi tak terlihat atau dengan kata lain seperti menghilang. Seseorang yang memakai baju atau jubah yang terbuat dari bahan ini dapat menghilang.

Ini merupakan penemuan besar yang cukup mengagetkan para ilmuwan di dunia. Jika dipakai pada pesawat tempur maka bukan saja akan menciptakan pesawat tak terdeteksi radar tetapi juga benar-benar tidak terlihat.

Cara kerja bahan metamaterial ini adalah dengan membelokkan cahaya, mengelilingi objek yang diselimuti bahan tersebut dan berkumpul lagi di ujungnya seperti air sungai mengalir yang mengelilingi sebuah batu.

Saat ini memang jubah tersebut tidak sepenuhnya transparan karena masih ada nuansa warna tertentu. Tapi bukan tidak mungkin bahwa suatu saat nanti orang-orang tertentu dapat mengenakan jubah seperti ini layaknya Harry Potter.


2. Printer 3D

Printer 3D
Printer yang kita kenal layaknya digunakan untuk mencetak hasil kerja komputer kita. Cetakan yang dihasilkan pun merupakan tinta yang tertuang di permukaan kertas. Beberapa tahun ke belakang Anda hanya dapat membayangkan akan ada printer yang dapat mencetak gambar 3 dimensi. Dengan printer tersebut Anda akan mencetak gambar 3D apapun dari komputer.

Ternyata tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk Anda dapat menggunakan printer tersebut. saat ini printer 3D sudah ada dan dapat digunakan. Asapscience mengatakan bahwa dengan alat tersebut maka siapapun dapat menciptakan segala macam bentuk.

Teknologi ini dapat diterapkan di berbagai bidang. Di bidang otomotif, seorang engineer dapat mendesain komponen tertentu dan mencetaknya dalam wujud 3 dimensi, Tentu hal ini akan mempermudahnya untuk melakukan presentasi.

Sedangkan di bidang kesehatan, seorang dokter spesialis tulang akan mengetahui kerusakan tulang dengan lebih mudah dan mendapat solusi terbaik tentang bagaimana sebaiknya kerusakan tersebut diperbaiki.

3. Komputer Quantum

Komputer Quantum
Komputer ini memiliki kecepatan ribuan kali lipat dibandingkan komputer tercepat manapun bahkan dari IBM Roadrunner di Los Alamos yang kecepatannya mencapai 1.7 petaflops dimana 1 petaflop = 10^15 operasi per detik.

Dalam uji coba yang dilakukan terhadap komputer ini, para ahli mencoba memecahkan kode kriptografi dengan digit mencapai 140. Komputer biasa akan memerlukan waktu hingga milyaran tahun, tetapi Komputer Kuantum dapat memecahkannya hanya dalam hitungan menit saja.

Begitulah kedahsyatan sebuah komputer kuantum, yang diciptakan memakai fenomena dunia kuantum yaitu Superposition dan Quantum Entanglement.

4. Digital Personal Assistant

Digital Personal Assistant
Pernahkah Anda menonton film Iron Man? Tentu Anda ingat asisten pribadi Tony Stark yang bernama Jarvis. Dalam film tersebut Jarvis sangat membantu sepak terjang Iron Man dalam mengalahkan lawan-lawannya. Berbagai kegiatan Tony Stark sangat dibantu dengan kehadiran Jarvis.

Jarvis adalah sebuah robot yang tidak berwujud namun memiliki kecerdasan buatan, nah prototype semacam Jarvis saat ini sudah hadir di dunia nyata. Asisten pribadi ini dapat Anda temukan dalam smartphone. Smartphone Android memiliki Google Now, iOS memiliki Siri, dan Windows memiliki Cortana.

Ketiga asisten pribadi tersebut cukup membantu penggunanya dimana mereka dapat diajak berbicara layaknya Tony Stark berbicara dengan Jarvis. Anda dapat bertanya apapun kepada mereka dan mereka akan menjawab dengan cepat. Untuk melakukan hal ini tentu saja smartphone Anda harus terhubung dengan internet.

5. AeroMobil 3.0

Mobil terbang
 AeroMobil adalah teknologi mobil yang dapat terbang, yang merupakan perpaduan antara pesawat terbang dengan mobil. Aeromobil team di Bratislava, Slovakia, telah mengambangkan prototype kendaraan ini selama bertahun-tahun.

Mobil ini dapat berubah bentuk menjadi sebuah pesawat terbang dengan mengembangkan sayapnya. Sejauh ini ada 4 versi Aeromobil yang dikembangkan yaitu V 1.0, V 2.0, V 2.5, dan V 3.0.

Tujuan Aeromobil team menciptakan kendaraan ini bukanlah untuk menggantikan fungsi mobil pada umumnya, melainkan untuk penggemar penerbangan sehingga mereka dapat menghemat biaya dan mampu menyimpan mesin terbang ini di garasi rumah.

Seperti kendaraan roda empat pada umumnya, Aeromobil 3.0 yang berbahan bakar bensin ini dapat menempati ruang parkir umum. Ketika digunakan dapalam bentuk pesawat, kendaraan ini dapat menggunakan bandara umum di seluruh dunia.

Aeromobil juga dapat lepas landas atau mendarat menggunakan jalur rumput atau permukaan beraspal panjang dengan jarak beberapa ratus meter.

0 comments:

Post a Comment