Ingin Menikmati Keindahan Pantai? Yuk Jalan-jalan ke Maladewa


Maldives atau Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudera Hindia. Negara ini terkenal karena tidak ada satupun negara di wilayah Asia Selatan yang dapat menyamai keunikannya dari sisi geografi dan topografi.

Komandoo Maldives Resort
Maladewa terdiri dari 26 atol, yaitu pulau koral yang mengelilingi sebuah laguna. Atol-atol tersebut terdiri dari 20 atol administratif dan 1 kota. Negara ini merupakan yang terkecil dari negara-negara di kawasan Asia. Sehingga tidak heran bahwa jumlah penduduknya pun paling sedikit.

Maladewa juga merupakan negara dengan permukaan tanah paling rendah di Asia dimana rata-rata ketinggian tanah di kawasan tersebut adalah 1,5 meter di atas permukaan laut.

Di Maladewa tidak terdapat daerah pegunungan sama sekali. Puncak tertinggi yang ada di negara tersebut hanya memiliki ketinggian 2,3 meter di atas permukaan laut. Karena itulah negara ini juga tercatat sebagai negara yang memiliki puncak tertinggi paling rendah di dunia.

Sektor perekonomian Maladewa hanya bergantung pada dua jenis yaitu pariwisata dan perikanan. Negara ini terkenal memiliki banyak pantai yang indah dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Kurang lebih 700.000 wisatawan mancanegara berkunjung ke negara ini setiap tahunnya.

Sektor perikanan juga menyumbangkan pendapatan yang cukup besar bagi negara ini. Maladewa mengekspor berbagai jenis ikan ke negara lain seperti Jepang, Srilanka, Thailand, dan Amerika Serikat. Dari berbagai jenis ikan tersebut, 90% merupakan ikan tuna yang terdiri dari ikan tuna segar, tuna asin, tuna beku, dan tuna kaleng.

Sejarah

Sejarah berdirinya negara ini juga cukup menarik. Menurut legenda setempat, seorang pangeran Sinhalese bernama Koimale terdampar di Kepulauan Maladewa bersama pasangannya yang merupakan seorang putri dari Raja Srilanka. Kemudian ia menetap disana sebagai Sultan.

Setelah itu selama berabad-abad kepulauan ini mendapat kunjungan dari para pelaut Arab dan India. Pada abad ke-16 bangsa Portugis menjajah kepulauan ini selama 15 tahun (1558-1573) sampai akhirnya Muhammad Tahkurufar Al Azam berhasil merebutnya kembali.

Muhammad Takhurufar Al Azam (wafat pada 26 Agustus 1585) sebelumnya adalah seorang kapten kapal dan ahli strategi militer. Ia ditetapkan sebagai pahlawan nasional Maladewa karena telah mengusir Portugis yang menjajah negara tersebut. Hari kemenangannya ditetapkan sebagai hari nasional Maladewa.

Tempat Menginap

Bagi wisatawan yang ingin melancong ke Maladewa, saat ini sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelum tahun 2009. Pada waktu itu turis yang ingin berlibur ke sana hanya boleh menginap di resort-resort. Tarif menginap di resort tersebut bukan main mahalnya, tidak ada yang di bawah 10 juta rupiah per malam.

Maldives Resort
Rata-rata resort tersebut memasang tarif belasan juta rupiah bahkan ada yang memasang tarif 50 juta rupiah untuk menginap selama 2 malam.

Namun sejak tahun 2009 hingga kini pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yang memperbolehkan pulau-pulau non-resort untuk menerima turis asing. Karena itulah kini banyak guesthouse bermunculan di pulau-pulau lokal disana dan tentu saja harganya jauh lebih terjangkau.

Peraturan Untuk Turis

Maladewa adalah sebuah negara yang penduduknya menganut agama Islam yang taat. Turis yang ingin masuk ke Maladewa harus mengikuti aturan larangan membawa barang-barang tertentu seperti: Narkotika, barang yang mengandung unsur pornografi, barang untuk pemujaan, babi dan makanan/barang yang mengandung babi, alkohol, anjing, senjata api, dan bahan kimia.

Transportasi

Karena Maladewa merupakan negara kepulauan maka alat transportasi utama yang digunakan adalah kapal ferry. Sedangkan untuk bepergian di darat, turis dapat menggunakan taksi dan bis.

Pengunjung dapat pergi ke pulau-pulau lokal menggunakan kapal ferry. Salah satu pulau yang paling direkomendasikan adalah Pulau Maafushi. Pantai yang berada di pulau ini sangat cantik, airnya betul-betul jernih dan pantainya dangkal hingga puluhan meter ke depan.

Pulau Maafushi
Pulau Maafushi juga menyediakan berbagai hotel yang menawarkan kenyamanan menginap, alat snorkel, dan sarapan buffet.

Pulau yang direkomendasikan selanjutnya adalah Pulau Gulhi. Pulau kecil ini lebih sepi dibandingkan dengan Pulau Maafushi namun memiliki pantai yang lebih indah. Di pulau ini juga belum terlalu banyak penginapan, restoran ataupun toko souvenir. Namun jika Anda lebih menyukai pantai yang sepi dan terkesan privat, pantai ini lebih cocok untuk dijadikan sebagai pilihan.

Aktivitas di Maladewa

Kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di Maladewa? Karena merupakan kepulauan maka tentu saja kegiatan yang dapat kamu lakukan disini adalah yang berhubungan dengan air. Disini kamu bisa snorkeling di pantai, snorkeling di home reef, sewa kayak, diving, piknik ke pulau resort, paddle boarding, berenang, dan lain-lain.

Snorkeling
Pihak hotel pun menawarkan aktivitas lain yang juga sangat menarik seperti menonton ikan lumba-lumba, memancing di malam hari, melihat paus pembunuh, dan banyak lagi.

Makanan di Maladewa tentu saja tidak jauh dari sejenis seafood. Menu yang disuguhkan biasanya terdiri dari chapatti dan curry. Untuk sarapan, makanan khas lokal yang disediakan biasanya berupa mas huni, yang merupakan ikan tuna, bawang bombay, cabe, serta parutan kelapa yang dicincang halus dan diaduk rata.

0 comments:

Post a Comment