15 Tempat Wisata Di Jepang Yang Wajib Anda Kunjungi


Jepang adalah salah satu negara maju di dunia. Negara yang disebut juga Negeri Sakura ini telah menghasilkan berbagai produk yang tersebar di seluruh dunia dimulai dari kendaraan roda, alat berat, dan bermacam perangkat elektronik.

Tidak hanya terkenal dalam teknologi dan perekonomian, sektor pariwisata Jepang juga dari dulu sangat menarik bagi wisatawan manca negara termasuk Indonesia.

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Jepang, berikut ini adalah 15 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi:

1. Okinawa Churaumi Aquarium


Okinawa Churaumi terkenal sebagai aquarium terbaik di Jepang. Daya tarik utama di tempat wisata ini adalah Kuroshio Tank, yaitu sebuah akuarium raksasa dimana pengunjung dapat menyaksikan kehidupan laut melalui sebuah terowongan yang tersedia.

Selain itu di tempat ini juga terdapat kolam luar ruangan yang menghadirkan pertunjukan binatang laut seperti singa laut dan lumba-lumba.

Jika kamu tertarik, ini alamatnya: 424 Ishikawa, Motobu, Kunigami District, Okinawa Prefecture 905-0206.

2. Gunung Fuji


Nama Gunung Fuji tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Gunung dengan tinggi 3.776 meter ini adalah gunung tertinggi dan paling terkenal di Jepang. Gunung yang terletak di antara Yamanashi dan Shizuoka ini dapat dilihat dari Tokyo dan Yokohama jika cuaca sedang cerah.

Keindahan Gunung Fuji dapat dilihat lebih jelas dengan cara naik kereta antara Tokyo dan Osaka. Untuk menikmati keindahan Gunung Fuji dari dekat, Anda dapat mendakinya. Di kawasan gunung ini terdapat lima danau indah di atas ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut. Nama kelima danau tersebut adalah Yamanakako, Motosuko, Saiko, Shojiko, dan Kawaguchiko.

Anda juga dapat melepas lelah dengan beristirahat di rest area Fujigoko yang menyediakan resort, camping ground, kolam pemancingan, museum dan pemandian air hangat.

3. Tokyo Disneyland


Seperti halnya konsep Disneyland yang berada di berbagai negara lain, konsep Disneyland di Jepang juga tidak berbeda. Di Tokyo Disneyland, Anda dapat menikmati berbagai wahana permainan dengan tema film-film yang diproduksi Walt Disney.

Tempat Wisata ini merupakan Disneyland pertama yang dibangun di luar Amerika Serikat pada tahun 1983. Tokyo Disneyland terbagi dalam 7 area utama yaitu Tomorrowland, Toontown, Adventureland, Westernland, Fantasyland, Critter Country, dan World Bazaar dengan ciri khas masing-masing.

Toontown dirancang untuk pengunjung yang membawa anak. Disini anak-anak akan memasuki kota para karakter kartun Disney. Mereka dapat bermain diatas perahu Donald Duck atau memasuki rumah Mickey Mouse.

Jika ingin berbelanja, pengunjung dapat mengunjungi World Bazaar. Zona ini terletak di dekat pintu masuk sehingga dangat mudah ditemukan. Selain berbelanja, di sini Anda juga dapat berwisata kuliner. Bangunan World Bazaar ini didesain menyerupai bangunan Amerika pada awal abad ke-20.

Berminat mengunjungi tempat ini? Ini dia alamatnya: 1-1 Maihama, Urayasu, Chiba Perfecture, 279-0031.

4. Golden Pavilion



Salah satu tempat wisata yang paling menarik di Jepang adalah Golden Pavilion. Bangunan ini adalah sebuah kuil Budha yang pernah dipakai sebagai tempat peristirahatan Ashigaka Yoshimitsu setelah menginjak masa pensiun.

Sesuai dengan namanya, dinding bangunan kuil Golden Pavilion ini berwarna emas. Dengan arsitektur kuno khas Jepang, sangat disayangkan jika Anda melewatkan tempat ini. Selain menikmati pemandangan indah, disini juga Anda dapat menikmati teh panas di tea garden.

Lokasi Golden Pavilion terletak di 1 Kinkachujiko, Kita Ward, Kyoto, Kyoto Prefecture 603-8361.

5. Kebon Binatang Zoorasia



Zoorasia adalah salah satu tempat wisata Jepang yang harus Anda kunjungi. Tempat wisata ini semacam kebun binatang dengan koleksi berbagai spesies binatang dari seluruh dunia. Kebun binatang ini adalah yang terbesar di Jepang.

Kawasan wisata ini terbagi menjadi beberapa zona yaitu Japanese Countryside, Surbatic Forest, Asian Tropical Forest, Amazon Jungle, dan lain-lain. Binatang yang menjadi favorit pengunjung kebun binatang Zoorasia ini diantaranya gajah, beruang kutub, dan beruang hitam.

Di kawasan ini juga tersedia restoran untuk Anda berwisata kuliner khas Zoorasia. Selain itu tersedia taman bermain untuk anak-anak dengan konsep satwa.

6. Disneysea



Disneysea merupakan kawasan yang tidak terpisahkan dari Disneyland. Perbedaannya adalah di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai wahana bertema air.

Tokyo Disneysea dibagi menjadi tujuh zona utama yaitu Mysterious Island, Mermaid Lagoon, Arabian Coast, Lost River Delta, Port Discovery, Meditteranean Harbor, dan American Waterfront.

Zona yang paling menarik di kawasan ini adalah Meditteranean Harbor dimana Anda akan diajak berkeliling menggunakan perahu semacam gondola yang ada di Venice, Italia. Sedangkan untuk Anda yang mempunyai jiwa petualang maka disarankan untuk berkunjung ke Arabian Coast. Di tempat ini Sinbad akan memandu Anda menjelajah istana dan laut di sekitarnya.

Disneysea terletak di 1-13 Maihama, Urayasu, Chiba Prefecture, 279-0031.

7. Menara Tokyo



Menara yang menjadi ikon kota Tokyo ini sebenarnya berfungsi sebagai menara komunikasi, namun selain itu juga menjadi salah satu destinasi wisata Jepang yang tidak boleh dilewatkan.

Pada malam hari, seluruh bagian menara akan diterangi lampu yang menambah keindahannya. Wisatawan dapat memanjat menara untuk melihat pemandangan kota Tokyo yang indah. Berbagai pertokoan, gedung pencakar langit, apartemen dan rumah penduduk dapat terlihat dari puncak menara.

8. Bangunan Sejarah Kastil Himeji



Mengunjungi Jepang tentu kurang menarik tanpa mengunjungi bangunan-bangunan bersejarahnya. Salah satu bangunan bersejarah di Jepang adalah Kastil Himeji. Kastil ini dulu dibuat untuk melawan musuh pada jaman feodal. Sejak itu selama berabad-abad kastil ini mengalami beberapa kali renovasi yang mencerminkan periode desain yang berbeda-beda.

Beruntung kastil ini selamat dari pemboman pada masa perang dunia kedua sehingga masyarakat dunia kini dapat menikmati keindahannya. Kastil ini sering dijadikan tempat syuting berbagai film baik film lokal maupun Hollywood. Salah satu film Hollywood yang berlatarkan kastil ini adalah film James Bond: "You Only Live Twice".

Hingga sekarang kastil ini selalu ramai wisatawan yang berkunjung untuk menikmati kemegahan bangunan serta pemandangan sekitarnya.

9. Ueno Park


Jepang memang terkenal akan bunga Sakuranya yang indah. Ketika musim semi tiba, taman-taman bunga akan dipenuhi bunga sakura yang bermekaran. Salah satu taman bunga yang terkenal di Jepang adalah Ueno Park.

Jika berlibur antara bulan Maret dan Mei ke Jepang, maka di taman ini Anda akan menikmati pemandangan yang menakjubkan. Anda akan melihat banyak sekali wisatawan lokal yang melakukan Hanami, yaitu piknik sambil menikmati pemandangan bunga Sakura.

10. Universal Studios Jepang


Universal Studios Japan terletak di Osaka. Kawasan wisata ini menyuguhkan berbagai hiburan mulai dari atraksi perfileman Hollywood, bioskop 2D, 3D, dan 4D. Selain itu juga Anda dapat berjalan-jalan di suatu zona yang sangat mirip dengan latar sebuah film.

Anda akan sangat menikmati film 4D yang disajikan disini. Jika menonton film 3D sangat menyenangkan untuk Anda karena terlihat sangat nyata, maka film 4D akan lebih menyenangkan lagi. Anda akan merasakan guncangan, hembusan angin, dan lain-lain.

11. Jigokudani Monkey Park


 Jigokudani Monkey Park adalah salah satu kawasan wisata favorit di Jepang. Tempat ini merupakan kawasan sumber air panas alami. Daerah yang menjadi tujuan para pelancong dari mancanegara ini terkenal akan populasi monyet salju liar yang pergi ke lembah setiap hari.

Secara harfiah, Jigokudani sendiri berarti "Lembah Neraka". Dinamakan demikian karena uap dan airnya yang mendidih dan mengeluarkan gelembung tanah beku, dikelilingi tebing curam, dan hutan yang dingin.

Setiap hari sepanjang tahun pengunjung dapat melihat kawanan monyet yang berendam disini. Setiap hari kawanan monyet tersebut akan turun dari tebing dan hutan untuk duduk di air kolam pemandian yang hangat dan akan kembali ke hutan pada malam hari.

Meskipun Anda dapat melihatnya kapanpun sepanjang tahun, namun waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah ketika musim salju yaitu antara Desember - Maret. Salju yang berada di sekeliling kolam pemandian akan membuat pemandangan menjadi lebih indah. Anda yang memiliki hobi fotografi pun akan mendapatkan hasil foto yang lebih mengagumkan. 

12. Kuil Todaiji


Kuil Todaiji adalah salah satu bukti kemajuan arsitektur Jepang sejak jaman dulu. Bangunan ini tercatat sebagai bangunan kayu terbesar di dunia. Selain itu juga bangunan ini merupakan rumah terbesar di dunia untuk patung Buddha perunggu.

Bangunan ini juga menjadi pusat sekolah Kegon Buddhisme karena dianggap memegang peranan penting bagi sejarah artefak Jepang dan Buddha.

Di kawasan ini pengunjung dapat melihat rusa yang berkeliaran di taman. Hewan ini memang diizinkan untuk berkeliaran di sekitar kuil karena dianggap sebagai utusan Dewa Shinto.

13. Pagoda Chureito


Pada foto-foto yang mengambil gambar Gunung Fuji mungkin Anda pernah melihat adanya sebuah bangunan megah yang berada diantara kerimbunan bunga sakura. Bangunan tersebut adalah Pagoda Chureito.

Untuk mencapai pagoda ini, pengunjung harus menempuh ratusan anak tangga. Memang akan sangat melelahkan, namun ketika sampai di tempat tersebut percayalah bahwa hasilnya sangat sepadan dan kelelahan Anda akan terbayar lunas.

14. Fuji-Q Highland Amusement Park


Apakah Anda pernah menunggang wahana Halilintar di Dunia Fantasi? Bagi Anda yang merasa bahwa wahana tersebut kurang menantang dan ingin merasakan sensasi menunggang salah satu roller coaster tercepat di dunia, datanglah ke kawasan wisata Fuji-Q Highland.

Taman bermain yang berada di kawasan Lima Danau Fuji di kaki Gunung Fuji ini berawal dari sebuah ring ice-skating bernama Fuji Goko Kokusai Skate Center yang dibuka pada tahun 1961.

Kemudian pada tanggal 7 Juli 1964 pemerintah membuka stasiun kereta Highland Jalur Fujikyuko, dan nama tempat wisata ini pun diganti menjadi Fujikyu Highland.

Seiring perkembangannya, di taman ini dibangun berbagai wahana seperti roller coaster dengan kecepatan maksimal 172 km/jam, atraksi dengan tema Gundam dan Evangelion, serta kawasan bermain anak Thomas The Tank Engine.

15. Bangunan Bersejarah Kuil Senso-Ji


Salah satu bangunan bersejarah di Jepang yang sayang untuk dilewatkan adalah kuil Senso-Ji. Kuil yang juga dikenal sebagai kuil Kannon Asakusa dan terletak di Asakusa ini ramai dikunjungi para peziarah pada hari libur.

Bangunan megah dan indah ini memiliki warna dominan merah dan dikelilingi lampion-lampion yang bergelantungan di sekelilingnya.

Di kuil ini para peziarah juga dapat mengikuti ramalan yang terkenal dengan keakuratannya. Selain itu juga pengunjung dapat memperoleh jimat yang berguna untuk mendapat jodoh.

Di kawasan wisata ini juga banyak terdapat penjual souvenir yang berjejer sepanjang Nakamise Shopping Street. Di jalan sepanjang kurang lebih 250 meter ini pengunjung dapat membeli berbagai oleh-oleh khas Jepang.


0 comments:

Post a Comment