Penemuan 7 Planet Baru Oleh Nasa, 3 Planet Layak Dihuni


101dunia - Beberapa hari lalu Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan bahwa mereka telah menemukan 7 planet baru seukuran Bumi, 3 di antaranya layak huni. Penemuan itu dinamakan Exoplanet yang berarti planet-planet yang berada di luar tata surya.

(NASA/JPL-Caltech)
Berbagai pihak menilai bahwa penemuan ini merupakan penemuan paling mengagumkan dalam sejarah penelitian tata surya.

NASA mengungkapkan bahwa bintang tunggal bernama TRAPPIST-1 yang dikelilingi ketujuh planet ini berjarak 39 tahun cahaya dari Bumi atau setara 44 juta tahun kecepatan pesawat komersil.

Penemuan ini menjadi rekor baru dalam hal jumlah temuan planet layak huni di luar sistem tata surya selama ini. Pertama kalinya dalam sejarah, ditemukan banyak planet seukuran bumi di sekitar bintang yang sama.

Diameter TRAPPIST-1 diperkirakan sekitar 8% lebih kecil dibandingkan matahari, karena itu planet-planet seukuran bumi yang mengitarinya terlihat lebih besar. 

Karena bintang tunggal tersebut berukuran kecil dan lebih dingin dari matahari, maka planet yang layak untuk ditinggali makhluk hidup adalah yang mengorbit paling dekat dengannya. Dan 3 planet yang diperkirakan layak huni memang berada di jarak paling tepat untuk keberadaan air.

Walaupun jika nantinya diketahui bahwa tidak ada tanda kehidupan di sana, exoplanet dan TRAPPIST-1 masih bisa berevolusi.

Thomas Zurbuchen dari NASA mengungkapkan bahwa penemuan ini bisa menjadi bagian penting dari teka-teki dalam menemukan lingkungan layak huni, tempat-tempat yang kondusif untuk kehidupan.

Ketujuh planet asing ini ditemukan oleh teleskop Spitzer milik NASA dengan sejumlah teleskop lain yang ada di Europian Souther Observatory. Selain itu mereka juga mereka juga menggunakan teleskop robotik.

Teleskop Spitzer adalah teleskop infra merah yang mengikuti bumi saay mengitari matahari. Menurut para ahli, teleskop ini sesuai untuk mengamati TRAPPIST-1 karena formasi exoplanet tersebut memiliki cahaya paling terang jika diamati dengan modus cahaya infra merah. 


0 comments:

Post a Comment