Kehebohan Menjelang Kedatangan Raja Salman Arab Saudi Ke Indonesia


101dunia - Indonesia sedang dihebohkan oleh rencana kedatangan Raja Arab Saudi beberapa hari yang akan datang. Kedatangan Baginda Raja Salman Bin Abdulaziz Al Saud ini sangat istimewa karena kunjungan terakhir pemimpin Arab Saudi ke Indonesia pada tahun 1970.

Image Source: SINDONews
Selain itu kunjungan kali ini juga mengundang kehebohan tersendiri. Karena selain diringi rombongan 1.500 orang termasuk 10 menteri dan 25 pangeran, raja juga turut membawa berbagai fasilitas perlengkapan seperti kendaraan bahkan tangga untuk turun dari pesawat.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, agenda kenegaraan akan berlangsung dari tanggal 1 Maret hingga 3 Maret 2017. Setelah itu pada tanggal 4 hingga tanggal 9 Maret rombongan raja akan berkunjung ke Bali untuk beristirahat.

Kedatangan Raja Salman ini dalam rangka memenuhi undangan dari Presiden Republik Indonesia yang sebelumnya telah berkunjung terlebih dahulu ke Arab Saudi pada tahun 2015 lalu.

Selain untuk meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara, ada beberapa kerjasama yang rencananya akan diwujudkan di antaranya kerjasama investasi kerajaan Arab Saudi melalui perusahaan pertambangan mereka yaitu Aramco sebesar  USD 6 Milyar.

Kemudian ada beberapa proyek lain yang akan ditandatangani pada pertemuan itu dengan nilai keseluruhan kurang lebih USD 1 Milyar. Presiden Indonesia berharap bahwa pada pertemuan itu Saudi Arabia dapat berinvestasi di Indonesia dengan nilai keseluruhan hingga mencapai USD 25 Milyar.

Kerjasama dalam bidang penanggulangan terorisme juga dilakukan kedua negara. Arab Saudi memberikan kontribusi dengan memberi santunan bagi anggota Densus 88 yang gugur dalam tugas. Karena dianggap sebagai syuhada, anggota yang meninggal tersebut, keluarganya akan dihajikan sebanyak 5 orang per tahun.

Perlengkapan Rombongan

Perlengkapan yang dibawa rombongan kerajaan juga cukup membuat heboh. Pasalnya tidak seperti kunjungan pemimpin negara lainnya, Raja Salman membawa perlengkapan sendiri seperti tangga eskalator untuk turun pesawat dan kendaraan berupa Mercy tipe S600.

Manajemen Sausdi Arabia Airlines (SV), telah mempercayakan penanganan ground handling sepenuhnya kepada PT. Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS). Perusahaan ini akan melayani 20 penerbangan kerajaan yang dimulai tanggal 15 Februari 2017.

Tangga eskalator tersebut diangkut pesawat Saudi Arabian (SV 6854) yang telah mendarat terlebih dulu di Bandara Halim Perdanakusumah pada hari Selasa tanggal 21/02/2017. Kemudian pesawat itu meninggalkan Halim menuju Bandara Ngurah Rai untuk menurunkan kargo perlengkapan lain.

Dua unit Mercy S600 telah berada di Denpasar sejak tanggal 18 Februari lalu. Dua unit kendaraan yang menemani kunjungan raja Salman ini tentu saja memiliki fitur istimewa dibandingkan dengan unit sama yang dijual bebas di pasaran.

Sebagai kendaraan raja, kendaraan ini tentu memiliki ketahanan terhadap segala bentuk ancaman baik dari samping, atas, maupun dari bawah. Mercy S600 dibekali mesin V12 twin-turbo dengan kapasitas 5.980 cc. Dengan torsi puncak 830 Nm pada putaran 1.900 rpm, mesin sedan mewah ini dapat memuntahkan tenaga sebesar 530 dk. Kecepatan maksimalnya dibatasi secara elektrik yaitu pada 160 km/jam.

Jadwal Kunjungan Raja Salman Di Jakarta-Bogor 

Seluruh rangkaian pertemuan kedua pemimpin negara ini telah memiliki SOP yang meliputi pengamanan, logistik, kelayakan hotel, dan lain-lain. Kegiatan penyambutan Raja Salman akan dimulai dari Bandara Halim Perdanakusumah.

Presiden akan menyambut kedatangan Raja di bandara tersebut tepatnya di pintu pesawat. Kemudian kedua pemimpin negara akan bertolak ke Istana Bogor melalui tol Jagorawi.

Rangkaian acara akan dilakukan di Istana Bogor, termasuk agenda makan malam. Setelah itu Raja Salman akan kembali ke Jakarta untuk menginap. Jadwal pada hari berikutnya adalah pertemuan dengan pimpinan dan anggota DPR.

Setelah kunjungan ke Gedung DPR, raja juga akan bertemu dengan pimpinan Majelis Ulama Indonesia.
Dan sebelum akhirnya bertolak ke Bali, raja juga akan mengunjungi mesjid Istiqlal Jakarta.


Hotel Tempat Menginap Raja Di Bali

Selepas kunjungan kenegaraan di Jakarta-Bogor, Raja Salman akan menghabiskan waktu untuk berlibur di Bali. Raja mengucurkan dana yang sangat besar untuk rangkaian liburan tersebut. Selain menyewa 4 hotel mewah di kawasan Nusa Dua, Raja Salman juga menyewa ratusan unit kendaraan untuk rombongannya selama berlibur di Pulau Dewata.

Ratusan kendaraan yang disewa terdiri dari mobil mewah jenis Alphard dan Mercy. Selain itu kendaraan yang sudah dipesan juga sudah termasuk 20 bis dan 45 truk. Sebagian kendaraan tersebut didatangkan dari luar Bali dan saat ini seluruhnya sudah tiba di Bali.

Kawasan Nusa Dua Bali merupakan daerah wisata dengan berbagai hotel mewah standar dunia. Nama hotel tempat Raja Salman dirahasiakan demi privacy dan keamanan beliau. Namun diperkirakan bahwa raja akan menginap di Hotel The Saint Regis Bali Resort. Dibutuhkan waktu selama 30 menit untuk menempuh perjalanan dari Bandara Ngurah Rai menuju hotel ini.

Hotel yang sangat mewah tersebut menghadap langsung ke pantai dengan pemandangan yang teduh dan memiliki pasir putih. Kamar hotel ini terdiri dari beberapa tipe, St. Regis Suite seharga Rp5,3 juta hingga Rp5,9 juta per malam, Villa Rp13 juta, Grande Astor Presidential Suite Rp36 juta, dan The Strand Residence Rp73 juta.

Sumber:
- Tribunnews
- Viva

Baca juga: Wow!! Inilah Jumlah Kekayaan Raja Salman

0 comments:

Post a Comment