Tips Menghindari Produk Perawatan Kecantikan Berbahaya


101dunia - Saat ini masyarakat umum terutama para wanita sudah semakin memahami betapa berbahayanya krim kecantikan berbahan merkuri. Sudah banyak di antara mereka yang menjadi korban dari produk perawatan kulit tersebut.


Pemerintah pun tidak berhenti untuk terus berupaya menghimbau masyarakat agar waspada terhadap produk krim kecantikan yang saat ini beredar luas di pasaran. Selain itu pemerintah melalui aparat kepolisian kerap merazia sejumlah toko kosmetik atau klinik kecantikan yang menjual produk berbahaya ini.

Untuk mengelabui aparat, saat ini para penjual krim abal-abal tersebut kerap memakai cara lain untuk memasarkan produk kecantikan mereka. Cara yang dilakukan adalah dengan menjualnya melalui sistem online.

Modus yang umumnya mereka lakukan adalah membeli krim perawatan yang dijual secara kiloan dari supplier, kemudian mengemas ulang dengan kemasan tanpa merek atau bahkan diberi merek sendiri.

Setelah itu mereka memasarkannya melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Tidak jarang mereka juga membuat website yang khusus menjual berbagai produk perawatan kecantikan.

Pada umumnya masyarakat kelas menengah ke bawah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan, selain itu pada kasus tertentu efek dari krim abal-abal ini langsung terasa dimana wajah berubah menjadi kinclong dan nampak lebih putih dalam beberapa hari pemakaian.

Masyarakat yang belum mengerti tentu beranggapan bahwa produk tersebut luar biasa bagus, dan menganjurkan pemakaian kepada orang lain. Namun ketika pemakaian dilanjutkan dalam jangka panjang, barulah efeknya terasa.

Seringkali wajah konsumen malah berubah menjadi lebih kusam dibandingkan dengan sebelumnya. Bukan hanya itu, kadang muncul bintik-bintik seperti bekas gigitan nyamuk bahkan tumbuh jerawat. Ketika itu terjadi, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengembalikan kondisi wajah menjadi seperti semula malah lebih besar berkali-kali lipat dibandingkan harga pembelian krim abal-abal tersebut.

Untuk itu masyarakat harus dapat mengenali apakah sebuah produk perawatan wajah aman untuk digunakan atau tidak.

Cara untuk memastikan apakah sebuah produk aman untuk digunakan adalah dengan mengecek kebenaran tentang dokter peracik produk tersebut. Tidak jarang sebuah produk diakui sebagai produk racikan dokter oleh penjualnya.

Seringkali mereka menggunakan nama fiktif. Untuk mengetahui hal tersebut, konsumen dapat memastikannya dengan cara mengecek nama dokter tersebut di www.kki.go.id/cekdokter/form.


Website tersebut resmi milik pemerintah yang dibuktikan dengan akhiran .go.id yang artinya "government Indonesia", karena itu jika nama seorang dokter tidak tercantum di website ini dapat dipastikan ia adalah dokter abal-abal

Cara yang kedua adalah dengan mengecek produk di website BPOM (Badan Pengawas Obat Dan Makanan). Lembaga milik pemerintah ini tentunya tidak sembarangan dalam mengeluarkan izin atas sebuah prduk. Sebelum diberi izin, sebuah produk harus melewati berbagai tes dan uji bahan yang ketat.

Tujuan lembaga BPOM adalah untuk menghindarkan masyarakat dari produk-produk yang mengandung bahan berbahaya. Masyarakat yang ingin mengecek izin BPOM dari suatu merek produk dapat mengakses website http://cekbpom.pom.go.id.


Pencarian dapat dilakukan berdasarkan nomor registrasi, nama produk, merek, jumlah dan kemasan, bentuk sediaan, komposisi, atau nama pendaftar. Cobalah setiap kelompok pencarian sampai produk yang Anda maksud muncul. Jika tidak maka dapat dipastikan bahwa produk tersebut belum terdaftar.

Dengan melakukan dua hal di atas semoga akan membuat Anda terhindar dari produk-produk perawatan kulit berbahaya.

0 comments:

Post a Comment