Sadiq Khan, Walikota Beragama Islam Pertama London


101dunia - Seperti kita semua ketahui bahwa London adalah salah satu kota terbesar di Eropa Barat. Terletak di tenggara Inggris, London merupakan ibukota Inggris dan Britania Raya. Kota ini juga merupakan pusat keuangan terbesar di dunia.

Sadiq Khan, Walikota Beragama Islam Pertama London
Sadiq Khan
Sejak dahulu kota ini selalu dipimpin oleh seorang non-muslim, dan baru kali ini warga kota mempercayakan kepemimpinan London kepada Sadiq Khan, seorang muslim berdarah Pakistan.

Hasil pemungutan suara Kamis (05/05), memperlihatkan calon dari Partai Buruh ini meraih 56,8% suara sementara saingan terdekatnya Zac Goldsmith dari Partai Konservatif meraih 43,2% suara, dengan tingkat partisipasi 45,3% dari jumlah pemilih.

Khan lahir di London 46 tahun silam dan dibesarkan di sebuah rumah susun bersama 6 kakak dan adik perempuannya di daerah Tooting, London Selatan. Daerah ini dihuni oleh berbagai etnis, termasuk etnis Timur Tengah.


Sadiq Khan, Walikota Beragama Islam Pertama London
Rumah susun tempat Khan dibesarkan di Tooting
"Cerita saya adalah cerita tentang London. Ayah saya adalah seorang supir bus dan ibu saya penjahit. London memberikan saya kesempatan untuk berkembang, dari rumah susun dan menjalankan usaha yang berhasil dan menjabat di kabinet," kata Khan, anggota parlemen pihak oposisi, Partai Buruh, dalam situs resminya.

Khan berhasil memenangkan persaingan melawan Zac Goldsmith yang merupakan seorang Taipan. Zac yang berasal dari Partai Konservatif menuduh Khan terkait dengan ekstremisme Islam. Selain itu ia pun mendukung perkawinan sesama jenis, sikap yang membuatnya mendapatkan ancaman pembunuhan.

Khan berhenti dari pekerjaannya sebagai pengacara hak asasi manusia dan menjadi anggota parlemen Tooting pada tahun 2005. Pada tahun 2008 ia ditunjuk sebagai menteri komunitas sebelum menjadi menteri transportasi.  Khan merupakan menteri beragama Islam pertama yang menghadiri sidang kabinet di Inggris. 


Sadiq Khan, Walikota Beragama Islam Pertama London
Mesjid di Tooting, tempat Khan biasa beribadah
Sepak terjangnya dalam dunia politik telah dimulai sejak ia masih sangat muda. Khan bergabung dengan Partai Buruh pada usia 15 tahun dan pernah ditunjuk sebagai anggota majelis di daerah yang dikuasai Partai Konservatif di London yaitu Wandsworth pada tahun 1994.

Perdana Menteri David Cameron nampaknya kurang mendukung Khan dalam pemilihan Walikota London tersebut. Dalam tanya jawab di parlemen akhir April lalu, Perdana Menteri David Cameron mempertanyakan pertimbangan Khan untuk hadir dalam sebuah acara yang sama dengan Suliman Gani, seorang pria yang disebut mendukung gerakan negara Islam atau ISIS. 

Dalam acara tanya jawab itu juga Cameron menyatakan, "Saya khawatir tentang calon dari (Partai) Buruh, yang muncul lagi dan lagi dan lagi (dalam acara yang sama dengan Suliman Gani di daerah pemilihannya, Tooting)," sebelum diinterupsi oleh anggota partai buruh dengan teriakan, 'memalukan'.

Hasil pemilihan menunjukkan bahwa Khan unggul dengan selisih yang cukup besar dari Goldsmith, yang juga menuduhnya terkait dengan terorisme.


Sadiq Khan, Walikota Beragama Islam Pertama London
Pasar Tooting, tempat orang dari berbagai etnis berbelanja
Seorang anggota parlemen dari Partai Konservatif, Andrew Boff, mempertanyakan kampanye negatif Goldsmith yang mengaitkan dengan seorang radikal. Ia berpendapat bahwa pendekatan negatif seperti itu dapat merusak Partai Konservatif dengan berbagai komunitas di London.

Terpilihnya Sadiq Khan yang nota bene seorang muslim tentunya menunjukkan bahwa agama Islam semakin dipercaya oleh dunia, khususnya masyarakat London. Phobia yang mengkaitkan Islam dengan teroris nampaknya semakin memudar.

Dan bukan tidak mungkin hal ini akan menyebar ke kota-kota besar lainnya di seluruh Eropa bahkan dunia. 

0 comments:

Post a Comment