Sebelum Perang, Suriah Adalah Sebuah Negeri Yang Indah


101dunia - Sebuah video menunjukkan bahwa sebelum peperangan terjadi, Suriah merupakan negara yang indah dan damai. Kota-kota besar dipenuhi oleh para turis baik domestik maupun asing. Kedatangan mereka di Suriah bertujuan untuk menikmati keindahan negara tersebut yang penuh akan kisah sejarah kuno.

 Jalanan Damaskus Sebelum Perang

Video tersebut dibuat lima tahun lalu dan memperlihatkan Suriah yang sangat berbeda dibandingkan dengan sekarang setelah ISIS berkeliaran di jalanan kota-kota besar di negara tersebut. Seorang guru bernama Chris Vassbotn membuat video yang memperlihatkan berbagai tempat dimana para turis ramai berkunjung di antaranya monumen kuno dan situs-situs yang unik.

Saat ia berjalan-jalan pada malam hari di jalanan kota Damaskus, dalam klip video tersebut ia terdengar berkata, "Penduduk Suriah terlihat memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, terlihat dari pakaian dan cara pandang mereka tentang hidup."

"Sangat sekuler dan liberal dari cara berpakaian mereka." tambahnya.

Rekaman video tersebut menunjukkan baik pria maupun wanita dari segala usia bersama-sama menikmati suasana malam. Kebanyakan wanita tidak mengenakan busana muslim yang benar-benar tertutup. Namun tetap saja sekitar setengah dari mereka mengenakan jilbab.

Chris mengunjungi bangunan mesjid bersejarah di kota tersebut, sebelum ia berkunjung ke pusat umat Nasrani yang berlatar belakang suara lonceng gereja. 

Beberap saat kemudian ia berjalan di sisi jalanan yang sibuk dengan lalu lintas yang cukup padat. Saat itu terlihat bus-bus dan mobil-mobil mewah melaju di jalanan kota.

Ketika Chris berjalan ke arah sebuah bar, ia berkata, "Aku berada di surga, disini di kota tua Damaskus."

Video tersebut diakhiri dengan pemandangan sebuah reruntuhan kuno dan kalimat-kalimat yang mengungkapkan pemandangan yang menakjubkan tentang tepi padang pasir Suriah. 

Peperangan di Suriah memang sangat mengerikan, setiap hari korban sipil berjatuhan dalam jumlah yang luar biasa. Kota Damaskus yang tadinya merupakan kota indah, kini telah dihancurkan ratusan bom. Semua itu demi syahwat kekuasaan para penguasa dunia yang saling bertarung memperebutkan negara Timur Tengah yang kaya akan sumber daya alam. 

Bukannya segera diakhiri, konflik Suriah malah semakin menjadi-jadi dimana baru-baru ini Turki menembak jatuh jet tempur Rusia yang melanggar wilayah udaranya. Selain itu, Inggris pun saat ini sedang mengadakan voting untuk memutuskan apakah mereka akan melibatkan diri dalam konflik ini atau tidak. 

Berikut adalah video Suriah sebelum peperangan terjadi:



Mungkin benar prediksi para pengamat dunia, bahwa konflik Suriah berpotensi untuk memicu terjadinya perang dunia ketiga. Jika perang tersebut memang terjadi maka dapat dipastikan bahwa perang tersebut bukan lagi sebatas menggunakan senjata roket dan bom biasa tetapi menggunakan senjata nuklir yang nyata-nyata akan menghancurkan peradaban umat manusia.
 

0 comments:

Post a Comment