Penemuan Kapal Berisi Harta Karun Senilai Rp13,8 Trilyun


101dunia - Presiden Kolombia menemukan bangkai kapal laut yang berisi harta karun dengan nilai fantastis yaitu Rp13,8 Trilyun. Bangkai kapal yang ditemukan tersebut adalah Kapal San Jose yang tenggelam di kawasan perairan Karibia pada 300 tahun lalu.
 
Penemuan Kapal Berisi Harta Karun Senilai Rp13,8 Trilyun

Kapal San Jose merupakan kapal yang berasal dari Spanyol. Saat tenggelam kapal itu berlayar dengan membawa muatan berharga seperti emas, perak, dan perhiasan lainnya dengan nilai trilyunan rupiah.

"Ini harta karun paling berharga yang pernah ditemukan sepanjang sejarah manusia." Kata Presiden Kolombia, Juan Manul Santos, seperti dilansir ABC News (7/12/2015).

Kapal ini ditenggelamkan oleh kapal perang Inggris pada Juni 1708 dan ditemukan di perairan dekat dengan kota pelabuhan Kartagena, Kolombia. Selama ini memang kapal San Jose tercatat sebagai kapal yang mengangkut barang-barang berharga.

Pemburu harta karun seluruh dunia telah lama mencari kapal ini, dan baru pada tahun ini berhasil menemukannya. 

Jack Harbeston, seorang Managing Director Sea Search Armada (SSA), sebuah investor pelayaran yang berasal dari Amerika Serikat, memperkirakan jumlah harta karun yang terdapat dalam kapal San Jose kurang lebih senilai USD 4 Milyar s.d USD 17 Milyar. Jika disetarakan dengan rupiah maka nilainya adalah antara Rp55 Trilyun hingga Rp235 Trilyun.

Berbagai sumber menyatakan nilai yang berbeda-beda terkait nilai harta karun ini. ABC News menulis nilai harta karun tersebut USD 3 Milyar atau Rp41 Trilyun. Sementara BBC menulis sekitar Rp13.8 Trilyun. Harbeston sendiri mengatakan bahwa tidak ada yang mengetahui pasti jumlahnya. 

Sebelumnya pada tahun 1981 penemuan letak tenggelamnya kapal San Jose oleh SSA menjadi awal mula konflik antara pemerintah Kolombia dengan perusahaan investor ini. SSA menuding pemerintah Kolombia berusaha untuk menyita temuan ini secara ilegal.

Ketika itu SSA mengajukan gugatan hukum kepada pemerintah Kolombia baik di Amerika Serikat maupun di Kolombia. SSA memenangkan kasus itu di Mahkamah Agung Kolombia, sehingga hasil penemuan itu harus dibagi dua antara pemerintah Kolombia dan SSA.

Dan akhirnya pemerintah Kolombia mengklaim bahwa pada 27 November lalu mereka telah menemukan bangkai kapal San Jose di daerah yang tidak pernah ditemukan oleh orang lain sebelumnya. 

Menurut Fabian Sanabria, seorang antropolog, di Laut Karibia terdapat lebih dari 1000 bangkai kapal. Namun hanya ada sekitar 6 hingga 10 puing besar yang muatan harta karun, dan kapal San Jose adalah salah satunya.  

Tentunya penemuan ini akan membuat para pemburu harta karun semakin bersemangat untuk menjelajah dalamnya perairan Karibia. Apakah Anda berminat?

0 comments:

Post a Comment