12 Tips Cara Merawat Wajah Agar Cantik Berseri Dengan Alami


101dunia - Wajah adalah bagian tubuh pertama yang menunjang penampilan Anda. Baik buruknya kulit wajah akan menjadi penilaian pertama orang lain atas karakter pribadi Anda. Oleh karena itu kebersihan kulit wajah harus dijaga agar senantiasa tampil dengan maksimal.
 
12 Tips Cara Merawat Wajah Agar Cantik Berseri Dengan Alami
 
Banyak orang yang menginginkan kulit wajah yang cerah, bersih dan mulus sehingga tidak sedikit yang rela mengeluarkan biaya yang tinggi untuk membeli perlengkapan facial dan pergi melakukan perawatan wajah di salon kecantikan.

Dengan memiliki kulit wajah yang menawan akan meningkatkan rasa percaya diri Anda sehingga mampu memaksimalkan performa sehari-hari. Karena itu banyak juga yang berpendapat bahwa melakukan perawatan wajah adalah salah satu investasi yang baik dalam hidup.

Cara Membersihkan Dan Merawat Kecantikan Kulit Wajah

Merawat wajah sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, yang penting Anda sudah mengetahui produk perawatan kulit yang sesuai untuk jenis kulit Anda. Produk perawatan kecantikan yang mengandung bahan kimia dapat menyebabkan efek samping pada kulit. Karena itu akan lebih baik jika menggunakan bahan alami.

Dalam melakukan perawatan wajah, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Bersihkan tangan sebelum menyentuh wajah Anda

Walaupun telah berusaha menjaga kebersihan tetapi karena Anda tidak mengetahui kuman yang terdapat dalam benda-benda yang Anda pegang maka sebaiknya Anda rajin mencuci tangan. Tangan yang kotor dapat mengantarkan kuman dan kotoran pada wajah Anda.

2. Bersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar yang cocok

Jangan menggunakan pembersih dan penyegar secara sembarangan, gunakan yang cocok dengan kulit wajah. Bersihkan dengan rutin setiap kali pulang ke rumah atau menjelang tidur.

3. Gunakan tabir surya

Pilih lah pelembab wajah yang mengandung tabir surya agar melindungi kulit wajah dari ganasnya sinar ultraviolet.

4. Memijat kulit wajah

Agar kulit wajah tetap elastis, sehat dan berwarna cerah sebaiknya pijat kulit wajah setiap hari sebelum tidur selama 2 hingga 3 menit.

5. Menggunakan masker wajah

Rawatlah wajah Anda menggunakan masker wajah 2 kali dalam seminggu agar kotoran di wajah dapat terangkat.

6. Minum air putih

Minumlah air putih dengan jumlah yang cukup minimal sebanyak 8 gelas sehari. Dengan asupan air putih yang cukup maka kadar air dalam kulit wajah akan terjaga sehingga menjaganya tetap sehat dan cerah.

7. Vitamin E

Vitamin E dikenal sangat baik bagi kesehatan kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit disarankan untuk mengkonsumsi vitamin E dengan rutin.

8. Olahraga

Agar kulit tetap sehat, elastis dan kencang maka berolahraga lah secara teratur. Olahraga teratur dapat membantu tubuh memproduksi hormon yang dapat menjaga kecantikan kulit wajah.

Cara Melakukan Perawatan Wajah Menggunakan Bahan Alami

Merawat wajah tidak selalu harus dilakukan dengan menggunakan bahan kimia. Selain memakan biaya yang tinggi, menggunakan bahan yang tidak alami justru dapat menimbulkan efek samping. Ada kalanya ketika orang yang bermasalah dengan jerawat menggunakan obat berbahan kimia malah jerawatnya semakin banyak.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan perawatan wajah secara alami:

1. Merawat wajah menggunakan jeruk nipis

Kandungan vitamin C dan zat anti-oksidan di dalam jeruk nipis berkhasiat untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan serta membuat kulit wajah nampak lebih cerah. Caranya mudah yaitu dengan memotong jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian diperas dan ambil airnya. Oleskan jeruk nipis merata ke seluruh kulit wajah dan diamkan selama 10 hingga 20 menit. Cuci wajah menggunakan air hangat.

2. Perawatan wajah mengunakan buah apel

Kelebihan minyak pada wajah dapat dikurangi dengan menggunakan apel. Hancurkan buah apel menggunakan blender tanpa menambahkan air sedikit pun. Oleskan pada wajah selama 30 menit dan basuh dengan air bersih.

3. Merawat wajah dengan pisang

Buah pisang dikenal berkhasiat untuk meremajakan kulit dan menjadikan kulit wajah terasa lebih kenyal dan lembab. Ambil satu buah pisang ambon, kupas dan hancurkan hingga lembut. Campur dengan satu sendok madu dan oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air dan kapas.

4. Perawatan wajah dengan tomat

Zat anti-oksidan yang banyak terdapat di dalam tomat dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit akibat sinar matahari, membersihkan komedo, dan membuat kulit wajah nampak lebih cerah. Haluskan 1 buah tomat dan campur dengan satu sendok madu. Oleskan campuran tersebut ke seluruh kulit wajah dan biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Perawatan wajah dengan mentimun

Noda-noda hitam pada kulit wajah dapat diangkat menggunakan mentimun, dengan demikian kulit wajah akan menjadi lebih cerah. Ambil satu buah mentimun dan kupas kulitnya hingga bersih. tambahkan satu sendok susu tanpa lemak dan satu sendok yoghurt. Haluskan campuran tersebut menggunakan blender hingga halus dan oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit dan basuh dengan air hangat.

6. Masker bengkoang

Bengkoang dikenal memiliki khasiat untuk kecantikan kulit. Caranya yaitu cuci dahulu bengkoang dengan air hingga bersih. Kupas kemudian parut bengkoang tersebut. Peras hasil parutan bengkoang tersebut dan buang ampasnya. Diamkan air perasan bengkoang di dalam mangkuk hingga mengendap. Ambil endapan perasan bengkoang dan gunakan sebagai masker wajah.

7. Masker pepaya

Buah pepaya yang kulitnya berwarna hijau atau oranye dapat membantu merawat kecantikan kulit wajah dan berkhasiat membuat kulit nampak lebih bercahaya. Caranya, ambil satu sendok pepaya hijau dan pepaya oranye yang telah masak setelah sebelumnya dihaluskan terlebih dahulu. Campurkan kedua jenis pepaya tadi lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama 15 menit kemudian basuh dengan air bersih.

8. Masker kentang

Kentang dapat membantu merawat wajah berminyak yang terlihat kusam. Caranya yaitu dengan memarut satu buah kentang lalu mencampurkannya dengan satu sendok teh madu. Oleskan pada kulit wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit. Selanjutnya cuci wajah Anda menggunakan air bersih.

9. Paprika

Paprika dapat dijadikan masker untuk mencerahkan wajah Anda. Penggunaan masker paprika dapat melancarkan sirkulasi darah di wajah Anda. Caranya sangat mudah, hanya tinggal menghaluskan paprika merah atau hijau menggunakan blender sampai menghasilkan pasta atau krim. Gunakan pasta tersebut sebagai masker dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan wajah Anda dengan air.

10. Yoghurt

Merawat wajah dengan menggunakan bahan alami yoghurt sangat berkhasiat untuk menghaluskan kulit wajah. Ambil yoghurt yang memiliki tekstur kental dan campurkan dengan sedikit madu. Oleskan merata pada kulit wajah Anda dan biarkan selama 10 menit. Selanjutnya bilas dengan air bersih. 

11. Susu

Mandi susu memang dikenal sebagai cara yang baik untuk melakukan perawatan kulit tubuh. Demikian juga membasuh wajah dengan menggunakan susu, akan sangat baik untuk membantu mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah dan membuat kulit menjadi nampak lebih putih. Teteskan sedikit susu pada kain halus yang dipakai untuk mencuci muka, dan gunakan untuk menggosok wajah dengan lembut. Susu akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menutup wajah dan menjadikan kulit wajah menjadi nampak cerah.

12. Almond

Kacang almond dapat membantu mengurangi warna kusam pada kulit sehingga kulit terlihat lebih cerah. Pertama siapkan almond, susu, dan 1 ruas kunyit. Pada pagi hari rendam 4-5 biji almond dan satu ruas kunyit dalam susu cair lalu biarkan hingga malam hari. Pada malam hari keluarkan kunyit dan haluskan almond di dalam susu hingga membentuk semacam pasta. Oleskan campuran ini pada wajah dan leher kemudian biarkan hingga pagi. Bilas dengan air dingin di pagi hari. Lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil optimal.

0 comments:

Post a Comment