Ternyata Air Aqua Dapat Digunakan Untuk Memperbaiki Aki Kering, Ini Caranya


101dunia - Aki (accu) adalah komponen yang berfungsi untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Mayoritas kendaraan roda dua saat ini menggunakan aki kering. Kelebihan aki jenis ini adalah Anda tidak perlu melakukan perawatan rutin yang akan menyita waktu, karena itu harga aki kering lebih mahal dibandingkan dengan aki basah.


Ketika aki kering Anda mengalami kerusakan tentu dapat dibayangkan berbagai akibatnya. Starter elektrik tidak berfungsi, lampu utama menjadi redup bahkan benar-benar padam. Jika hal ini terjadi jangan langsung membuang aki kering Anda tapi cobalah perbaiki dulu.

Memperbaiki aki kering dapat dilakukan dengan mudah, apalagi jika penyebabnya adalah karena kekurangan cairan kimia. Ya, pada dasarnya memang aki kering dan aki basah sama-sama menggunakan cairan kimia H2SO4. Oleh karena itu jika aki kering Anda mengalami kerusakan maka patut dicurigai ada kaitannya dengan kekurangan cairan kimia ini.

Arus listrik pada baterai aki kering dapat berkurang secara drastis jika disebabkan oleh cairan elektrolit yang mengering. Mengeringnya cairan tersebut umumnya disebabkan karena umur aki yang sudah terlalu lama. Biasanya umur pakai aki kering berkisar antara 1 hingga 2 tahun, tergantung pemakaian. Jika lebih dari 2 tahun maka aki kering harus diservice atau dicharge ulang.

Cara memperbaiki aki kering sebenarnya cukup mudah, dan ternyata dapat menggunakan air minum dalam kemasan yang banyak dijual di pasaran. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk melakukan perbaikan aki kering:

1. Aqua gelas 1 buah
2. Solder
3. Gergaji besi
4. Charger aki

Jika bahan dan peralatan tersebut telah siap, berikutnya kita akan membahas cara memperbaiki aki kering menggunakan air aqua.

1. Buka aki kering menggunakan gergaji besi yang telah disiapkan.
2. Bersihkan aki tersebut dari berbagai kotoran termasuk serpihan akibat gergaji.
3. Periksa apakah ada tembaga yang rusak, jika ada maka perbaiki dengan solder.
4. Periksa juga apakah ada komponen yang gosong, jika ada maka ganti komponen tsb.
5. Tuangkan air aqua hingga mencapai batas tembaga yang ada di dalam aki.
6. Tutup kembali aki kering kemudian charge selama 6 jam.

Harap diingat bahwa bagaimanapun kekuatan aki kering yang telah diperbaiki ini tidak akan sama persis dengan yang baru. Tapi cara ini mudah-mudahan berguna dan Anda dapat memakai aki kering ini sampai Anda dapat mengganti dengan yang baru.

0 comments:

Post a Comment