Pesona Tambrauw Di Papua Barat Yang Menakjubkan


101dunia - Pulau Papua selain dianugerahi kekayaan alam yang luar biasa juga memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Selain Raja Ampat yang sudah tersohor, daerah tujuan wisata yang tidak kalah indah di pulau yang dijuluki Pulau Kasuari ini adalah Kabupaten Tambrauw.
 
Tambrauw - Pulau Meossu

Kabupaten Tambrauw adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Papua Barat, Indonesia. Kabupaten ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto pada tanggal 29 Oktober 2008 dan didirikan dari sebagian bekas wilayah Kabupaten Sorong dan Kabupaten Manokwari.

Tambrauw memiliki banyak pantai yang masih alami dan belum terjamah oleh manusia seperti Pantai Werrur, Pantai Jamursba Medi, Tanjung Werbes, Sungai Wowei, Batu Kapal, Meossu, dan lain-lain. Jika Anda ingin berkunjung ke daerah yang dapat membuat Anda rileks dan melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk kota besar maka Tambrauw adalah daerah tujuan yang tepat.

Keindahan panorama Tambrauw belum tersorot dunia, padahal di tempat ini wisatawan dapat menikmati pemandangan yang unik dan langka. Salah satu keunikan Tambrauw adalah adanya penyu belimbing yang hidup di daerah ini, padahal penyu jenis ini biasanya hidup di perairan Florida, Benua Afrika, dan India. 

Penyu belimbing yang merupakan salah satu jenis penyu terbesar di dunia memilih Pantai Jamursba Medi di Tambrauw sebagai tempat peneluran. Penyu belimbing menyukai pantai ini karena memiliki bentangan pantai sepanjang 18 km dan lebar hamparan pasir sepanjang 100 - 500 meter.

Tambrauw - Penyu Belimbing


Fauna langka lain yang dapat ditemukan di Tambrauw adalah burung suci yang biasa disebut juga burung surga. 

Pesona wisata bahari di Tambrauw tidak kalah indahnya dengan Raja Ampat, perairan di daerah ini memiliki terumbu karang dan spesies ikan yang berbeda dengan yang terdapat di Raja Ampat. Anda yang memiliki hobi menyelam untuk menikmati pemandangan bawah laut pasti akan sangat menikmati keindahan Tambrauw.

Kabupaten Tambrauw juga memiliki lokasi wisata pemandian air panas tepatnya di daerah Kampung Atai Distrik Kebar. Selama ini penduduk setempat kurang berminat terhadap kolam air panas tersebut karena letaknya yang cukup jauh dari pemukiman dan memakan waktu satu jam perjalanan berjalan kaki, namun saat ini pemerintah Kabupaten Tambrauw lebih memperhatikan potensi wisata pemandian air panas tersebut.

0 comments:

Post a Comment