Pengusaha Inisial R Dalam Transkrip Rekaman Diduga adalah Riza Chalid


101dunia - Beredarnya tranksrip percakapan antara 3 orang yang diduga sebagai oknum DPR (SN), Direktur Utama Freeport (MS), serta pengusaha minyak berinisial R semakin menyita perhatian masyarakat Indonesia.

Pengusaha Inisial R Dalam Transkrip Rekaman Diduga adalah Riza Chalid

Menteri ESDM Sudirman Said dengan tegas menyatakan dalam sebuah acara di televisi swasta nasional bahwa salah satu orang yang terdengar dalam rekaman pembicaraan tersebut adalah Setya Novanto yang merupakan ketua DPR-RI.

Menurut Sudirman Said, rekaman tersebut memperdengarkan bahwa Setya Novanto melakukan lobi kepada pihak Freeport agar mau memberikan saham Freeport kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla agar memuluskan proses perpanjangan kontrak perusahaan tambang tersebut. 

Jumlah saham yang diminta sungguh luar biasa yaitu sebesar 20% dimana menurut Setya Novanto dalam transkrip tersebut Presiden Jokowi akan diberikan saham sebesar 11% sedangkan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebesar 9%.

Jumlah tersebut sangat luar biasa dan tidak masuk akal karena seperti diketahui bahwa nilai saham Freeport pada akhir tahun 2014 diperkirakan sebesar Rp500 Trilyun. Maka jika presiden dan wakil presiden meminta saham sebesar 20% berarti jumlahnya sebesar Rp100 Trilyun, sungguh permintaan yang tidak masuk akal.

Selain itu dalam transkrip pembicaraan tersebut terungkap bahwa Setya Novanto meminta jatah saham pembangunan pembangkit listrik di Papua sebesar 49% dan 51% sisanya tetap dimiliki Freeport.

Semakin memanasnya berita ini maka publik semakin dibuat penasaran mengenai siapa sosok pengusaha minyak berinisial R yang turut menemani Setya Novanto dalam pertemuan tersebut. Selain itu, apa urusan dan kepentingannya terkait proses perpanjangan Freeport tersebut.

Wakil Ketua MKD DPR, Junimart Girsang, mengatakan kepada wartawan tentang sosok pengusaha tersebut, "Dia pengusaha terkenal." ungkapnya

Sedangkan Sudirman Said selaku pelapor hanya menyebutkan bahwa inisial R tersebut adalah seorang pengusaha, tanpa menjelaskan secara lebih detail.

Belakangan semakin santer terdengar bahwa pengusaha berinisial R tersebut adalah Riza Chalid, seorang pengusaha minyak skala besar yang diisukan terkait dengan kegiatan mafia migas di Indonesia.

Benar atau tidaknya isu tersebut, hanya waktu yang akan menjawabnya. Beranikah para pemangku kepentingan di Indonesia mengungkap misteri sosok pengusaha ini? kita akan terus memantau kasus ini.

0 comments:

Post a Comment