Misteri Keberadaan Berbagai Kota Mitologi Yang Menakjubkan


101dunia - Kisah misteri di dunia ini memang tidak akan pernah ada habisnya. Berbagai sumber dan literatur sering menyebutkan cerita tentang kota-kota yang keberadaannya masih misterius dan belum dapat diyakini hingga sekarang. Berbagai penyelidikan dan pencarian telah dilakukan namun keberadaan berbagai kota tersebut tetap menjadi misteri dan mungkin hanya menjadi mitos tak terungkap.

Berbagai kota misteri yang telah diceritakan secara turun temurun tersebut memiliki gambaran yang sempurna tentang bagaimana seharusnya sebuah kota dibangun. Selain itu ada juga yang memang dibangun dari bahan dasar logam mulia, yang mencerminkan betapa kaya rayanya daerah tempat kota tersebut didirikan.

Berikut ini adalah kota-kota terkenal yang diceritakan dalam mitologi di berbagai belahan dunia:

1. Kota Atlantis



Salah satu kota mitologi yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia adalah kota Atlantis. Kota ini pertama kali disebut oleh Plato yang merupakan seorang pemikir dari Yunani. Dalam bukunya yang berjudul Timaeus dan Critias, Plato menyebutkan bahwa Atlantis terhampar di seberang pilar-pilar Hercules yang diduga oleh para ahli sebagai Selat Gibraltar.

Dia menulis dalam buku Critias bahwa pada tahun 9500 SM bangsa Atlantis menaklukan Eropa Barat dan Afrika menggunakan angkatan laut yang dimilikinya. Penaklukan tersebut meliputi daerah Libya dan Mesir serta daerah Tirenia. 

Bangsa Athena memimpin aliansi untuk melawan bangsa Atlantis namun mengalami kegagalan. Ketika aliansi tersebut hancur maka tinggallah bangsa Athena sendiri melawan Atlantis. Pada saat peperangan tersebut berlangsung tiba-tiba terjadi gempa bumi dan banjir besar di Atlantis yang menyebabkan pulau tersebut tenggelam dan menghilang.

Kisah tentang keberadaan Kota Atlantis ini masih menjadi perdebatan dimana sebagian meyakini keberadaannya namun tidak sedikit yang menganggapnya hanya mitos dan dongeng belaka.

Berbagai cerita tentang Atlantis memiliki versi yang berbeda-beda, namun pada umumnya menceritakan bahwa bangsa ini memiliki teknologi yang menakjubkan, dianugerahi kekayaan alam yang melimpah, rakyatnya hidup dengan makmur dan sejahtera. Penelitian tentang Atlantis masih dilakukan oleh berbagai pihak. Salah satu hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa Atlantis terletak di Indonesia. 

Kota-kota Mitologi - Peta Atlantis


Menurut sang peneliti, fakta yang mendukung hal tersebut adalah wilayah Indonesia berbentuk kepulauan yang dulunya berupa satu kesatuan daratan sebelum terjadinya gempa bumi dan Tsunami. Selain itu kekayaan alam Indonesia sangat berlimpah, sesuai dengan yang diceritakan dalam mitos Atlantis. Belum lagi tentang peninggalan bangunan pra sejarah yang masih ada sampai sekarang yaitu situs gunung padang yang ukurannya jauh lebih besar daripada Piramida Giza. Pembangunan Gunung Padang mustahil dilakukan oleh teknologi manusia biasa pada jaman dahulu. 

2. El Dorado 

Kota-kota Mitologi - El Dorado

El Dorado merupakan sebuah kota yang keberadaannya sangat dicari oleh dunia. Kisah tentang El Dorado pertama kali mencuat ketika Columbus menemukan benua Amerika. Dia mengabarkan ke Spanyol bahwa dunia baru ini sangat kaya akan emas. Tidak berapa lama kemudian pasukan Spanyol pun datang dan mereka berhasil menemukan artefak yang terbuat dari emas di daerah Amerika Selatan.

Sebuah suku di wilayah Bogota menyampaikan informasi kepada Spanyol bahwa ada sebuah kerajaan yang sangat kaya akan emas. Karena memiliki kekayaan emas yang sangat melimpah, mereka menceritakan bahwa bahkan sang raja pun menyelimuti tubuhnya dengan serbuk emas dan memiliki kolam berisi emas yang bisa digunakan untuk berenang.

Informasi itulah yang menjadi awal mula munculnya istilah El Dorado, yang artinya Manusia Bersepuh Emas. Cerita tentang kota emas tersebut membuat para penjajah terus melakukan pencarian. Sampai pernah suatu ketika, Danau Guatavita yang dicurigai sebagai lokasi kota tersebut dikeringkan. Memang pada saat itu para pencari menemukan emas seberat 18 kg di dasar danau tersebut, namun hingga saat ini kota El Dorado tidak pernah ditemukan.

Pada tahun 1969 pernah muncul sebuah harapan untuk menemukan kota ini. Saat itu seorang pekerja yang sedang menggali gua kecil di daerah dekat Bogota tidak sengaja menemukan sebuah patung yang terbuat dari emas. Patung tersebut berupa rakit yang sedang ditumpangi kepala suku dan delapan orang yang mendayungnya. 

Penemuan tersebut mengakibatkan banyak para pemburu harta karun melakukan pencarian besar-besaran. Banyaknya penemuan emas pada tahun 1970 di daerah tersebut menyebabkan harga emas dunia menjadi tidak stabil. Namun tetap saja kota emas tersebut tidak pernah diketahui keberadaannya dan tetap menjadi misteri. 

3. Kota Asgard

Kota-kota Mitologi - Asgard

Kisah tentang kota Asgard berasal dari mitologi Nordik yang merupakan kepercayaan masyarakat Eropa Utara sebelum kedatangan agama Kristen. Mitologi tersebut memuat berbagai kisah tentang makhluk-makhluk supranatural, dewa dewi, serta mitos-mitos lainnya.

Dalam cerita rakyat Skandinavia, mitologi tersebut hingga kini masih bertahan. Selain itu berbagai kisah dalam mitologi ini telah menjadi inspirasi atas terciptanya berbagai karya sastra pada zaman modern.

Kota Asgard dikisahkan sebagai kota di atas awan yang merupakan tempat tinggal para dewa. mitologi Nordik menceritakan bahwa kota tersebut sangat indah dan menjadi tempat tinggal bagi Odin, raja para dewa, beserta anaknya, Thor. Anda penggemar film Marvel pasti sudah menonton film Thor yang ceritanya terinspirasi dari mitologi ini. 

Sebuah prosa berjudul Edda yang berasal dari Eropa Utara dan ditulis pada abad ke 13 menyebutkan bahwa kota Asgard adalah kota berdarah dimana penduduknya sangat gemar berperang hingga mereka mereka berperang satu sama lain sambil menunggu kedatangan Ragnarok atau akhir dunia. 

4. Shambala

Kota-kota legenda, Shambala

Mitos kota Shambala berasal dari Tibet. Dikisahkan bahwa Shambala merupakan kota tersembunyi yang terletak di antara pegunungan Himalaya. Nama kota ini disebutkan dalam berbagai literatur kuno di antaranya Kalachakra dan Zhang Zhung yang telah ada sebelum kedatangan agama Budha di Tibet. Shambala diceritakan sebagai kota yang penuh ketenangan, kebahagiaan, dan kedamaian.  

Lokasi Shambala hingga kini masih menjadi misteri dan perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa Shambala tidak memiliki lokasi fisik namun hanya bisa dicapai melalui pikiran yang suci, tapi menurut teks kuno Zhang Zhung tertulis bahwa letak Shambala berada di Lembah Sutlej di wilayah Himachal Pradesh. Dan di sisi lain, orang Mongol mengatakan kalau letak dari Shambala berada di lembah-lembah bagian selatan Siberia.

5. Avalon

kota-kota mitologi - avalon

Mitologi rakyat Inggris menceritakan sebuah kota bernama Avalon. Dalam mitologi tersebut dikisahkan bahwa Avalon merupakan tempat terakhir sebelum Raja Arthur meninggal dunia. Diceritakan bahwa pedang Excalibur, ditempa di kota ini.

Mitos ini juga mengisahkan bahwa suatu saat raja Arthur akan kembali menguasai Inggris. Saat itu dia akan mengambil pedang Excalibur dan cawan suci untuk menyatukan Inggris yang terpecah belah. 

Demikianlah kota-kota mitologi yang pernah diceritakan di dunia ini. Sampai saat ini tidak ada yang mengetahui keberadaannya dengan pasti. Apakah kota-kota tersebut memang ada, atau hanya mitos belaka, tetap menjadi perdebatan yang belum selesai.

0 comments:

Post a Comment