Mengerikan, Ini Dia Kronologi Serangan Teroris Di Paris


101dunia - Tragedi serangan teroris di Paris, Perancis telah menewaskan 129 orang dan melukai 352 orang lainnya. Pihak yang mengaku bertanggung jawab atas terjadinya penyerangan itu adalah ISIS yang mengeluarkan pernyataan secara online.

Mengerikan, Ini Dia Kronologi Serangan Teroris Di Paris

Semua pihak mengutuk penyerangan yang tidak berperikemanusiaan tersebut, bahkan pemerintah Perancis menyatakan akan melakukan pembalasan yang kejam.

Seperti diberitakan CNN, sekelompok pria yang dilengkapi senapan mesin melakukan penyerangan pada bar dan restoran pada Jumat malam. Saat itu tempat-tempat tersebut dipenuhi para wisatawan baik lokal maupun asing. Ketika mereka menyerang, kaca restoran pecah berhamburan dan malam yang tadinya dipenuhi keceriaan akhir pekan tiba-tiba berubah menjadi malam yang mencekam.

Target lainnya adalah sebuah lokasi tempat diadakannya pertandingan bola antara Perancis dan Jerman. Sejumlah bom diledakkan dan menyebabkan para penonton meringkuk ketakutan sementara yang lainnya berhamburan keluar.



"Orang-orang berteriak, menjerit," kata Julien Pearce, seorang reporter radio yang ada di sana. "Penyerangan itu berlangsung selama 10 menit. 10 menit yang mengerikan dimana semua orang menunduk di lantai dan menutupi kepala mereka."

Berikut ini adalah kronologi penyerangan para teroris yang terjadi pada hari Jumat silam:

Pukul 21.20 
Stade de France

Pada saat pertandingan sepakbola antara Perancis dan Jerman, sebuah bom diledakkan di luar stadion Stade De France. Dua mayat ditemukan terkait ledakan tersebut, satu orang dianggap sebagai pelaku peledakan bom bunuh diri sedang satu orang lainnya diidentifikasi sebagai orang yang kebetulan melewati titik ledakan tersebut.

Pukul 21.25
Le Petit Cambodge

Penyerang yang mengenakan topeng dan dipersenjatai dengan Kalashnikov menembak ke arah restoran di distrik 10 Paris. Penembakan tersebut menewaskan 15 orang. Saksi mata mengatakan para penyerang tiba di lokasi menggunakan sebuah mobil berwarna hitam.

Pukul 21.30
Stade De France

Bom kedua meledak di luar stadion. Tubuh seorang pembom bunuh diri kedua ditemukan kemudian, dengan rompi peledak yang identik dengan yang pertama.

Pukul 21.32
Rue de la Fontaine au Roi

Lima orang tewas dalam penembakan di luar sebuah bar di distrik 11 Paris. Para penyerang juga datang menggunakan sebuah mobil berwarna hitam.

Pukul 21.36
La Belle Equipe

Para teroris melakukan penyerangan dengan menembak ke arah restoran sehingga menewaskan 19 orang.

Pukul 21.40
Voltaire Boulevard

Seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan bom di sebuah restoran dengan menggunakan satu set bom yang mirip dengan yang digunakan oleh pelaku lain di stadion. Beberapa orang terluka akibat aksi bom bunuh diri ini namun tidak ada korban tewas.

Pukul 21.40
Bataclan

Tiga penyerang menembakkan senapan mesin dan menyandera penonton konser. Setelah memngumpulkan para sandera di atas panggung kemudian pelaku penyerangan memberikan pidato singkat yang menyebutkan negara Irak dan Suriah.

Pukul 21.53
Stade De France

Bom ketiga diledakkan dan pelaku peledakkan bom bunuh diri tersebut ditemukan beberapa waktu kemudian.

Pukul 00.20
Bataclan

Satuan Elit Polisi Perancis menyerbu gedung konser dan membunuh salah satu penyerang. Dua pelaku penyerangan meledakkan sabuk bom bunuh diri ketika polisi memasuki gedung.

0 comments:

Post a Comment