Menakjubkan, Google Membuat Robot Untuk Praktik Bedah Di Rumah Sakit


101dunia - Saat ini banyak sekali peranan manusia yang terbantu oleh mesin dan komputer. Perusahaan-perusahaan manufaktur berteknologi canggih sudah banyak yang mengurangi tenaga kerja manusia dan beralih menggunakan mesin.

Robot bedah google

Mungkin suatu saat nanti akan banyak sekali tugas dan peranan manusia yang diambil alih oleh mesin atau robot. Selama ini memang banyak robot yang telah diciptakan untuk manusia tetapi peranannya belum maksimal, hanya sebagai pelengkap saja.

Melihat fenomena saat ini, dimana penelitian dan pengembangan robot terus dilakukan secara intensif, maka sah-sah saja jika kita meyakini bahwa di masa depan nanti kita akan melihat robot-robot berseliweran membantu memudahkan kehidupan umat manusia seperti yang dapat kita lihat di film-film fiksi ilmiah karya Hollywood.

Terkait dengan hal itu, Google yang merupakan perusahaan teknologi raksasa dunia belakangan ini tengah mengembangkan sebuah robot yang berfungsi untuk melakukan praktik bedah. Perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa robot tersebut diciptakan untuk membantu dokter bedah dalam praktik pembedahan pasien.

Untuk merealisasikan proyek tersebut, baru-baru ini Google menemui salah satu divisi dari perusahaan Johnson & Johnson yaitu Ethicon yang merupakan perusahaan penyuplai peralatan dan perlengkapan medis di Amerika. 

Google merasa bahwa kerjasama dengan Ethicon perlu dilakukan karena saat ini perusahaan suplier tersebut memiliki keahlian di bidang penyediaan produk farmasi dan peralatan kedokteran. Senada dengan Google, Ethicon juga telah mengungkapkan bahwa mereka menjalin kerjasama dengan sebuah tim dari Google yang khusus menangani proyek ini yaitu Life Sciences Google.

Hal ini merupakan lompatan yang sangat luar biasa dalam dunia medis, dimana tujuan utama proyek ini adalah untuk menghadirkan teknologi modern ke dunia medis. Dalam pengembangan robot ini mereka sudah mempersiapkan suatu platform pembedahan yang sangat inovatif dan canggih. 

Hingga saat ini belum ada berita lebih lanjut yang menjelaskan kerjasama ini dengan lebih detail, namun perwakilan dari Google telah mengungkapkan bahwa Ethicon akan menggunakan teknologi analisis gambar yang dimiliki Google dalam robot tersebut. 

Selain itu Ethicon juga akan menggunakan teknologi penglihatan yang dimiliki Google yaitu Google Glasses. Memang Google Glasses kurang begitu sukses di pasar global, namun jika digunakan dalam proyek ini maka diyakini bahwa teknologi penglihatan tersebut akan menuai kesuksesan.

Dapat dibayangkan jika memang proyek robot ini berhasil direalisasikan dan selalu dikembangkan secara terus menerus, dunia medis akan mengalami perubahan yang sangat signifikan.

0 comments:

Post a Comment