Memilih Jenis Ban Off Road Untuk Motor Trail Kesayangan


101dunia - Jika Anda memiliki hobi berpetualang di alam pegunungan menggunakan kendaraan roda dua maka sebaiknya Anda menggunakan ban off road untuk motor trail kesayangan Anda. Saat ini di Indonesia motor trail yang paling banyak digunakan adalah Kawasaki KLX 150 atau 250.

Anda harus menyesuaikan tujuan penggunaan ban off road di motor trail Anda, apakah memang motor tersebut hanya digunakan untuk menyalurkan hobi Anda menaklukan medan yang sulit dan menantang adrenalin, atau juga digunakan sebagai kendaraan sehari-hari ke tempat kerja di perkotaan.

Terdapat 3 jenis ban off road untuk motor trail yaitu jenis hard, intermediate, dan soft. Motor trail yang khusus digunakan untuk menyalurkan hobi adventure sebaiknya menggunakan ban off road dengan jenis hard. Hal ini karena dengan memakai ban jenis hard akan memudahkan Anda menaklukkan medan terberat sekalipun.



Ban trail dengan jenis hard akan sangat mempengaruhi kestabilan motor saat mengarungi medan berat yang berlumpur atau licin karena tanah merah yang basah. Ban ini akan benar-benar menggaruk permukaan jalan dengan dalam hingga motor trail Anda dapat melaju lebih mudah. Namun hati-hati jika motor Anda melaju di jalan beraspal karena ban jenis ini sangat licin.

Jenis ban off road yang kedua adalah intermediate. Ban jenis ini sangat sesuai untuk digunakan di segala medan seperti jalan berbatu, berlumpur, dan berpasir. Kelebihan dibandingkan ban jenis hard adalah ban ini juga tidak terlalu licin jika digunakan di jalan aspal.




Jika Anda menggunakan motor trail sebagai kendaraan sehari-hari maka jenis ban yang paling sesuai untuk digunakan adalah jenis soft. Ban jenis ini dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kedua jenis ban di atas. 



Memang ban jenis soft kurang handal jika harus menempuh jalan dengan medan berat karena ban ini tidak akan menancap ke dalam jalan berlumpur atau berpasir, tetapi ban ini sangat nyaman untuk digunakan di jalan yang beraspal karena karet ban akan mencengkram aspal dengan lengket.

Ketiga jenis ban di atas tersedia dalam berbagai merek dan harga. Merek yang telah mendunia seperti Bridgestone dan Michelin memang menjamin kualitas ban tersebut. Namun jangan lupa untuk menyesuaikan dengan budget yang ada di kantong. Selamat ber-offroad.

0 comments:

Post a Comment