Langkah Dan Proses Memulai Startup Bisnis


101dunia - Tahukah Anda tentang istilah Startup Bisnis yang mulai semakin populer saat ini? Apa definisi dari bisnis Startup? Menurut Neil Blumenthal, seorang pendiri dan salah satu direktur di Warby Parker, Startup adalah sebuah perusahaan yang bekerja untuk memecahkan masalah dimana solusinya belum jelas dan tidak ada jaminan keberhasilan.
 
Langkah Dan Proses Memulai Startup Bisnis

 Sedangkan menurut American Heritage Dictionary, startup adalah sebuah bisnis atau usaha yang baru saja dimulai. Dan masih banyak berbagai definisi startup yang dikemukakan oleh berbagai pengamat dan pelaku bisnis di dunia. Semua definisi tersebut memiliki garis besar yang sama, bahwa start up adalah sebuah entitas yang kegiatannya bertujuan untuk menghasilkan laba. Garis besar lainnya Startup baru saja didirikan sehingga belum stabil. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Startup tidak melulu harus dikaitkan dengan aplikasi, teknologi, Operating System, dan hal semacam itu. Karena pada dasarnya seseorang yang baru saja membuka kios bakso pun dapat disebut Startup. Namun kenapa istilah Startup sering dikaitkan hanya dengan industri digital? Jawabannya sederhana, karena baru saat ini lah dunia internet sangat merasuk ke dalam setiap aspek kehidupan masyarakat sehingga banyak entrepreneur yang melihat potensi bisnis dari hal tersebut.

Jika Anda ingin menjadi pengusaha startup dalam bidang teknologi digital, maka berikut ini adalah persiapan dan langkah tepat dalam memulainya:

1. Live In The Future

Artinya Anda harus memiliki visi yang jauh ke depan, tidak hanya melihat kondisi dan trend saat ini tetapi juga harus dapat memprediksi bagaimana kondisi dan trend ke depan. Hal inilah yang menjadikan betapa sebuah intuisi harus mutlak dimiliki seorang entrepreneur.

2. Perhatikan Kondisi Saat Ini

Setelah berhasil memperoleh bayangan tentang kondisi dan trend di masa depan, saatnya membandingkan dengan saat ini. Temukan dan tentukan apa saja hal yang belum dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia saat ini.

3. Tuliskan Ide Anda

Jangan lupa untuk menuliskan ide Anda sekecil apapun, karena rangkaian ide kecil dapat membentuk sebuah ide besar yang mungkin dapat menjadi ide termahal yang pernah ada. 

4. Buat prototype

Buatlah prototype produk Anda. Tidak perlu sempurna, yang terpenting cukup mewakili model dan bentuk produk Anda sehingga dapat meyakinkan orang lain untuk mempercayai proyek startup Anda.

5. Temukan Partner

Tunjukkan prototype Anda kepada 100 orang kemudian yakinkan mereka bahwa produk ini akan booming. Cari dan seleksi partner yang dapat diajak bekerjasama sebagai pendiri perusahaan startup Anda.

6. Daftarkan Perusahaan

Daftarkan perusahaan Anda dalam bentuk PT sehingga dapat lebih mudah membagi saham. Selain itu dengan mendirikan PT akan menunjukkan bahwa Anda memiliki visi yang besar dan sangat serius dalam hal ini.

7. Cari Pendanaan

Pendanaan atau modal dapat diperoleh dengan berbagai cara, entah itu dengan patungan sesama pendiri atau mengajukan proposal kepada investor.

8. Launching

Peluncuran produk Anda berguna untuk memberi tahu orang lain tentang produk Anda. Membuat mereka mengetahui bahwa Anda telah membuat sesuatu. Sekaligus membuat mereka menggunakan produk Anda.

9. Evaluasi

Setelah launching, evaluasi hasilnya. Ada dua kemungkinan yang terjadi setelah launching. Kemungkinan pertama, user mungkin akan mencapai 1.000 orang lebih dan hal ini adalah permulaan yang baik. Namun kemungkinan kedua, user yang menggunakan aplikasi Anda tidak pernah kembali lagi. Jika hal ini terjadi, lakukan penyempurnaan aplikasi Anda, dan lakukan launching ulang. Follow up semua user Anda yang tidak kembali lagi sejak saat launching sebelumnya.

10. Pastikan Bertumbuh

Usahakan agar jumlah user selalu mengalami pertumbuhan, minimal sebanyak 5% dalam seminggu. Jika hal itu terus terjadi dan dapat dipertahankan maka dalam 4 tahun ke depan Anda akan mencapai 25 juta orang pengguna. 

0 comments:

Post a Comment