Inilah Cara Tradisional Mengobati Penyakit Kista Dan Pencegahannya

 
101dunia - Penyakit kista adalah sejenis tumor berupa benjolan berisi cairan yang berkembang di indung telur wanita. Sebagian besar wanita dapat mengalami penyakit kista namun biasanya tidak berbahaya dan dapat menghilang dengan sendirinya. Namun walaupun demikian sebaiknya kemunculan kista tidak dianggap remeh karena jika tidak langsung diobati maka dapat berubah menjadi penyakit yang berbahaya dan menyebabkan kemandulan. Oleh karena itu penyakit kista harus diantisipasi sedini mungkin. Berikut ini kita akan membahas jenis, gejala, penyebab, cara mencegah serta mengobati penyakit kista.
 
Cara Tradisional Mengobati Penyakit Kista Dan Pencegahannya

Jenis-jenis Penyakit Kista Ovarium

1. Kista Folikuler

Kista folikuler adalah jenis kista ovarium yang terjadi karena sel telur tidak dilepaskan pada saat ovulasi. Jenis kista ini terkadang dapat menimbulkan rasa nyeri namun pada umumnya tidak menimbulkan gejala dan menghilang dalam beberapa bulan.

2. Kista Korpus Luteum

Kista jenis ini adalah kista yang terbentuk setelah sel telur dilepaskan dari ovarium. Setelah sel telur terlepas dari ovarium maka ovarium tersebut akan berubah menjadi jaringan bernama korpus luteum yang akan menghilang jika tidak terjadi kehamilan. Namun terkadang jaringan tersebut dapat terisi dengan cairan dan darah walaupun pada awalnya tidak menimbulkan gejala.

3. Kista Dermoid

Kista ini dikenal sebagai kista jinak yang biasa dialami oleh wanita muda. Benjolan kista dermoid berisi jaringan tubuh seperti lemak, tulang, gigi, rambut, dan lain-lain.

4. Kista Endometrioma

Penyakit yang juga disebut kista cokelat ini adalah kista yang terbentuk karena adanya jaringan di dalam rahim yang terdapat di dalam ovarium. Pada saat menstruasi jaringan tersebut akan luruh dan mengeluarkan darah namun terjebak di dalam ovarium. Hal ini akan menyebabkan nyeri dan gangguan kesuburan pada wanita.

5. Kista Denoma

Jenis kista ini adalah tumor jinak yang berkembang dari jaringan ovarium berisi cairan lendir. Walaupun jinak tetapi panjang diameternya yang dapat mencapai lebih dari 12 inchi berpotensi mengganggu kesehatan.

Gejala Penyakit Kista

Pada dasarnya kemunculan kista pada indung telur tidak menimbulkan gejala tertentu, namun apabila kista tersebut berkembang dan membesar, pecah, atau menutupi aliran darah ke ovarium maka penderita akan merasakan gejala-gejala sebagai berikut:

- Sering buang air kecil
- Sering sembelit
- Keluar flek dari kemaluan
- Pembengkakan pada perut dan dada
- Merasa nyeri saat buang air besar
- Perut kembung
- Merasa pusing dan lelah
- Siklus menstruasi tidak teratur
- Mual dan muntah
- Nyeri payudara
- Gangguan pencernaan
- Panggul terasa nyeri ketika berhubungan intim
- Nyeri panggul sebelum menstruasi 
- Panggul, paha, dan punggung bawah sering terasa nyeri

Penyebab Penyakit Kista

Penyakit kista dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya sebagai berikut:

- Faktor genetik
- Lemak berlebih pada perut
- Hipotiroid
- Obesitas
- Terkena polusi udara dioksin
- Daya tahan tubuh kurang baik
- Pola makan tidak sehat
- Kurang olahraga

Mengobati Penyakit Kista

Berdasarkan tingkat keganasannya maka penyakit kista terbagi menjadi dua jenis yaitu kista non-neo plastik dan kista neoplastik.

1. Kista non-neoplastik

Jenis penyakit kista ini tidak perlu dikhawatirkan karena bersifat jinak dan akan mengecil dengan sendirinya dalam jangka waktu 2 hingga 3 bulan.

2. Kista neoplastik

Kista neoplastik harus diwaspadai dan diobati sedini mungkin. Cara mengobati kista jenis ini dapat dilakukan secara medis yaitu dengan pembedahan untuk mengangkat benjolan kista atau bisa juga dengan cara pengobatan tradisional menggunakan ramuan herbal.

Cara Tradisional Mengobati Penyakit Kista

- Cara mengobati kista dengan teripang

Teripang atau disebut juga mentimun laut adalah sejenis hewan laut yang dikenal dapat menghilangkan kista. Untuk dapat mengkonsumsi hewan ini Anda tidak perlu menangkapnya di laut, karena teripang telah hadir di pasaran baik dalam bentuk kapsul atau jelly.

- Cara menghilangkan kista dengan mahkota dewa

Mahkota dewa adalah sejenis tumbuhan yang daun dan buahnya dikenal dapat menyembuhkan penyakit kista. Caranya adalah rebus buah dan daun mahkota dewa dengan temu mangga hingga tersisa air setengahnya.Minum ramuan ini dengan teratur sebanyak dua kali sehari.

- Cara mengatasi penyakit kista dengan benalu teh dan rumput mutiara

Seperti namanya, benalu teh adalah sejenis tanaman benalu yang biasa tumbuh pada pohon teh. Benalu dan rumput mutiara direbus dengan air secukupnya. Minum air rebusan ini secara teratur dua kali sehari.

- Cara mengobati penyakit kista dengan kunyit putih

Bahan yang harus disiapkan dalam membuat ramuan ini adalah kunyit putih, pegagan, temu putih, dan tapak liman. Bahan-bahan tersebut dipilih yang sudah dalam keadaan kering dengan berat masing-masing 10 gram. Ambil cakar ayam yang masih segar dengan berat 30 gram, lalu campurkan semua bahan tersebut. Rebus dengan air sebanyak 1 ltr hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan ini sebanyak tiga kali sehari.

- Cara menyembuhkan kista dengan rumput mutiara dan buah mahkota dewa

Rumput mutiara dan buah mahkota dewa mengandung zat flavonoid yang berguna untuk mencegah peradangan sehingga dapat meringankan keluhan kista Anda. Cara membuat ramuan ini adalah dengan merebus rumput mutiara dan buah mahkota dewa hingga air tersisa setengahnya kemudian diminum secara teratur dua kali sehari.

Pantangan Makanan Penderita Penyakit Kista

Penderita penyakit kista harus rela mengikuti pantangan makanan agar penyakit kista yang dideritanya tidak bertambah parah. Berikut beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit kista:

1. Kacang kedelai
2. Air dengan kemasan plastik.
3. Makanan yang digoreng atau dibakar
4. Tauge, kangkung, dan sawi putih
5. Buah nanas, lengkeng, duku, durian dan nangka
6. Minuman bersoda dan mengandung alkohol
7. Segala jenis daging
8. Makanan laut

Mencegah Penyakit Kista

Daripada melakukan pengobatan tentu jauh lebih baik kita melakukan pencegahan. Untuk mencegah timbulnya kista pada ovarium, lakukanlah hal-hal berikut:

1. Kurangi asupan makanan mengandung lemak
2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan
3. Rajin berolahraga
4. Jangan menunda kehamilan
5. Banyak meminum air putih
6. Rajin menjaga kebersihan daerah kewanitaan

0 comments:

Post a Comment