Ternyata Inilah Cara Alami Memutihkan Gigi Kuning Dengan Mudah


101dunia - Selain berfungsi sebagai organ untuk menghancurkan makanan yang akan dicerna, gigi juga penting untuk menunjang penampilan Anda. Gigi yang rusak dan berwarna kuning dapat memberikan kesan jorok dan tidak sehat. Oleh karena itu banyak orang yang mendambakan gigi sehat dan berwarna putih bersih.

 

Banyak yang mendambakan memiliki gigi yang putih bersih, dan rela mengeluarkan biaya hingga jutaan rupiah hanya untuk meningkatkan penampilan. Namun cara-cara yang instan justru sering mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Memutihkan gigi dengan bahan kimia yang tidak alami seringkali menimbulkan efek samping. Hal yang sering terjadi adalah, bukannya menjadi putih malah sebaliknya gigi menjadi lebih kuning dibandingkan dengan sebelumnya.

Sebelum kita membahas tentang cara alami memutihkan gigi, terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebab gigi menjadi kuning berikut ini:

- Tidak rajin menyikat gigi dengan benar.
- Minuman berwarna (sirup, teh, kopi, soda, dll).
- Rokok
- Minuman beralkohol

Selain penyebab di atas, gigi kuning juga bisa jadi disebabkan oleh gen seseorang. Jika demikian, maka tidak perlu berkeinginan untuk memiliki gigi putih, yang terpenting bersih dan sehat.

Gigi yang berwarna kuning akibat faktor eksternal dapat dikurangi dengan melakukan cara-cara alami sebagai berikut:

Cara Alami Memutihkan Gigi Kuning Dengan Mudah

1. Cara memutihkan gigi menggunakan biji buah pinang

Biji pinang dibakar dan tumbuk hingga halus, gosokkan ke bagian gigi yang ingin diputihkan dengan memakai kain katun yang halus. Lakukan secara rutin minimal 2 minggu sekali.

2. Cara memutihkan gigi memakai kulit jeruk

Kulit jeruk yang masih segar akan membantu memutihkan gigi Anda. Kupas kulit jeruk dan gunakan bagian dalam kulit jeruk tersebut untuk menggosok gigi Anda. Lakukan secara rutin. Jika Anda memiliki gigi yang sensitif, lakukan cara ini paling sering setiap 2 minggu sekali karena kandungan vitamin C akan mengganggu gigi Anda yang sensitif.

3. Cara memutihkan gigi dengan ramuan garam dan jeruk nipis

Garam dan jeruk nipis dicampur sampai membentuk pasta gigi. Gosok gigi yang berwarna kuning dengan menggunakan campuran pasta ini. Namun jangan terlalu sering, karena garam yang berlebihan dapat merusak lapisan gigi.

4. Cara memutihkan gigi dengan arang kayu

Arang kayu dapat digunakan untuk memutihkan gigi yang berwarna kuning. Caranya adalah haluskan arang kayu dan gosok gigi Anda menggunakan serbuk arang kayu tersebut. Lakukan secara rutin hingga mencapai hasil yang mengagumkan. Hati-hati dalam menggosokkan serbuk arang kayu, karena jika tidak hati-hati dapat merusak email gigi Anda.

5. Cara menghilangkan warna kuning pada gigi menggunakan kulit pisang

Selain rasanya yang lezat, buah pisang juga memiliki kulit yang berkhasiat untuk memutihkan gigi. Bagian kulit yang dapat digunakan adalah bagian dalam. Gosokkan secara rutin ke permukaan gigi Anda selama 2 hingga 5 menit. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan gigi Anda menggunakan sikat gigi seperti biasa. Gunakan cara ini setiap minggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Cara menghilangkan kuning pada gigi menggunakan daun salam

Selain digunakan sebagai salah satu pelengkap resep makanan, daun salam juga dapat digunakan untuk menghilangkan warna kuning pada gigi. Cara melakukannya sangat mudah yaitu dengan menghaluskan daun salam dan mencampurnya dengan kulit jeruk kering yang juga telah dihaluskan. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta. Gosok gigi Anda dengan pasta tersebut.

7. Cara memutihkan gigi dengan buah strawberry

Buah strawberry banyak mengandung vitamin C yang berguna untuk kesehatan tubuh. Selain itu ternyata buah ini juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Cara penggunaannya sangat mudah, strawberry yang telah dihaluskan digosokkan ke permukaan gigi. Lakukan secara rutin setiap hari. Bersihkan gigi Anda setiap kali selesai melakukan cara ini agar gula yang menempel pada gigi menjadi hilang.

8. Cara memutihkan gigi dengan mengunyah sirih

Daun sirih memang dikenal berkhasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya kesehatan gigi. Tidak heran jika sejak dulu kebiasaan mengunyah sirih sangat populer di kalangan wanita masyarakat Jawa. Jika Anda menginginkan gigi sehat, kuat, dan berwarna putih cemerlang, silahkan coba mengunyah daun sirih secara rutin.

Cara-cara alami memutihkan gigi di atas dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Efeknya akan terasa dalam waktu yang singkat atau juga lambat, tergantung kadar kekuningan gigi Anda saat ini. 

Jika gigi Anda telah menjadi putih, jangan lupa untuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebelumnya seperti merokok, meminum kopi, dan lain-lain. Dengan demikian gigi Anda tidak akan berubah warna kembali.

Usahakan untuk sering mengkonsumsi buah dan sayuran seperti apel dan wortel karena akan membantu menjaga kesehatan gigi. Selain itu Anda dapat menggosok gigi menggunakan siwak secara teratur.

Demikian pembahasan mengenai cara alami memutihkan gigi kali ini, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment