Ini Dia Faktor Penyebab Dan Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami


101dunia - Kutil atau dalam istilah medis disebut sebagai Papilloma adalah salah satu jenis tumor kecil yang muncul akibat infeksi sejenis virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV). Virus tersebut menyerang lapisan kulit bagian atas atau selaput lender.

Ini Dia Faktor Penyebab Dan Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

HPV terdiri dari 1000 jenis virus lebih namun yang paling sering terjadi adalah serangan virus ke bagian kulit jari dan lengan.  Selain pada bagian tubuh tersebut, virus HPV juga dapat menyebabkan kutil di bagian-bagian tubuh lainnya seperti mulut, alat kelamin, dan anus.

Ukuran kutil bervariasi, semakin besar tentu akan semakin mengganggu penderita. Jika kutil dibiarkan tanpa ada tindakan apapun maka semakin hari akan semakin membesar. Oleh karena itu penanganan terhadap kutil harus dilakukan sedini mungkin.

Virus HPV yang menyebabkan kutil ini banyak dijumpai di kamar mandi, sumur, dan kolam renang. Oleh karena itu setelah berenang sebaiknya Anda membersihkan diri menggunakan sabun yang mengandung antiseptik. Virus ini dapat menular melalui berbagai cara di antaranya melalui kontak mulut, hubungan intim, dan pemakaian handuk dan bantal yang sama. Hindari pemakaian barang yang sama untuk mengurangi resiko penularan kutil.

Pada umumnya kutil berwarna serupa dengan warna kulit namun memiliki tekstur yang lebih kasar. Namun terkadang juga muncul dengan warna yang gelap. Jenis-jenis kutil di antaranya adalah:

- Common Warts

Kutil dengan jenis ini tumbuh dengan warna agak gelap. Permukaannya agak berbintik karena berisi darah yang membeku. Permukaan kutil terasa kasar ketika diraba dan biasanya dapat tumbuh di seluruh permukaan kulit tubuh.

- Filiform Warts

Jenis kutil ini berbentuk agak memanjang dan biasanya tumbuh pada daerah sekitar ketiak, leher, ataupun di sekitar mata.

- Plane Warts

Kutil jenis ini paling banyak menimpa anak-anak. Pada umumnya daerah kulit yang diserang adalah daerah sekitar tangan, kaki, dan wajah. Kutil ini berbentuk bulat, warna senada dengan kulit, dan jika diraba terasa halus.

- Plantar Warts

Kutil ini memiliki ciri berwarna putih cerah, agak keras, dan agak terasa sakit ketika ditekan. Kutil ini biasanya tumbuh di sekitar tumit, telapak kaki, atau di sekitar sela jari kaki.

Penanganan Penyakit Kutil

Penyakit kutil dapat ditangani baik secara medis maupun secara tradisional. Jika dilakukan secara medis maka penderita kutil akan menggunakan obat-obatan dari bahan kimia atas anjuran dokter kulit. Obat ini biasanya bekerja dengan cara membakar kutil.

Selain menggunakan obat kimia, dokter juga dapat melakukan penanganan penyakit kutil dengan cara melakukan tindakan bedah seperti bedah listik, bedah beku, atau bedah laser. 

Jika ingin menangani penyakit kutil tanpa berkonsultasi dengan dokter, penderita dapat mengobati kutil dengan mengoleskan larutan atau memakaikan plester yang mengandung asam laktat dan asam salisilat.

Cara Alami Menghilangkan Kutil

Bagi Anda yang lebih menyukai cara pengobatan tradisional maka kutil dapat diobati menggunakan cara berikut:

1. Menghilangkan kutil dengan cuka apel

Cuka apel mengandung zat yang sangat efektif untuk mengobati dan menghilangkan kutil. Teteskan cuka apel secukupnya pada kapas bersih lalu tempelkan pada kutil. Rekatkan kapas tersebut menggunakan perekat agar tidak lepas dan biarkan hingga mengering. Jika sudah mengering maka ganti kapas tersebut dengan yang baru. Lakukan cara ini berulang kali hingga beberapa hari kemudian kutil tersebut menghilang.

2. Mengobati kutil dengan bawang putih

Bawang putih dikenal mengandung berbagai zat yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit salah satunya adalah penyakit kutil. Tumbuk satu siung bawang putih hingga halus dan oleskan pada kutil. Biarkan hingga mengering dan ulangi cara ini selama beberapa hari hingga kutil mengelupas dan menghilang.

3. Mengatasi Kutil menggunakan kulit pisang

Selain berkhasiat untuk memutihkan gigi, kulit pisang bagian dalam juga bermanfaat untuk menghilangkan kutil secara alami. Gunakan sendok untuk mengerok bagian dalam kulit pisang hingga kulit pisang tersebut menjadi setipis mungkin. Lembutkan bagian putih hasil kerokan tersebut hingga menjadi semacam bubur. Oleskan ke permukaan kutil dan biarkan hingga mengering. Lakukan cara menghilangkan kutil ini berulang-ulang selama beberapa hari hingga kutil menghilang.

4. Menghilangkan kutil dengan kapur sirih

Kapur sirih dikenal berkhasiat untuk menghilangkan kutil secara alami. Campurkan kapur sirih dengan deterjen dan oleskan pada kutil. Setelah itu biarkan hingga mengering dan lakukan cara ini berulang-ulang setiap hari hingga kutil mengelupas.

5.  Mengobati kutil menggunakan kentang

Virus penyebab kutil yang disebut sebagai Human Papilloma Virus (HPV) dapat dikalahkan oleh potasium yang terdapat dalam kentang. Caranya kupas dan potong kentang kecil-kecil dan tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada kutil dan biarkan hingga mengering. Ulangi cara ini hingga kutil benar-benar menghilang.

Menghilangkan kutil dengan memanfaatkan bahan alami maupun kimia sebenarnya cukup mudah dilakukan. Bahan-bahan tersebut dapat dengan mudah ditemukan dan tidak memakan banyak biaya. 

Demikian pembahasan tentang faktor penyebab dan cara menghilangkan kutil secara alami, selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 comments:

Post a Comment