Fakta Menarik Tentang Kolonel Sanders Sang Pendiri KFC


101dunia - Anda pencinta makanan siap saji (fastfood) tentu sangat mengenal sebuah restoran yang berasal dari Amerika Serikat bernama Kentucky Fried Chicken atau biasa disingkat KFC. Memang seperti di negara asalnya, di Indonesia pun KFC bisa dibilang sebagai restoran siap saji yang menyediakan ayam goreng terbaik.

Fakta Menarik Tentang Kolonel Sanders Sang Penemu KFC

Ayam goreng tepung yang disediakan restoran ini memiliki rasa yang sangat berbeda dibandingkan dengan restoran siap saji lainnya. Namun tahukah Anda bahwa Kolonel Sanders sang pendiri restoran ini ternyata menyimpan berbagai fakta unik tentang dirinya? Berikut ini adalah fakta-fakta menarik tentang kolonel sanders sang penemu KFC.

1. Bukan Seorang Tentara

Kakek yang bernama lengkap Harland David Sanders ini mendapat gelar kolonel. Selama ini mungkin Anda berpikir bahwa beliau adalah seorang veteran perang atau purnawirawan tentara Amerika Serikat. Namun ternyata hal itu tidak benar.

Gelar kolonel diberikan oleh Gubernur Lawrence Wetherby kepadanya. Wetherby adalah gubernur negara bagian Kentucky pada saat itu. Pemberian gelar tersebut tidak mengikat Sanders untuk menjadi seorang abdi negara, dan ia pun tidak menerima gaji selama memakai gelar kolonel tersebut.

2. Sering Mengalami Kegagalan

Kolonel Sanders memutuskan untuk meninggalkan rumah karena sang Ibu menikah lagi setelah kematian ayahnya pada saat ia berumur 6 tahun. Kolonel mengambil keputusan tersebut karena merasa tidak menyukai ayah tirinya.

Setelah pergi dari rumah, Sanders kecil menjalani hidup dengan bekerja di berbagai institusi. Ia pernah bekerja sebagai pemadam kebakaran hingga salesman asuransi.

Ketika menikah dan menjalani kehidupan rumah tangga, Sanders ditinggalkan istrinya karena terlibat kasus penipuan. Beberapa lama kemudian ia mendapatkan gelar di bidang hukum, namun kembali mengalami pemecatan karena terlibat perkelahian di tempat kerja dengan kliennya sendiri.

3. Mulai Berjualan Ayam Goreng di Pom Bensin

Selain pernah bekerja sebagai salesman asuransi, Sanders juga pernah menjadi salesman ban di perusahaan ban terkenal, Michelin. Profesi tersebut adalah pekerjaan terakhir yang dia lakukan sebelum memutuskan untuk berjualan ayam goreng.

Sanders terpaksa harus berhenti bekerja di Michelin karena perusahaan itu menutup pabrik mereka di New Jersey. Namun Sanders masih memiliki sedikit keberuntungan, karena hubungan baiknya dengan seorang manajer di Standard Oil of Kentucky, ia ditawari untuk berbisnis sendiri di Nicolasville, Kentucky. 

Saat itu Sanders mendapatkan sebuah ruangan di sebuah pom bensin yang dapat dijadikan untuk berjualan tanpa harus membayar sewa tempat. Saat itu lah ia mulai berjualan ayam goreng di pom bensin tersebut.

4. Menjual Restoran

Lambat laun bisnis restoran yang dijalankan Kolonel Sanders mengalami perkembangan yang signifikan. Pada tahun 1964 ia dianggap berhasil menjalankan bisnis waralaba restorannya dengan baik. 

Tetapi karena merasa sangat tertekan dengan bisnisnya tersebut akhirnya Sanders menjual restoran KFC dengan harga USD 2 juta atau senilai Rp27 Miliar dan tetap menerima gaji tahunan sebanyak USD40.000 atau sebesar Rp548 juta.

5. Memaki Restoran Sendiri

Walaupun sudah tidak berada dalam manajemen KFC tetapi para pemilik yang baru tetap memakai tenaga Kolonel Sanders. Mereka mendaulat Sanders sebagai brand ambassador perusahaan tersebut. Oleh karena itu hingga sekarang kita masih dapat melihat wajah sang kakek di merek KFC.

Salah satu tugas yang diberikan kepada Sanders adalah untuk melakukan quality control atas ayam goreng restoran KFC. Dia berkeliling ke seluruh restoran KFC yang tersebar di Amerika Serikat dan mencicipi ayam goreng yang disediakan oleh setiap outlet. Apabila ayam goreng yang dicicipinya tidak sesuai dengan standar kualitas maka ia tidak sungkan memaki-maki karyawan dan juru masak outlet tersebut.

6. Pernah Mendirikan Restoran Pesaing KFC

Karena sering merasa kecewa ketika mencicipi ayam goreng yang disediakan KFC setelah Sanders menjual bisnis tersebut, ia memutuskan untuk mendirikan restoran yang menjual makanan yang sama dan diberi nama The Colonel's Lady.

Melihat hal tersebut KFC tidak tinggal diam, mereka menuntut Sanders dan pengadilan memutuskan bahwa Sanders kalah dan harus membayar kompensasi sebesar USD1 juta atau sebesar Rp13 Miliar.

Setelah kasus itu akhirnya Sanders menjual restoran tersebut. Hingga kini restoran The Colonel's Lady masih ada di Shelbyville, tetapi namanya telah berganti menjadi "Claudia Sanders Dinner House".

7. Terkenal Selalu Memakai Jas Putih dan Berjanggut Putih

Kolonel Sanders meninggal pada tahun 1980 akibat penyakit leukimia. Ia meninggal tidak sampai setahun setelah didiagnosis dokter mengidap penyakit tersebut. Hingga akhir hayatnya sang kolonel selalu memakai jas putih dan memelihara janggut putih sebagai ciri khasnya.

8. Pernah Ditolak Hingga 1009 kali

Cerita yang beredar bahwa Kolonel Sanders pernah ditolak hingga ribuan kali dalam menawarkan resep masakannya bukan lah isapan jempol semata. Kejadian tersebut benar adanya dan ia tidak pernah berhenti untuk menawarkan resep tersebut ke berbagai pemilik restoran.

Penolakan tersebut terjadi karena pada saat itu di Kentucky sangat jarang restoran yang menjual ayam goreng. Masyarakat Kentucky pada masa itu lebih menyukai daging ham atau steak, karena itu tidak mudah bagi pemilik restoran untuk mempercayai bahwa masakan tersebut akan populer seperti sekarang.
 

0 comments:

Post a Comment