Cara Mudah Dan Cepat Menghilangkan Jamur Pada Jaket Kulit


101dunia - Anda memiliki jaket kulit kesayangan? Tentu sangat mengecewakan jika jaket kulit tersebut dipenuhi jamur. Penyebab utama munculnya jamur pada jaket kulit adalah kelembaban udara. Jaket kulit yang dipenuhi jamur tentu akan merusak penampilan Anda. Karena itu Anda harus mengetahui cara mudah menghilangkan jamur pada jaket kulit.
 


Jaket kulit merupakan salah satu busana yang popularitasnya tidak lekang dimakan waktu. Walaupun dibuat dengan berbagai model sesuai dengan perkembangan mode, namun pemakaian kulit sebagai bahan pembuat jaket tetap diminati. 

Umumnya para pengendara motor sangat gemar memakai jaket kulit. Selain dapat melindungi tubuh dari angin yang menerpa sepanjang perjalanan, jaket kulit juga dapat mengurangi resiko luka pada kulit jika pengendara mengalami kecelakaan di jalan.

Pemakaian jaket kulit untuk berkendara di atas roda dua memang menyenangkan, namun seringkali kulit jaket akan menjadi lembab jika terkena hujan atau rembesan keringat. Jika hal itu dibiarkan maka jaket akan terserang jamur dan lama kelamaan akan merusak lapisan kulit jaket tersebut.

Kerusakan yang terjadi biasanya kulit jaket menjadi retak-retak dan tidak sedap dipandang mata. Selain itu kelembaban juga akan membuat aroma jaket menjadi tidak sedap. Sebelum membahas tentang cara mudah membersihkan jamur pada jaket kulit, alangkah baiknya kita memahami dulu penyebab munculnya jamur tersebut.

Penyebab Munculnya Jamur Pada Jaket Kulit

1. Menyimpan jaket terlalu lama di dalam lemari yang gelap dan lembab.
2. Menggantungkan jaket terlalu lama di dinding kamar yang gelap dan lembab.
3. Langsung menyimpan jaket setelah kehujanan
4. Rembesan keringat pemakai jaket kulit.

Berbagai hal di atas akan mengurangi umur pemakaian jaket kulit Anda. Oleh karena itu hentikan berbagai kebiasaan buruk tersebut agar tindakan perawatan dapat lebih mudah dilakukan.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Jaket Kulit Dengan Mudah

Membersihkan jamur pada jaket kulit dapat dilakukan dengan mudah. Pertama-tama, silahkan siapkan alat-alat berikut:

1. 2 buah Spons (seperti yang biasa dipakai untuk mencuci piring).
2. Minyak goreng.
3. Body lotion.
4. Semir semprot.

Setelah peralatan disiapkan, pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan jamur yang menempel pada jaket kulit menggunakan spons bersih. Gunakan bagian spons yang halus untuk membersihkan jamur dari permukaan kulit jaket. 

Untuk jamur membandel yang susah dibersihkan, Anda dapat menggunakan minyak goreng. Caranya teteskan sedikit minyak goreng di atas jamur tersebut dan gosok menggunakan spons secara perlahan. Jika masih sulit, gunakan sisi spons yang kasar namun harus berhati-hati agar tidak merusak kulit jaket.

Jika jamur berhasil dibersihkan, selanjutnya gunakan lotion kulit yang sering tersedia di pasaran. Gunakan lotion kulit yang memang berkualitas dan dipakai oleh orang banyak. Usapkan lotion secara merata pada permukaan kulit jaket dan diamkan sejenak agar meresap.

Siapkan spons yang masih kering dan bersih kemudian setelah lotion di permukaan kulit jaket telah mengering segera gosok seluruh permukaan jaket kulit bagian depan dan belakang. 

Setelah bersih dari jamur, diamkan jaket kulit Anda selama kurang lebih 15 menit. Ambil semir semprot yang biasa dipakai menyemir sepatu. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan warna jaket. Semprotkan pada seluruh permukaan kulit jaket Anda dan diamkan beberapa menit. Ratakan dengan menggunakan spons yang masih bersih dan kering.

Setelah jaket kulit Anda bersih dari jamur, keringkan dengan cara menggantungkannya di depan kipas angin. Atau bisa juga di luar ruangan tetapi pastikan tempat tersebut bersih dari hembusan angin berdebu dan jaket tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

Sekarang, jaket Anda sudah bersih dari jamur dan siap untuk dikenakan.

0 comments:

Post a Comment