Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan Secara Alami


101dunia - Walaupun bukan sejenis penyakit mematikan, namun radang tenggorokan akan membuat Anda tidak nyaman dan merasakan sakit yang mengganggu. Pada artikel kesehatan kali ini kita akan membahas tentang penyebab, gejala, dan cara mengobati penyakit radang tenggorokan secara alami.
 
Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan Secara Alami

Radang tenggorokan adalah penyakit yang terjadi karena adanya infeksi pada tenggorokan. Infeksi pada tenggorokan disebabkan suatu bakteri terutama bakteri yang termasuk kedalam group A Streptococcus. 

Penyakit ini dapat menjangkiti orang dengan berbagai usia, namun yang paling sering terserang adalah mereka yang berumur 5 sampai dengan 15 tahun. Penularan sangat mudah terjadi pada anggota keluarga atau mereka yang tinggal di rumah yang sama.

Gejala Radang Tenggorokan

Gejala yang biasa terjadi pada penderita penyakit radang tenggorokan adalah:
1. Tenggorokan terasa sakit dan kering
2. Amandel bengkak dan berwarna merah
3. Bintik merah kecil di langit-langit mulut
4. Terasa sakit ketika menelan makanan/minuman
5. Kelenjar getah bening di leher membengkak
6. Demam dan sakit kepala
7. Tubuh terasa lelah
8. Batuk, pilek, dan bersin-bersin
9. Mual dan muntah
10. Suara menjadi serak

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas maka sebaiknya segara melakukan pengobatan. Pengobatan penyakit radang tenggorokan dapat dilakukan secara alami tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk ke dokter. 

Cara Mengobati Penyakit Radang Tenggorokan Secara Alami

Berikut ini adalah cara alami untuk mengobati radang tenggorokan. Anda dapat memilih salah satu cara di bawah ini:

1. Madu dan lemon

Siapkan 2 buah lemon dan madu. Peras buah lemon dan masukkan airnya ke dalam secangkir air hangat. Campurkan dengan madu, aduk hingga merata. Minum ramuan ini secara rutin agar radang tenggorokan Anda segera sembuh.

2. Belimbing

Belimbing memiliki khasiat untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jus, tapi jangan ditambahkan gula karena akan mempersulit penyembuhannya.

3. Daun kemangi

Selain nikmat dimakan sebagai lalapan, daun kemangi juga dapat membantu menyembuhkan sakit radang tenggorokan. Siapkan daun kemangi secukupnya dan rebus dalam air hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut.

4. Teh Hijau dan jahe

Seduh teh hijau dengan air panas dan masukkan jahe kedalamnya. Minum secara rutin untuk menyembuhkan sakit radang tenggorokan Anda.

5. Bawang putih

Allicin yang terkandung di dalam bawang putih memiliki fungsi untuk memusnahkan virus atau kuman. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan cara dihancurkan dulu kemudian langsung dimakan. Sebelum ditelan diamkan dulu selama 1 menit di dalam pangkal mulut. Setelah itu kumur-kumur dengan air hangat.

Tips Ketika Menderita Sakit Radang Tenggorokan

Berikut ini adalah tips ketika sedang menderita sakit radang tenggorokan:

- Jangan mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung gula
- Perbanyak meminum air putih (8 gelas sehari)
- Istirahat dengan cukup

Demikian tips cara mengobati penyakit radang tenggorokan kali ini, semoga lekas sembuh.

0 comments:

Post a Comment