Cara Mendirikan Perusahaan Berbentuk Commanditaire Venootcshap (CV)


101dunia - Bagi Anda yang ingin melegalkan usaha yang akan atau sedang dijalankan, pilihan bentuk usaha yang dapat dipilih adalah Commanditaire Venootcshap (CV) atau Perseroan Terbatas (PT). Dua payung hukum yang banyak digunakan para pengusaha di Indonesia ini merupakan jenis yang berbeda dimana CV merupakan badan usaha sedangkan PT merupakan badan hukum.

Cara Mendirikan Usaha Berbentuk CV

CV didirikan minimal oleh dua orang dimana pihak pertama selaku pesero aktif (direktur) yang nantinya berhak melakukan segala tindakan pengurusan perseroan. Pihak yang kedua disebut pesero aktif (wakil direktur).

Perbedaan mendasar di antara kedua payung hukum tersebut terletak pada hak dan tanggung jawab pemilik usaha. Pemilik CV bertanggung jawab atas harta dan aset usaha hingga harta pribadi. Singkatnya, kekayaan pendiri CV tidak dapat dipisahkan dari kekayaan CV. Sedangkan kekayaan pendiri PT terpisah dengan kekayaan PT tersebut.

Dengan karakteristik CV tersebut di atas, jika terjadi kerugian maka pesero aktif (direktur) akan bertanggung jawab secara penuh dengan seluruh harta pribadinya untuk mengganti kerugian jika ada tuntutan oleh pihak ketiga. Sedangkan pesero komanditer hanya bertanggung jawab sebatas jumlah modal yang disetorkannya. 

Tempat pengurusan pendirian CV dan PT berbeda, pembuatan CV dilakukan di pengadilan negeri sedangkan pembuatan PT dilakukan di Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Modal yang diperlukan untuk mendirikan CV dan PT pun berbeda dimana untuk membuat PT memerlukan modal dasar minimal sebesar Rp50 jt sedangkan modal dasar CV tidak ditentukan. Jika usaha Anda masih tergolong Usaha Kecil dan Menengah maka CV adalah pilihan terbaik saat ini.

Proses pendirian CV lebih mudah daripada mendirikan PT karena ketika mengajukan nama CV kepada notaris untuk dibuatkan Akta, tidak perlu dilakukan pengecekan nama CV terlebih dahulu. Dengan demikian proses pembuatannya juga akan memakan waktu lebih singkat.

Persyaratan Mendirikan CV

Untuk mendirikan CV, terdapat beberapa dokumen yang harus disiapkan di antaranya:

- Foto copy KTP pengurus (minimal 2 orang).
- Foto copy Kartu Keluarga pengurus.
- Foto copy NPWP pengurus.
- Pas photo pengurus ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (berwarna).
- Foto copy PBB tahun terakhir sesuai domisili usaha.
- Kontrak sewa bangunan kantor (jika bangunan kantor merupakan sewa).
- Surat Keterangan Domisili Perusahaan
- Foto bangunan kantor (tampak depan dan tampak belakang).

Hal-hal Yang Ditetapkan Sebelum ke Notaris

- Nama CV.
- Nama pengurus.
- Tempat kedudukan CV.
- Maksud dan tujuan pendirian CV.

Kepengurusan pembuatan CV di notaris sebaiknya dilakuan sampai selesai hingga Anda mendapatkan seluruh kelengkapan legalitas usaha sebagai berikut:

1. Akta pendirian
2. Surat Pengukuhan Perusahaan Kena Pajak (PKP)
3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
4. Surat Keterangan Domisili Perusahaan
4. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Biasanya proses pendirian CV akan memakan waktu sekitar 2 bulan. Besarnya biaya pendirian berbeda-beda tergantung tarif yang ditentukan oleh notaris. Anda dapat melakukan negosiasi harga, namun rata-rata biaya pendirian CV tidak lebih dari Rp5 juta.

0 comments:

Post a Comment