Cara Memperbaiki Keran Air Yang Patah Di dalam Pipa


101dunia - Langkah paling mudah memperbaiki keran air yang patah di dalam sambungan pipa adalah memanggil tukang ledeng atau tukang bangunan. Namun bagaimana jika saat itu tukang bangunan langganan Anda tidak bisa datang untuk menolong Anda? Cara satu-satunya adalah dengan melakukan perbaikan dengan tangan Anda sendiri.
 
Cara Memperbaiki Keran Air Yang Patah Di dalam Pipa

Cara memperbaiki keran yang patah di dalam sebenarnya cukup mudah dan tidak akan memakan waktu terlalu lama. Anda tinggal mengganti keran tersebut dengan yang baru. Berikut adalah peralatan dan bahan yang dibutuhkan:

1. Gergaji besi ukuran kecil (lebar 1 cm s.d 1,5 cm)
2. Obeng pipih
3. Sealtape
4. Keran air baru
5. Palu

Sebelum menggunakan gergaji untuk memotong sisa patahan keran di dalam pipa, sebaiknya coba ketuk dengan obeng pipih dan palu. Jika patahan tersebut dapat dibersihkan dengan cara seperti itu maka tidak perlu menggergajinya. Namun jika tidak bisa maka Anda harus melakukan langkah yang kedua yaitu dengan menggunakan gergaji besi.

Gunakan gergaji besi untuk memotong drat keran yang tersisa di dalam pipa air. Potong bagian atas, kiri, kanan, dan bawah dengan memasukkan gergaji ke dalam lubang pipa. Potong dengan hati-hati jangan sampai merusak ulir drat pipa.

Lepaskan potongan drat dari ulir pipa menggunakan obeng pipih yang telah disiapkan. Congkel kepingan demi kepingan hingga pipa bersih dari semua patahan keran.

Masukkan keran air baru ke dalam pipa air dengan cara memutar searah jarum jam. Jangan lupa menggunakan seal tape agar air tidak merembes dari sisi lubang pipa. Selesai.

0 comments:

Post a Comment