Cara Cepat Dan Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami


101dunia - Cara cepat dan mudah menghilangkan karang gigi secara alami sangat perlu dilakukan karena keberadaan gigi sangat penting bagi tubuh manusia. Karang gigi atau plak adalah salah satu gangguan yang sering terjadi pada gigi sehingga menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan lambat laun akan merusak permukaan gigi.

Cara Cepat Dan Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Pada dasarnya kemunculan karang gigi disebabkan karena adanya sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi sehingga lama kelamaan menjadi karang yang menempel dengan kuat. Membersihkan kotoran gigi yang telah menjadi plak atau karang tidak lah mudah dan seringkali membutuhkan bantuan dokter gigi. Namun berikut ini kita akan membahas cara cepat dan mudah menghilangkan karang gigi secara alami sehingga kita dapat membersihkan gigi tanpa perlu penanganan oleh dokter.

Penyebab Timbulnya Karang Gigi

Agar dapat mencegah munculnya karang gigi, kita harus mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan timbulnya karang gigi.

- Terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis dan bertepung
- Tidak rutin menggosok gigi
- Merokok

Cegahlah karang gigi dengan menghindari hal-hal di atas, karena selain menyebabkan bau mulut karang gigi juga dapat menimbulkan infeksi pada gusi sehingga berpotensi menimbulkan berbagai penyakit lain yang justru mematikan.

Tips Cara Cepat Dan Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

1. Rutin Menggosok Gigi

Meskipun membersihkan plak atau karang gigi tidak dapat dilakukan hanya dengan menggosok gigi secara biasa tetapi dengan rutin menggosok gigi maka selain akan mencegah penebalan karang gigi tersebut juga akan membantu memudahkan proses pembersihan karang gigi tersebut. Gosoklah gigi Anda secara rutin, pastikan untuk menggosok gigi dengan cara yang benar yaitu dengan cara memutar kepala sikat gigi searah jarum jam.

2. Menggunakan kulit jeruk

Kulit jeruk dapat digunakan untuk membersihkan plak atau karang gigi pada gigi Anda. Caranya yaitu dengan menggosokkan kulit jeruk pada karang gigi secara berulang-ulang. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang cepat dan maksimal.

3. Apel

Apel sangat baik untuk bagi kesehatan Anda, selain dapat memutihkan gigi apel juga dapat menghilangkan karang gigi. Kunyah daging buah apel menggunakan bagian gigi yang terkena plak atau karang gigi. Selain itu vitamin C yang terkandung dalam buah apel sangat baik untuk kesehatan gigi Anda.

4.Buah dan sayuran

Mengkonsumsi buah dan sayuran dapat berkhasiat membersihkan gigi Anda dari plak dan karang gigi. Biasakan untuk mengunyah buah dan sayuran pada saat satu jam setelah makan. Kunyah lah selama beberapa menit sebelum ditelan agar dapat menghilangkan plak dan karang gigi Anda.

5. Menggunakan cengkeh

Cengkeh dapat membantu membersihkan karang gigi Anda. Cara menggunakan cengkeh untuk membersihkan plak pada gigi adalah dengan cara menggosokkannya pada plak yang terdapat di sela-sela gigi kemudian dilanjutkan dengan berkumur.

6. Baking soda

Baking soda adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu membersihkan karang gigi. Cara penggunaannya yaitu dengan menggunakan baking soda sebagai pengganti pasta gigi. Gosok gigi Anda dengan cara seperti biasa.

7. Biji wijen

Biji wijen dapat digunakan untuk menghilangkan plak atau karang gigi. Ambil segenggam biji wijen dan kunyah selama 4 hingga 5 menit, kemudian keluarkan lagi wijen yang telah dikunyah tersebut. Gosok gigi Anda menggunakan wijen yang telah dikunyah tersebut karena wijen yang telah dikunyah berfungsi untuk membantu membersihkan dan menghilangkan karang gigi.

8. Biasakan berkumur setelah makan

Menggosok gigi terlalu sering juga ternyata tidak baik untuk kesehatan gigi. Karena itu untuk menjaga kebersihan gigi, cukup dengan membiasakan diri berkumur setelah makan.

Baca juga: Cara Mengobati Gusi Bengkak Yang Sakit Dengan Mudah

0 comments:

Post a Comment