Umat Islam Dilarang Solat di Waktu Ini


101dunia - Sholat adalah tiang agama bagi pemeluk agama Islam. Sholat wajib terbagi menjadi 5 waktu yaitu Subuh, Dzuhur, Asyar, Maghrib, dan Isya. Diluar sholat wajib tersebut umat islam disarankan untuk melakukan sholat sunah. Sholat sunah terdiri dari berbagai jenis, tergantung sebab dan tujuannya. Dan tujuan utama sholat sunnah adalah untuk mendapat pahala dari Allah SWT.


Namun terdapat waktu-waktu tertentu dimana umat islam dilarang untuk sholat. Waktu-waktu tersebut adalah sebagai berikut:

1. Setelah sholat subuh hingga matahari terbit.
2. Waktu condong matahari hingga tengah hari.
3. Waktu tenggelamnya matahari.

Apabila ketiga hal tersebut dijabarkan lebih lanjut maka akan diperoleh kesimpulan bahwa waktu-waktu terlarang tersebut meliputi:

1. Setelah shubuh sampai terbitnya matahari.
2. Setelah 'Asyar sampai matahari menguning (hampir tenggelam). 
3. Tengah hari sekitar 10 menit sebelum adzan Dzuhur.
4. Sejak menguningnya matahari hingga terbenam.

Dari 'Uqbah bin 'Amir r.a, dia berkata "Ada tiga waktu yang Rasulullah SAW melarang kami untuk untuk sholat atau mengubur mayat pada waktu-waktu tersebut, yaitu ketika matahari terbit hingga dia meninggi, ketika bayangan seseorang nampak tegak lurus saat dia berdiri dibawah sinar matahari hingga condongnya matahari, ketika pancaran sinar mathari semakin berkurang saat hendak terbenam hingga waktu terbenamnya." (hadits shahih, diriwayatkan oleh Ibnu Majah, Muslim, Abu Daud, dan Tirmidzi).

Para ulama mengeluarkan dua pendapat yang berbeda mengenai waktu larangan solat ini. Dua pendapat ulama tersebut adalah:

  1. Solat sunnah boleh dilaksanakan pada waktu-waktu terlarang untuk melaksanakan solat, jika ada sebab melaksanakannya.
  2. Solat sunnah tidak boleh dilaksanakan pada waktu-waktu terlarang untuk melaksanakan sholat walaupun ada sebab untuk melaksanakannya.
Dalam hal ini, pendapat yang paling kuat adalah pendapat yang pertama, karena terdapat perintah solat yang dapat dilakukan di waktu-waktu tersebut seperti solat tahiyyatul masjid, shalat gerhana, istisqo, dan solat sunnah setelah berwudhu menjelang sholat dzuhur.

Adapun jika kita sekedar sholat di waktu terlarang tanpa ada sebab maka hal itu tidak diperbolehkan. Wallaahu 'alam.

0 comments:

Post a Comment