Sejarah Lahirnya Motocross Di Dunia


101dunia - Dewasa ini perkembangan motocross di Indonesia melonjak signifikan. Hal ini terlihat dari semakin menjamurnya komunitas-komunitas motocross di berbagai kota di seluruh Indonesia. Setiap hari Sabtu atau Minggu kita dapat melihat konvoi motocross yang beriringan menuju ke arah perbukitan atau pegunungan.

Menunggang motor sejenis ini memang mengasyikan dan sangat memacu adrenalin, apalagi jika melaju diatas track tanah, lumpur, atau bebatuan yang tidak rata. Motor biasa tidak akan mampu untuk melewati track  seperti disebutkan diatas, oleh karena itu diciptakanlah motor off road yang salah satunya adalah motocross.

Motor off road dibagi menjadi dua jenis yaitu motocross dan enduro. Jenis motocross biasanya digunakan di lintasan jarak pendek yang diberi berbagai rintangan. Tangki bahan bakar berukuran kecil disematkan di motor ini untuk menjaga agar bobotnya tetap ringan. Suspensi dirancang dengan ukuran yang tinggi agar motor ini dapat melompat dengan berbagai ketinggian.

Motocross
Motocross
Jenis motor off road yang kedua adalah enduro. Motor jenis ini biasanya didesain dengan berbagai kelengkapan seperti lampu, klakson, dan lampu sign. Motor enduro dirancang dengan ukuran tangki yang besar agar dapat menampung bahan bakar lebih banyak. Tipe olahraga enduro sendiri biasa memakan waktu satu hingga dua hari, karena tujuannya adalah uji ketahanan fisik pengendara dan motornya.

Enduro
Enduro
Sejarah motocross dimulai pada musim panas tahun 1906 ketika sebuah klub motor, Auto Cycle Club, menggelar kejuaran time trial mereka untuk pertama kali. Orang-orang sangat menikmati tontonan uji kecepatan tersebut dan tidak lama setelah itu kompetisi time trial tersebut semakin populer dan menjadi acara mingguan.

Perlombaan resmi yang pertama diadakan pada musim gugur tahun 1924 di pinggiran kota Camberely, Inggris Raya. Balapan ini mulai semakin populer di seluruh Inggris dan akhirnya disebut motocross. Motocross adalah perpaduan dari kata "motorcyclette" dan "cross country". Pada saat itu jenis motor yang digunakan dalam balapan ini serupa dengan motor yang biasa dipakai di jalanan. Karena itu pengembangan teknologi terus dilakukan untuk dapat meningkatkan keselamatan pengendara dan kecepatan motor.

Setelah sempat terhenti akibat perang dunia kedua, akhirnya pada tahun 1952 motocross hidup kembali dengan diadakannya Europian Championship Series, Akhirnya hingga kini kejuaraan motocross semakin populer dan digelar di berbagai penjuru dunia.

0 comments:

Post a Comment