Rekomendasi Tujuan Wisata Kuliner Di Bandung


101dunia - Sudah sejak lama Bandung terkenal sebagai kota tujuan wisata. Selain karena keindahan alam dan udaranya yang sejuk, Bandung juga terkenal karena penduduknya yang ramah terhadap wisatawan. Bagi Anda penggemar wisata kuliner, Bandung adalah kota yang tepat. Berbagai hidangan tersedia di kota Bandung, dari hidangan murah meriah hingga yang harganya selangit. Berikut ini adalah rekomendasi tujuan wisata kuliner di Bandung:

1.  Iga Bakar Si Jangkung


Iga bakar si Jangkung


Tempat makan tenda di pinggir jalan ini terletak di Jalan Cipaganti. Jalan Cipaganti adalah salah satu jalan dimana terdapat rumah-rumah mewah di sisi kanan dan kirinya. Hidangan ini disebut Iga Bakar Si Jangkung karena penjualnya memiliki postur tubuh yang tinggi.

Perbedaan dengan iga bakar yang lain adalah tidak adanya tulang yang biasanya disertakan di warung iga bakar yang lain. Iga bakar ini disajikan dengan nasi panas dan ditaburi dengan taburan yang dapat dipilih yaitu bawang merah, cabe rawit, atau tomat.

Rasa iga bakar si jangkung sangat lezat. Dengan cita rasa manis dan gurih. Rahasia kelezatan hidangan ini adalah daging direbus terlebih dahulu selama 3 jam kemudian dipanggang dan dipanaskan dengan alat masak yang terbuat dari tanah liat.

Alamat:
Jl. Cipaganti
Bandung
No telp: 0811 220 5513

2. Martabak Andir


Martabak Andir Bandung


Masyarakat Indonesia tentu sudah mengenal martabak. Martabak manis ataupun martabak telor cukup digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Saat Anda berwisata ke Bandung jangan lupa untuk mencicipi martabak Andir yang sudah sangat terkenal bagi mereka pecinta wisata kuliner.

Jenis martabak yang paling laris disini adalah martabak durian. Harganya yang relatif lebih mahal dibanding martabak biasa tidak menyurutkan niat orang-orang yang memang sangat mencintai kelezatannya.

Alamat:
Jl. Jend. Sudirman No. 413
Bandung
No telp. 022 6015386

3. Mie Kocok Mang Dadeng

Mie kocok adalah salah satu makanan khas Bandung yang banyak terdapat di kota Paris Van Java ini. Mie kocok merupakan mie kuning yang direbus dan dihidangkan dengan taburan tauge, potongan kikil dari kaki sapi, sumsum sapi, taburan daun seledri dan bawang goreng.



Mie kocok yang paling terkenal di Bandung adalah Mie Kocok Mang Dadeng. Perbedaan dengan mie kocok lainnya, Mie Kocok Mang Dadeng menggunakan 27 macam bumbu rempah-rempah. Selain itu sumsum sapi yang dihidangkan pun lebih banyak dibandingkan dengan mie kocok lainnya.

Alamat:
Jl. Banteng No. 67

4. Warung Nasi Bu Tatang

Bagi warga daerah Sekeloa, Dago, Tamansari dan sekitarnya, khususnya mahasiswa, tentu sudah sangat mengenal Warung Nasi Bu Tatang. Lokasinya memang dari jalan Dipatiukur masuk ke jalan Sekeloa, kendaraan roda empat akan mengalami kesulitan untuk parkir. Oleh karena itu apabila Anda datang menggunakan kendaraan roda empat sebaiknya diparkirkan di Fakultas Kedokteran Gigi Unpad yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi. Walaupun memerlukan perjuangan lebih untuk mencapai lokasinya, namun warung nasi ini selalu penuh pengunjung.

Warung Nasi Bu Tatang


Warung Nasi Bu Tatang menyediakan berbagai makanan khas sunda seperti ayam goreng, ikan mas, ikan kerapu, ikan bawal, udang goreng, ikan mujaer, gepuk, sop ayam, sayur asem, karedok, dll. Yang paling membuat istimewa adalah sambal terasinya yang biasa dibuat mendadak ketika ada pelanggan memesan makanan. Menyantap makanan disini biasanya akan membuat Anda berlumur keringat karena kelezatannya.

Anda tertarik makan di warung makan bercitarasa makanan rumahan ini? Kalau begitu jangan sampai datang lebih dari jam 12 siang, karena makanan disitu kemungkinan besar telah habis alias sold out. Kalau baru bisa datang jam 12 siang, pesanlah makanan beberapa jam sebelumnya agar tidak kehabisan.

Alamat:
Jalan Sekeloa,
Bandung
Telp: 022 2503872

5. Batagor H. Isan




Batagor adalah singkatan dari baso tahu goreng adalah makanan khas kota Bandung. Penjual jajanan ini bertebaran di Bandung, baik penjual keliling ataupun mangkal. Salah satu yang paling terkenal murah meriah tapi lezat adalah Batagor H. Isan.

Batagor H. Isan sudah sangat terkenal terutama bagi mereka pecinta kuliner. Basonya terbuat dari daging ikan berkualitas dengan bumbu yang gurih. Harga yang relatif terjangkau membuat Batagor H. Isan selalu dipenuhi pengunjung setiap hari.

Alamat:
Jl. Cikawao No. 67
Bandung

6. Batagor Riri



Batagor Riri sangat populer bukan hanya di kalangan masyarakat biasa tapi juga kalangan selebritis. Hal itu dapat terlihat dari foto para selebritis yang berjejer di dinding ruangan. Keunggulan Batagor Riri dibanding yang lain adalah ukuran baso dan siomaynya yang besar. Dengan memakan satu potongan saja sudah sangat membuat kenyang.

Kepopuleran Batagor Riri memang wajar, karena selain berukuran besar batagor ini juga memiliki rasa yang enak. Bakso tahu dan siomaynya sangat lembut, sementara bumbunya terasa gurih dan cukup pedas.Gurihnya ikan tenggiri sangat terasa di lidah, karena makanan ini digoreng dengan tidak terlalu banyak memakai tepung.

Alamat:
Jl. Burangrang No. 41
Bandung
No telp. 022 7303349

7. Rumah Makan Tulang Jambal




Anda pecinta makanan pedas pasti akan sangat menikmati makanan ini. Nasi putih dihidangkan dengan tulang ikan jambal roti dilumuri bumbu pedas, pasti akan membuat Anda bermandikan keringat. 

Ikan jambal roti adalah sejenis ikan asin yang berasal dari daerah pantai Pangandaran. Alih-alih menghidangkan dagingnya, rumah makan ini malah memasak tulangnya walaupun masih ada sedikit daging yang membungkus tulang tersebut.

Bangunan rumah makan ini memiliki lay out yang rapi dan bersih. Walaupun di sekitar rumah makan tersebut berjejer bangunan rumah yang tergolong mewah tetapi harga nasi tulang jambal ini masih relatif terjangkau.

Alamat;
Jl. Sumur Bandung
Bandung

0 comments:

Post a Comment