Rahasia 11 Orang Berumur Paling Panjang Di Dunia


101dunia - Terlepas dari takdir yang diberikan Tuhan kepada manusia, setiap orang tentu menginginkan untuk dapat berumur panjang dan sehat selalu. Karena dengan memiliki umur panjang, manusia mempunyai lebih banyak kesempatan untuk menikmati hidup dan berbuat kebaikan sebagai bekal di akhirat kelak.

Pada hakikatnya umur adalah di tangan Tuhan, tidak ada yang dapat memprediksi kapan seseorang akan meninggal. Namun secara syari'at, akan selalu ada korelasi antara umur dengan faktor-faktor lain seperti iklim, ras, serta gaya dan pola hidup. Di dunia ini tercatat ada beberapa orang yang dianugerahi umur yang begitu panjang. Perbedaannya sangat jauh dibandingkan dengan rata-rata umur manusia saat ini. Siapa saja kah mereka? Dan apa rahasianya sehingga mereka berumur panjang? Berikut akan kita ulas satu persatu.

11. Johanna Klink


Orang Paling Tua Di Dunia - Johanna Klink


Nenek di Jerman ini dinobatkan sebagai manusia paling tua di negara tersebut. Pada saat meninggal ia berumur 112 tahun dan 1 bulan. Walaupun memiliki waktu hidup yang panjang, ia hanya menikah 3 kali dan dianugerahi 1 orang anak. 

Johana tinggal di panti jompo sejak tahun 2004 dan dianugerahi tubuh dan mental yang sehat hingga akhir hayatnya. Sebelum meninggal dunia, ia mengungkapkan rahasia panjang umurnya, "Saya merasa sangat baik seperti berusia 60 tahun dan baru saja pensiun. Rahasia untuk hidup lebih lama adalah diet sederhana dan ringan, dan yang utama adalah sup yang kubuat hanya menggunakan beberapa tetes minyak atau mentega." 

10. Orma Slack


Orang Paling Tua Di Dunia - Orma Slack


Umurnya hampir sama dengan Johanna, hanya berbeda 1 bulan lebih tua. Orma Slack lahir pada tanggal 19 Februari 1903 di Kanada, beberapa bulan sebelum pesawat pertama ditemukan dalam sejarah. Wanita ini meninggal tahun 2015 pada usia 112 tahun 2 bulan.

Dahulu Orma adalah seorang guru. Ketika pensiun saat berumur 64 tahun, ia berkeliling dunia bersama suaminya yang meninggal pada tahun 1988. Orma masih menikmati hidupnya pada saat-saat terakhir, bahkan ia masih dapat bermain ski ketika umurnya telah mencapai 109 tahun. 

Orma mengatakan bahwa rahasia umur panjangnya adalah, "Sejak aku kecil, dunia tidak pernah berubah menjadi semakin baik atau semakin buruk. Segala sesuatu tidak pernah berubah, jadi ikuti saja kemana dia mengalir. Aku tidak pernah melakukan sesuatu yang istimewa hingga bisa sampai pada umurku sekarang, tapi mungkin rahasianya adalah aku selalu berpikir positif dalam melihat orang-orang dan kehidupan. Saya tak ingat pernah mengatakan hal yang buruk pada tetangga, keluarga, atau teman."

9. Sakari Momoi


Orang Paling Tua Di Dunia - Sakari Momoi


Sakari Momoi adalah pria tertua di dunia sebelum ia meninggal pada bulan Juli 2014 saat berumur 112 tahun. Kakek ini lahir pada 5 Februari 1903, dan mengabdikan dirinya sebagai guru hingga menjadi kepala sekolah. Sakari dinobatkan sebagai laki-laki yang berumur paling panjang dalam catatan sejarah modern.

Sakari Momoi menceritakan rahasia umur panjangnya, "Aku tak tahu apa rahasia panjang umurku, sederhananya adalah aku belum juga mati. Aku terbiasa berolahraga, makan sekedarnya dan tak pernah meminum alkohol. Tapi itu hanya jalan hidupku, bukan rahasia hebat."

8. Ethel Lang


Orang Paling Tua Di Dunia - Ethel Lang


Ethel lahir pada 27 Mei 1900. Ia dinobatkan sebagai manusia tertua di Inggris dan kedua tertua di Eropa. Pada saat meninggal tahun 2015 usianya telah mencapai 114 tahun 7 bulan. Semasa hidupnya ia pernah bekerja di pabrik garmen sejak berumur 13 tahun. Keluarganya dari pihak ayah juga banyak yang berumur panjang.

Rahasia Ethel yang pernah disampaikannya adalah, "Aku tak pernah merokok dan tak pernah minum alkohol. Aku sering meminum teh, memasak sendiri makananku, dan membuat roti sendiri. Sepanjang yang kuingat, aku selalu bergerak dan tak pernah gemuk. Aku selalu perduli pada kesejahteraan masyarakat dan suka menari. Aku terakhir menari pada usia 107 tahun."

7. Violet Brown


Orang Paling Tua Di Dunia - Violet Brown
Add caption


Violet Brown lahir pada tanggal 10 Maret 1900 di Jamaika. Masih teringat jelas di benaknya kehidupan sewaktu dia masih kecil, betapa saat subuh ia harus berjalan kaki tanpa sandal sejauh 7,5 km hanya untuk mengambil air untuk keluarganya dan setelah itu langsung berangkat ke sekolah pada jam 9 pagi. Beratnya kehidupan masa kecil Violet dirasakan karena ia lahir pada saat Jamaika masih dijajah oleh Inggris. 

Violet mengungkapkan rahasia umur panjangnya, "Hari-hari kuhabiskan dengan membaca buku dan puisi, rahasia umur panjangku adalah keyakinan kepada Tuhan dan perintah-Nya."

6. Emma Morano Martinuzzi


Orang Paling Tua Di Dunia - Emma Morano Martinuzzi


Emma adalah orang paling tua di Italy. Ia lahir pada 29 November 1899. Suaminya meninggal lebih dahulu pada tahun 1978. Sebelumnya, anak mereka meninggal di usia 6 bulan. Sejak itu hingga kini di umurnya yang ke 115 ia masih hidup sendiri. 

Rahasia yang pernah disampaikan oleh Emma, "Aku tak pernah menyentuh obat-obatan dan hanya minum brandy saat di rumah. Aku makan tiga butir telur setiap hari dan cokelat sesekali. Tapi yang paling utama, selalu berpikir positif tentang masa depan adalah rahasia mengapa aku hidup begitu lama."

5. Jeralean Talley


Orang Paling Tua Di Dunia - Jeralean Talley


Jeralean terkenal sebagai orang paling tua di dunia antara April 2015 hingga kematiannya di bulan Juni tahun yang sama. Lahir pada tahun 1899, wanita yang tinggal di Inkster, Negara Bagian Michigan, Amerika Serikat ini meninggal pada umur 116 tahun. Putri Talley, Thelma mengungkapkan bahwa sebelum meninggal sang ibu dirawat di rumah sakit karena terdapat cairan di paru-parunya. 

Jeralean meninggalkan satu orang putri dan tiga generasi cucu. Sebelum itu, suaminya, Alfred Talley meninggal pada 1988 di usia 95 tahun.  

Rahasia umur panjangnya adalah, "Aku tak pernah berhenti bergerak, bahkan pada usiaku saat ini aku masih tetap sibuk merajut. Aku bermain boling hingga berusia 104 tahun. Berhenti sejak kakiku menjadi lemah. Kadangkala aku memancing dengan menantu dan cucu. Aku hanya punya satu aturan emas dalam hidup, Perlakukan orang lain seperti kamu ingin mereka memperlakukan Anda."

4. Susannah Mushat Jones 


Orang Paling Tua Di Dunia - Susannah Mushat Jones


Susannah adalah warga Amerika tertua yang masih hidup hingga saat ini. Lahir pada 6 Juli 1899 di Lowndes County, Alabama dan saat ini berumur 116 tahun 3 bulan. Kakeknya adalah seorang budak merdeka yang melarikan diri bersama keluarganya dan akhirnya menjadi petani. 

Susannah tak ingin meneruskan jejak orangtuanya sebagai petani, jadi selepas tamat sekolah pada tahun 1922 ia memutuskan ingin menjadi guru. Karena orangtuanya tidak sanggup memberikan biaya kuliah maka Susannah pindah ke New York dan menjadi seorang pengasuh bayi dengan gaji $7 satu minggu. 

Rahasia umur panjang Susannah, "Aku mengunjungi dokter hanya sebanyak 4 kali dalam satu tahun dan tidak pernah meminum obat selain obat hipertensi. Saat berumur 100 tahun diabetes telah membutakan mataku tapi aku menolak untuk diobati atau dioperasi. Selama hidup aku menghindari rokok, alkohol, rias wajah, bahkan pewarna rambut. Aku tidur 10 jam setiap malam dan tidak menikah lagi."

3. Gertrude Weaver


Orang Paling Tua Di Dunia - Gertrude Weaver


Gertrude lahir pada 4 Juli 1898 di Lafayette County, Arkansas yang merupakan suatu daerah dekat dengan perbatasan Texas. Wanita ini memiliki 4 orang anak namun semuanya meninggal lebih dahulu. Anak yang terakhir menemaninya berumur 94 tahun saat meninggal. Saat berumur 104 tahun Gertrude pindah ke panti jompo. Walaupun tubuhnya semakin melemah seiring dengan semakin bertambahnya usia, tetapi ia tidak pernah absen dari mengikuti kegiatan di panti tersebut.

Rahasia Gertrude yang pernah diungkapkan adalah, "Rahasiaku adalah keyakinan kepada Tuhan, bekerja keras, mencintai semua orang, dan selalu melakukan apapun yang bisa dilakukan. Dan jika tidak mampu maka jangan lakukan."

2. Misao Okawa


Orang Paling Tua Di Dunia - Misao Okawa

Wanita ini adalah orang paling tua di Jepang. Lahir pada 5 Maret 1898 di Kita Ku, Osaka. Pada Juni 2015 ia meninggal pada usia 117 tahun 1 bulan. Sewaktu berumur 102 tahun ia masih bisa berolahragadan hingga usianya mencapai 110 tahun ia masih sanggup berjalan sendiri tanpa dibantu. Menjelang akhir hayatnya ia memakai kursi roda tapi tetap mendorong kursi rodanya sendiri tanpa bantuan orang lain. 

Pada umur 115 tahun, Misao mengungkapkan rahasianya, "Alasan aku bisa selamat dan hidup lebih lama adalah karena aku makan sushi dan tidur nyenyak setiap malam."


1. Li Chung Yun


Orang Paling Tua Di Dunia - Li Chung Yun


Salah satu manusia dengan umur yang paling panjang adalah Li Chung Yun yang berasal dari provinsi Sichuan di China. Ia meninggal pada tahun 1933 ketika berumur 256 tahun. Bukti yang menguatkan fakta tersebut adalah ditemukannya sebuah catatan dari kerajaan China yang memberi ucapan selamat kepada Li Chung Yun atas ulang tahunnya yang ke 150. 

Ucapan selamat itu diberikan pada tahun 1827, jika pada tahun itu ia merayakan ulang tahun yang ke 150 berarti pada saat meninggal pada tahun 1933 Li Chung Yun berumur 256 tahun.

Li Chung Yun sejak berumur 10 tahun telah berkelana ke pelosok negeri China dengan tujuan untuk mengumpulkan obat. Bahkan hingga berumur 100 tahun dia tetap rajin mengumpulkan berbagai bahan ramuan obat. Ketika seorang kepala suku bernama Wu Pu Fei mengundangnya ke rumah dan menanyakan rahasia panjang umur, Li Chung Yun berkata "Jagalah agar hatimu tetap tenang, duduklah seperti kura-kura, berjalanlah dengan riang seperti merpati, dan tidurlah seperti seekor anjing."

Dari berbagai rahasia itu, kita dapat menyimpulkan bahwa rahasia paling utama untuk dapat hidup lebih lama adalah faktor mental. Sisi batin yang positif dan selalu menikmati hidup akan membuat Anda hidup lebih lama. Tentunya harus diiringi juga dengan pola hidup sehat. 

Namun semua itu tidak lain adalah urusan Tuhan, manusia hanya bisa berupaya dan tuhan lah yang menentukan segalanya.

0 comments:

Post a Comment