Peringatan Hari Tanpa Bra Sedunia


101dunia - No Bra Day atau Hari Tanpa Bra diperingati setiap tahun di dunia setiap tanggal 13 Oktober. Tujuan perayaan ini adalah untuk memperingatkan wanita agar lebih menyadari bahaya "pengaman payudara" ini yang justru ternyata berperan dalam memicu kanker payudara.

Peringatan Hari Tanpa Bra Sedunia

Dalam peringatan ini sejumlah organisasi peduli kanker mengajak para wanita untuk membebaskan payudaranya dari himpitan bra selama sehari penuh. 

Pada awalnya peringatan hari tanpa bra ini dirayakan setiap 9 Juli. Baru sejak tahun 2011 peringatan tersebut dilakukan setiap tanggal 13 Oktober. 

Seperti dilansir dari inquisitr, pada tahun 2011 peringatan No Bra Day yang bertujuan untuk mewaspadai kanker payudara ini dilakukan oleh pendukung kampanye anti kanker payudara. Pada saat itu gerakan ini juga hanya dilakukan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Path. 

Menurut data yang dimiliki oleh National Cancer Institution (NCI), sekitar 232.670 wanita dan pria didiagnosis kanker payudara, dimana sekitar 40.000 wanita dan laki-laki pada tahun 2014 meninggal karena penyakit ini. NCI juga mengungkapkan bahwa wanita dan pria dengan kanker payudara memiliki tingkat kelangsungan hidup sebesar 89,2 persen lima tahun setelah dinyatakan menderita penyakit tersebut.

Prof. Rouillon, seorang peneliti yang telah menghabiskan waktu selama 15 tahun melakukan penelitian di Centre Hospitaller Universitaire dengan mengukur fitur payudara, mendukung pernyataan dari Medical News Today bahwa bra sebenarnya dapat merusak payudara.

Dalam penelitiannya Prof. Rouillion menemukan bahwa wanita yang tidak pernah memakai bra memiliki puting rata-rata tujuh milimeter setiap tahun dibandingkan dengan pengguna bra. Dengan demikian dia menyimpulkan bahwa sebenarnya bra dapat membuat payudara menjadi kendur dan turun.

1 comment:

  1. kalau ukuran bra tidak pas memang bisa merusak payudara, oleh karena itu sebaiknya memilih bra sesuai dengan ukuran dan aktifitas yang dilakukan. Karena jika tidak memakai bra, maka payudara justru cenderung lebih kendor karena otot2 payudara tidak ada ditopang dengan baik :)

    Bagi Anda yang membutuhkan produk bra pengencang payudara, bisa mengunjungi http://goo.gl/jKKfNy

    ReplyDelete