Penyakit Lupus, Berbahayakah?


101dunia - Penyakit lupus adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Penderita penyakit ini seringkali tidak tertolong lagi. Saat ini penderita penyakit lupus di seluruh dunia mencapai lima juta orang, dan setiap tahun terjadi penambahan penderita baru sebanyak 100 ribu orang.

Penyakit Lupus

Meskipun merupakan penyakit yang belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah, lupus telah banyak meminta korban dari berbagai kalangan masyarakat. Semoga kedepannya pemerintah akan semakin memperhatikan penyakit ini.

Penyakit lupus termasuk kedalam kategori autoimun, yaitu saat kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Hingga kini belum diketahui pasti penyebab kondisi autoimun tersebut, namun perkiraan sementara mengatakan bahwa faktor penyebabnya adalah genetik dan lingkungan.

Hal yang menyulitkan tenaga medis untuk mendiagnosa penyakit ini adalah kemiripan gejalanya dengan berbagai penyakit lain. Oleh karena itu pemeriksaan kepada seorang pasien perlu dilakukan secara intensif. Walaupun tidak menular, penyakit ini berbahaya dan bisa sangat mematikan.

Penyakit lupus mulai dikenal masyarakat dunia sejak hampir 100 tahun lalu. Pada awalnya penderita penyakit ini disangka memiliki kelainan kulit berupa kemerahan di sekitar hidung dan pipi. Namun ternyata penyakit ini tidak hanya menyerang kulit melainkan juga hampir seluruh organ-organ lain di seluruh tubuh.

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Lupus

Ciri-ciri dan gejala seseorang yang terkena penyakit lupus:

  1. Timbulnya gangguan pencernaan.
  2. Muncul gangguan pencernaan.
  3. Kulit mudah gosong apabila terkena paparan sinar matahari.
  4. Mudah merasa lelah.
  5. Sering terkena demam dan pegal-pegal.
  6. Terkena anemia karena hancurnya sel darah merah oleh penyakit lupus.
  7. Kerontokan rambut.
  8. Muncul ruam di kulit wajah.
Jika Anda mengalami salah satu ciri diatas, jangan langsung menyimpulkan bahwa Anda terkena penyakit ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar mendapat kepastian secara medis.

Jenis Penyakit Lupus

Penyakit Lupus terdiri dari 3 jenis yaitu:
  • Lupus Eritematosus Sistemik (systemic lupus erythematosus)
  • Lupus Eritematosus Diskoid (discoid lupus erythematosus)
  • Lupus yang diakibatkan pemakaian obat
Lupus Eritematosus Sistemik (LES)

LES dapat menyerang jaringan serta organ tubuh mana saja dengan tingkat gejala yang ringan sampai parah. Gejala jenis lupus ini dapat tia-tiba datang dan berkembang perlahan. Atau bisa juga bersifat sementara, kemudian kambuh lagi.

Lupus Eritematosus Diskoid (LED)

LED biasanya hanya menyerang tubuh bagian kulit saja. Namun demikian tidak jarang juga menyerang organ lainnya. LED biasanya dapat dikendalikan dengan menghindari paparan sinar matahari disertai pemberian obat-obatan. Ciri lupus jenis ini diantaranya adalah rambut rontok, pitak permanen, ruam merah dan bulat seperti sisik pada kulit.

Lupus akibat pengunaan obat-obatan

Terdapat lebih dari 100 jenis obat yang dapat menyebabkan efek samping yang mirip dengan gejala lupus pada orang-orang tertentu. Gejala lupus tipe ini biasanya akan menghilang ketika penderita berhenti mengkonsumsi jenis obat tersebut.

0 comments:

Post a Comment