Orang Bunian, Makhluk Halus Yang Turut Membantu Memadamkan Api Di Riau


101dunia - Kebakaran hutan yang terjadi di Riau dan Kalimantan telah membuat warga menderita. Tidak hanya warga sekitar, bahkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga turut terkena imbas polusi asap. Korban jiwa yang paling banyak berjatuhan adalah bayi dan balita. Sementara orang dewasa banyak yang terkena gangguan pernafasan.

Ilustrasi Orang Bunian
Pemerintah telah mengerahkan bantuan untuk dapat segera memadamkan api. Namun ternyata bukan hanya manusia yang berjuang memadamkan api, ternyata bahkan makhluk halus pun ikut turun tangan untuk mengatasi permasalahan ini.

Salah satu lokasi kebakaran hutan rimba adalah Desa Lubuk Besar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir. Desa ini terkenal santer akan hal-hal yang berbau mistis. Konon mereka tinggal berdampingan dengan makhluk halus yang disebut 'orang bunian'. Bukan hanya itu, bahkan salah satu warga desa di sana disebut-sebut akan menikah dengan salah satu makhluk halus tersebut.

Menurut cerita rakyat setempat, wujud Orang Bunian menyerupai manusia. Mereka tinggal di pedalaman hutan rimba dan gunung-gunung yang banyak terdapat di daerah tersebut. Orang Bunian seringkali dikaitkan dengan sosok dewa. Dalam hal ini sosok dewa yang dimaksud tidak sama dengan dewa yang ada dalam agama Hindu atau Budha.

Dalam istilah Minangkabau, yang dimaksud dengan dewa adalah golongan makhluk halus yang biasa tinggal di hutan, gunung, bukit, kuburan atau pun sungai. Menjelang matahari tenggelam seringkali tercium aroma tertentu yang biasa disebut 'samba dewa' yang artinya 'masakan dewa'.

Dalam kepercayaan masyarakat setempat, Orang Bunian seringkali memperlihatkan diri dalam wujud perempuan berparas cantik. Tidak sembarang orang dapat bertemu dengan mereka. Seperti halnya manusia, mereka pun memiliki struktur sosial masyarakat dan berkeluarga.


Ilustrasi Penampakan Orang Bunian
Ilustrasi Penampakan Orang Bunian
Cerita yang berkembang mengatakan bahwa Orang Bunian sering menampakkan diri kepada manusia yang mereka cintai. Dengan kecantikannya, mereka berusaha menjeratnya dan jika sudah terperangkap maka korban tersebut dibawa ke dunia mereka dan tidak pernah kembali lagi.

Seperti hal nya manusia, Orang Bunian pun mungkin merasa terganggu dengan adanya kebakaran hutan. Cerita tentang Orang Bunian yang membantu proses pemadaman asap di desa Lubuk Besar ini terjadi saat diterjunkannya Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indragiri Hilir ke lokasi.

Di desa tersebut terdapat dua titik api, sehingga diturunkan dua tim. Titik pertama ditangani oleh tim dari BPBD sedang titik yang lain oleh tim dari Polsek Kemuning.

Seperti dikutip dari Detikcom, Kepala Subdit Kedaruratan BPBD Inhil, Sugito, mengatakan bahwa saat itu timnya terdiri dari 11 orang dimana 5 orang berasal dari BPBD dan 6 orang dari Satpol PP. Operasi pemadaman dipimpin oleh Rahmad Hasan dari BPBD.

Menurut Sugito, Rahmad Hasan memang disebut-sebut memiliki kemampuan melihat makhluk halus dengan indra keenamnya. Saat dalam perjalanan menuju lokasi, Rahmad berpesan kepada timnya untuk tidak banyak bicara dan fokuskan bekerja memadamkan api.

Sugito menuturkan bahwa pada malam itu ada salah satu anggota tim yang hendak buang air dan Rahmad pun mengawalnya. Kalau tidak dikawal Rahmad khawatir anggota tersebut akan hilang.

Proses pemadaman api yang dilakukan tim Rahmad sangat mudah. Api dapat dikendalikan dan dipadamkan sehingga tidak merembet kemana-mana, sangat berbeda dengan proses pemadaman yang dilakukan oleh tim Polsek Kemuning.

Pada saat itu, tim Polsek melihat dari kejauhan bahwa di lokasi tim BPBD terlihat banyak warga yang turut membantu memadamkan api. 

"Waktu itu tim Polsek bilang ke tim kita, bahwa wajar saja cepat menguasai api karena masyarakat berbondong-bondong turut membantu." kata Sugito kepada Detikcom.

Mendengar hal itu, tim BPBD merasa kebingungan karena mereka merasa tidak ada satu pun warga yang membantu pemadaman. 

"Tim kita benar-benar hanya 11 orang saja. Tapi tim lain menganggap malam itu melihat adanya warga berbondong-bondong turut membantu melakukan pemadaman api di hutan." tutur Sugito.

Menurut Sugito, dari peristiwa inilah beredar kabar bahwa makhluk halus yang dikenal 'Orang Bunian' turut membantu memadamkan api di Desa tersebut.

0 comments:

Post a Comment