Garis-Garis Misterius Ini Membuat NASA Yakin Ada Kehidupan Di Mars

 
101dunia - Para ilmuwan National Aeronautics And Space Adminisitration (NASA) telah lama melakukan studi tentang planet Mars. Mereka telah menyimpulkan bahwa Mars merupakan sebuah planet yang memiliki karakteristik yang hampir serupa dengan Bumi dan meyakini bahwa ada makhluk hidup yang tinggal disana.

Danau Kering Di Planet Mars
Foto Permukaan Planet Mars - NASA
Dikutip dari laman NASA, sebuah studi baru yang dilakukan oleh sebuah team ilmuwan yang khusus membidangi penelitian tentang planet Mars, menyatakan bahwa milyaran tahun lalu Mars dapat menampung air di danau-danau yang terdapat di permukaan planet tersebut dalam periode waktu yang lama.

Seorang ilmuwan proyek Mars Science Laboratory NASA, Ashwin Vasavada, mengatakan, "Pengamatan dari rover menunjukkan bahwa terdapat serangkaian aliran dan danau di beberapa titik sekitar 3,8-3,3 milyar tahun lalu, membentuk sedimen yang perlahan-lahan membangun lapisan bawah Gunung Sharp."

Temuan tersebut menguatkan asumsi sebelumnya yang meyakini adanya danau kuno di Mars. Selain itu studi terbaru ini juga sebagai tambahan cerita yang belum terungkap tentang planet Mars yang basah baik dahulu maupun saat ini.

Bulan sebelumnya, seorang ilmuwan NASA, John Grunsfeld, menyatakan bahwa saat ini terdapat aliran air di Mars. Pernyataan tersebut dikemukakan setelah dia mengamati gambar yang diperoleh suatu alat yang bernama Mars Reconaissance Orbiter (MRO).

Dalam gambar tersebut dia mengenali tanda-tanda yang menunjukkan adanya mineral yang terkena air di lereng tempat ditemukannya garis-garis misterius. Garis di permukaan Mars tersebut nampak surut dan terus mengalir.

Garis Misterius di Planet Mars
Garis-Garis Hitam Di Planet Mars - NASA

Jika garis tersebut hanya sebuah pola permukaan tanah di Mars, maka tentu akan selalu terlihat setiap waktu. Tetapi sebaliknya, garis-garis tersebut terlihat mengalir dari dataran tinggi selama musim panas dan terlihat memudar di musim dingin. Selain itu garis-garis tersebut terlihat ketika suhu diatas -23 derajat Celcius dan menghilang di suhu yang lebih dingin.

John Grusfeld juga mengatakan, "Ini adalah perkembangan yang signifikan. Karena air, walaupun asin, saat ini mengalir di planet Mars."

"Seperti yang kita ketahui air sangat penting untuk kehidupan. Kehadiran air di Mars saat ini memiliki efek positif pada astrobiologi, geologi, hidrologi, dan mungkin mempengaruhi pencarian manusia di masa depan." tambahnya.

Seorang ilmuwan untuk Program Eksplorasi Mars NASA, Michael Meyer, mengatakan, "Sudah jelas bahwa Mars pada milyaran tahun lalu lebih mirip bumi dibandingkan keadaannya hari ini. Tugas kita adalah untuk mencari tahu hal itu, dan apa yang telah terjadi pada Mars yang penuh air tersebut."

"Ada air di permukaan Mars. Oleh sebab itu kami menduga bahwa saat ini mungkin setidaknya Mars memiliki lingkungan yang layak dihuni." tambahnya.

0 comments:

Post a Comment