Ini Dia Mobil Yang Dapat Melaju Dan Mencari Parkir Sendiri


101dunia - Pernahkah Anda terjebak dalam kemacetan berjam-jam dan berharap memiliki kendaraan yang tidak perlu disetir sehingga dapat mengistirahatkan tubuh Anda untuk sejenak? Kini harapan Anda bukan sekedar angan-angan.

Tesla Model S
Sumber: Wired
Tesla, sebuah perusahaan manufaktur mobil asal Amerika Serikat, telah melakukan sebuah terobosan revolusioner pada produknya yaitu sistem autopilot yang sudah dapat didownload untuk diinstall pada mobil Model S-nya.

Seperti dilansir Dailymail, sistem semi-otomatisnya menggunakan rangkaian sensor baik didalam maupun diluar mobil untuk menjaga kecepatan, menjaga jarak aman dari mobil didepan, bahkan mengubah jalur secara otomatis.

Selain itu Tesla Model S juga dapat mencari tempat parkir dan secara paralel memarkirkan diri sambil memperingatkan supir jika ada berbagai penghalang di sekitar mobil.

Tesla Model S Auto Navigation
Sumber:Dailymail

System autopilot mobil ini memiliki 4 fitur utama yaitu:


Tesla Model S - Autosteer
Sumber: Dailymail
Autosteer, yang saat ini masih dalam tahap beta, berfungsi untuk menjaga agar mobil tetap berada di jalur saat itu dan bekerjasama dengan Traffic-Aware Cruise yang berfungsi untuk menjaga kecepatan mobil.

Fitur ini tetap memerlukan keberadaan supir untuk tetap waspada dan menjaga tangan mereka diatas kemudi.


Tesla Model S - Autolane Change
Sumber: Dailymail

Autolane Change, ketika supir menyalakan lampu sign untuk berpindah jalur maka mobil akan berpindah jalur secara otomatis ketika situasi jalan aman dan memungkinkan.

Automatic Emergency Steering And Side Collision Warning, sistem ini memberikan peringatan kepada supir ketika ada kendaraan lain atau obyek apapun untuk menghindari terjadinya gesekan dengan kendaraan atau obyek tersebut.


Tesla Model S - Autopark
Sumber: Dailymail

Autopark, ketika Tesla Model S sedang melaju dengan kecepatan rendah di perkotaan maka tanda 'P' akan muncul di panel instrumen untuk memberitahu supir bahwa dia menemukan tempat parkir. 

Tuntunan untuk autopark akan muncul di layar sentuh dan ketika dinyalakan maka mobil ini akan mulai mengatur kecepatan dan kemudi untuk parkir sendiri.

Semua fitur diatas hanya dapat diaktifkan oleh para pemilik Tesla Model S yang membayar $2.500, tetapi fitur Side Collision Warning tetap dapat dimiliki oleh semua orang.

Dengan semua fitur tersebut, Tesla mengakui bahwa  teknologi ini merupakan sebuah batu loncatan untuk membuat sebuah mobil yang benar-benar tidak membutuhkan supir. 


Tesla Model - S
Sumber: Dailymail
"Saat mobil tanpa supir yang sebenarnya masih beberapa tahun ke depan untuk diciptakan, Tesla Autopilot ini bagaikan sebuah sistem autopilot pesawat terbang yang dapat diaktifkan ketika situasi aman." kata Elon Musk, bos Tesla.

Walaupun beberapa fitur dalam mobil ini juga pernah diterapkan pada perusahaan otomotif lain seperti Mercedes, Audi, dan Volvo, tetapi fitur perubahan jalur adalah yang pertama diciptakan. Selain itu Tesla juga telah menyematkan suatu sistem yang mencatat data-data pengemudi sehingga dapat mengembangkan keahliannya dalam mengemudi.

0 comments:

Post a Comment